SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas
jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta
nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
|
Jalan,
lari dan lompat
|
· Siswa dapat melakukan
gerak dasar aktifitas jasmani
· Siswa dapat melakukan
gerak dasar jalan, lari dan lompat
|
· Mengerti konsep arah :
kanan,kiri, depan dan belakang
· Melakukan gerakan jalan
cepat
·
Melakukan jalan sambil jongkok
· Melakukan lari cepat
dengan control yang baik
· Melakukan lari dengan
berbelok belok
· Melakukan gerakan
melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
· Melakukan lompat
kelinci
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Jelaskanlah konsep arah : kanan,kiri, depan dan
belakang
· Praktekkanlah gerakan
jalan cepat
· Praktekkanlah jalan sambil
jongkok
· Praktekkanlah lari
cepat dengan control yang baik
· Praktekkanlah lari
dengan berbelok belok
· Praktekkanlah gerakan
melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·
Praktekkanlah lompat kelinci
|
2 x 35 Menit
|
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
|
6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun,
menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran
dan tanggung jawab
|
Gerak
dasar memutar, mengayun dan menekuk
|
· Melakukan gerakan
menekuk lutut sambil berjalan
· Melakukan menarik lutut ke belakang, dan
ke depan
· Melakukan gerakan melompat ke depan dengan
menekuk lutut
· Melakukan menarik lutut ke samping
· Melakukan gerakan memutar badan dengan
variasi melompat
· Melakukan gerakan memutar pinggang dengan simpai
· Melakukan gerakan
mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping
|
· Melakukan gerakan
menekuk lutut sambil berjalan
· Melakukan gerakan
melompat ke depan dengan menekuk lutut
· Melakukan gerakan
memutar badan dengan variasi melompat
· Melakukan gerakan
memutar pinggang dengan simpai
· Melakukan gerakan
mengayun lengan ke berbagai arah
|
· Non Tes
|
Tes
Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkanlah gerakan
menekuk lutut sambil berjalan
· Praktekkanlah gerakan
melompat ke depan dengan menekuk lutut
· Praktekkanlah gerakan
memutar badan dengan variasi melompat
· Praktekkanlah gerakan
memutar pinggang dengan simpai
· Praktekkanlah gerakan
mengayun lengan ke berbagai arah
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Matras
|
6.3
Mempraktik-kan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam
permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
|
Permainan
bola tangan
|
· Melakukan gerakan
menangkap bola menyusur tanah berpasangan
· Melakukan gerakan
menangkap bola mendatar berpasangan atau berkelompok
· Melakukan gerakan
menangkap bola yang di pantulkan
· Bermain bola tangan
dengan peraturan yang dimodifikasi
· Melakukan kerjasama
dengan kelompok
· Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain
Melakukan gerakan memutar pinggang
dengan simpai
|
· Melakukan gerakan
menangkap bola melambung
· Melakukan gerakan
menangkap bola menyusur tanah
· Melakukan gerakan
menangkap bola mendatar
· Melakukan gerakan
menangkap bola yang di pantulkan
· Bermain bola tangan
dengan peraturan yang dimodifikasi
· Melakukan kerjasama
dengan kelompok
· Menjungjung tinggi
sportifitas antar pemain
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkanlah gerakan
menangkap bola melambung
· Praktekkanlah gerakan
menangkap bola menyusur tanah
· Praktekkanlah gerakan
menangkap bola mendatar
· Praktekkanlah gerakan
menangkap bola yang di pantulkan
· Praktekkanlah Bermain
bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
· Praktekkanlah kerjasama
dengan kelompok
· Bagaimana car
menjungjung tinggi sportifitas antar pemain
|
4
x 35 menit
|
·
Buku
Penjaskes
·
Diktat
permainan bola tangan
·
Lapangan
·
Gawang
·
Bola
tangan
·
Stop
watch
·
Pluit
·
Kapur
·
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Membiasakan penampillan sikap tubuh dalam posisi diam
|
Mengenal
sikap tubuh
|
· Menunjukkan bagian
–bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan,
tuingkai dan pergelangan jari dalam bentuk permainan
· Melakukan beberapa
sikap duduk dengan benar : duduk tegak, duduk bersandar
· Melakukan gerakan sikap
duduk di lantai : duduk sila, duduk telunjur, duduk bersimpuh dan duduk
mengangkang
· Melakukan beberapa
sikap berbaring di lantai dengan benar :Berbaring terlentang, berbaring
telungkup, berbaring miring ke kiri dan ke kanan
· Melakukan berdiri
dengan sikap tubuh yang benar : berdiri tegak, berdiri istirahat, berdiri
lencang depan, lencang kanan dan setengah lencang kana
|
· Menunjukkan bagian –bagian tubuh : kepala, bahu,
dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari
· Melakukan beberapa
sikap duduk dengan benar
· Melakukan beberapa
sikap berbaring di lantai dengan benar
· Melakukan berdiri
dengan sikap tubuh yang benar
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Jelaskanlah bagian –bagian tubuh : kepala, bahu,
dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari
· Praktekkanlah beberapa
sikap duduk dengan benar
· Praktekkanlah beberapa
sikap berbaring di lantai dengan benar
· Praktekkanlah berdiri
dengan sikap tubuh yang benar
|
2 x 35 Menit
|
·
Buku Penjaskes
·
Buku Referensi
·
Lapangan
·
Stop watch
·
Pluit
· Kapur
|
7.2 Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam
posisi bergerak
|
Sikap
tubuh dalam posisi bergerak
|
· Melakukan gerakan
berjalan tegak dalam bentuk lomba
· Melakukan gerakan
berjalan kangkang dalam bentuk lomba
· Melakukan gerakan
berjalan dengan membungkukkan badan dalam bentuk lomba
|
· Melakukan gerakan
berjalan tegak
· Melakukan gerakan
berjalan kangkang
· Melakukan gerakan
berjalan dengan membungkukkan badan
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkanlah gerakan
berjalan tegak
· Praktekkanlah gerakan
berjalan kangkang
· Praktekkanlah gerakan
berjalan dengan membungkukkan badan
|
2 x 35 Menit
|
·
Buku Penjaskes
·
Buku Referensi
·
Lapangan
·
Stop watch
·
Pluit
· Kapur
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 8. Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana
dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktik-kan gerakan senam lantai
sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
Senam
lantai sederhana
|
· Melakukan gerakan tidur
terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
· Melakukan gerakan
berguling ke kiri dan ke kanan
· Melakukan gerakan
berguling ke depan tanpa awalan
· Menghindarkan diri dari
cidera bahaya dalam latihan
· Melakukan pemantapan
gerakan berguling ke depan
· Melakukan gerakan
berguling ke depan tanpa awalan
· Menghindarkan diri dari
cidera bahaya dalam latihan
· Mendemonstrasikan
gerakan berguling dengan tekhnik yang baik
·
|
·
Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua
kaki kebelakang
·
Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
·
Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·
Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkanlah gerakan tidur terlentang dan menarik ke
dua kaki kebelakang
·
Praktekkanlah gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
·
Praktekkanlah gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·
Bagaimana cara menghindarkan diri dari cidera bahaya
dalam latihan
|
4 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur
|
8.2 Mempraktik-kan gerak peregangan dan
pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai
disiplin
|
Latihan
peregangan dan pelemasan
|
· Siswa dapat melakukan
gerakan senam lantai sederhana
· Melatih keberanian dan
percaya diri
· Melatih kelentukan,
peregangan dan pelemasan
·
|
· Melakukan gerakan
membungkukkan badan
· Menggerakan lengan ke
berbagai arah
· Menggerakan
persendian badan
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkanlah gerakan
membungkukkan badan
· Praktekkan cara
menggerakan lengan ke berbagai arah
· Praktekkan cara
menggerakan persendian badan
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 9. Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak
berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1
Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti
bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika
|
Merniru
gerak binatang dan pohon
|
· Meniru gerakan binatang
berjalan atau berlari : meniru burung terbang, gajah berjalan, kera berjalan,
bangau berdiri,beruang berjalan
· Meniru gerakan pohon di
tiup angina : pohon di terpa angina, tanaman disiram
· Mengayun lengan
kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama sederhana
|
·
Meniru gerakan binatang berjalan atau berlari
·
Meniru gerakan pohon di tiup angin
·
Mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama
sederhana
·
Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan dalam
irama sederhana
|
Non Tes
|
Tes
Keterampilan
/Perbuatan
Soal
Praktek
|
·
Lakukanlah cara meniru gerakan binatang berjalan atau
berlari
·
Lakukanlah cara meniru gerakan pohon di tiup angin
·
Lakukanlah cara mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke
atas dalam irama sederhana
·
Praktekkan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan
dalam irama sederhan
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur
|
9.2 Menampilkan gerak bebas berirama
diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan/
kelompok kecil, serta nilai estetika
|
· Gerak bebas berirama dengan arah
|
· Melakukan gerakan jalan
bebas mengikuti lagu
· Melakukan gerakan jalan
jinjit mengikuti irama
· Melakukan gerakan
melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama
· Melakukan gerakan
mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama
|
· Melakukan gerakan jalan
bebas mengikuti lagu
· Melakukan gerakan jalan
jinjit mengikuti irama
· Melakukan gerakan
melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama
· Melakukan gerakan
mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkan gerakan
jalan bebas mengikuti lagu
· Praktekkan gerakan
jalan jinjit mengikuti irama
· Praktekkan gerakan
melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama
· Praktekkan gerakan
mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 10. Mempraktikkan
dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1 Memprakti-kkan aktivitas dasar
di air
|
Pengenalan
di air
|
· Masuk di air dengan
kaki
· Duduk dipinggir kolam
renang
· Melakukan injak injak
di air
· Berjalan di kolam yang
dangkal sambil mengayunkan lengan
· Meloncat dan melompat
di air dengan memperhatikan keselamatan
·
|
·
Masuk di air dengan kaki
·
Duduk dipinggir kolam renang
·
Melakukan injak injak di air
·
Berjalan di kolam yang dangkal sambil mengayunkan
lengan
·
Meloncat dan melompat di air
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan cara masuk di air dengan kaki
·
Praktekkan injak injak di air
·
Praktekkan cara berjalan di kolam yang dangkal sambil
mengayunkan lengan
·
Praktekkan cara meloncat dan melompat di air
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes , Buku
renang, Kolam renang, pelampung
Stop watch, Pluit,
Kapur
|
10.2 Memprakti-kkan berbagai permainan
di air dangkal disertai nilai percaya
diri, kebersihan, dan disiplin
|
Permainan
di air
|
· Memperagakan gerak
menarik dan membuang napas
· Melakukan ladu lari di
dalam kolam
· Melakukan permainan bola tangan di air yang dangkal
·
|
· Berjalan seperti
gerakan hewan di air
· Berpindah tempat dengan
menggerakan lengan dan tungkai
· Memperagakan gerak
menarik dan membuang napas
· Melakukan ladu lari di
dalam kolam
· Melakukan permainan bola tangan di air yang dangkal
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkan cara
Berjalan seperti gerakan hewan di air
· Praktekkan cara
Berpindah tempat dengan menggerakan lengan dan tungkai
· Peragakan gerak menarik
dan membuang napas
· Peragakan ladu lari di
dalam kolam
· Praktekkan cara
permainan bola tangan di air yang dangkal
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes , Buku
renang, Kolam renang, pelampung
Stop watch, Pluit,
Kapur
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 11. Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya***)
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
11.1 Memprakti-kkan pengenalan
lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan
kebersihan lingkungan
|
Pengenalan
lingkungan sekolah
|
· Siswa dapat melakukan
pengenalan lokasi di sekolah
· Melatih keberanian dan
percaya diri
·
|
·
Melakukan perjalanan pengenalan lingkungan sekolah,
seperti ruang Kepala sekolah, WC, Taman, ruang Guru SD Assalaam , Aula, Ruang
computer, lab. Bahasa, kantin, ruang TU, Koprasi sekolah, Ruang penjaga
sekolah, Ruang keuangan dan ruang KKG.
·
Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan cara perjalanan pengenalan lingkungan
sekolah, seperti ruang Kepala sekolah, WC, Taman, ruang Guru SD Assalaam ,
Aula, Ruang computer, lab. Bahasa, kantin, ruang TU, Koprasi sekolah, Ruang
penjaga sekolah, Ruang keuangan dan ruang KKG.
·
Bagaimana cara menjaga kebersihan di lingkungan sekolah
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Denah / lokasi
Stop watch
Pluit
Kapur
|
11.2
Memprakti-kkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di
lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat
|
Aktivitas
di lingkungan sekolah
|
· Melakukan aktifitas
bermain di lingkungan sekolah
· Melakukan kegiatan
bermain secara bersama sama
· Membuang sampah pada tempatnya
·
|
· Melakukan aktifitas
bermain di lingkungan sekolah
· Melakukan kegiatan
bermain secara bersama sama
· Membuang sampah pada
tempatnya
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Bagaimana cara aktifitas bermain di lingkungan sekolah
· Bagaimana cara kegiatan bermain secara bersama sama
· Bagaimana cara membuang sampah pada tempatnya
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Denah / lokasi
Stop watch
Pluit
Kapur
|
11.3
Memprakti-kkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
|
Makanan
dan minuman sehat
|
· Siswa dapat menjaga
kesehatan pribadi dengan baik
· Siswa dapat memahami
akibat dari yang tidak merawat kesehatan pribadi
|
· Menyebutkan fungsi gigi
dan mulut
· Membedakan gigi yang
sehat dan yang tidak sehat
· Menyebutkan cara
merawat kesehatan gigi
· Akibat gigi yang tidak
di rawat
|
Tes tulis
|
Soal tulis
|
· Sebutkan fungsi gigi
dan mulut
· Bedakan gigi yang sehat
dan yang tidak sehat
· Sebutkan cara merawat
kesehatan gigi
· Jelaskanlah akibat gigi
yang tidak di rawat
|
|
Buku Penjaskes
Denah / lokasi
Stop watch
Pluit
Kapur
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 12. Menerapkan
budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut
|
Makanan
dan minuman sehat
|
· Siswa dapat menjaga
kesehatan pribadi dengan baik
· Siswa dapat memahami
akibat dari yang tidak merawat kesehatan pribadi
·
|
·
Menyebutkan kegunaan makan dan minum
·
Menyebutkan makanan dan minuman yang sehat
·
Membedakan makanan dan minuman yang baik
|
Tes tulis
|
Soal tulis
|
·
Sebutkan fungsi gigi dan mulut
·
Bedakan gigi yang sehat dan yang tidak sehat
·
Sebutkan cara merawat kesehatan gigi
·
Jelaskanlah akibat gigi yang tidak di rawat
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Buku kesehatan
Gambar yang ada
hubunganya dengan pembelajaran
|
12.2 Mengenal makanan sehat
|
Makanan
dan minuman sehat
|
· Menyebutkan makanan
yang sehat
· Manfaat makanan
sehat
· Menyebutkan cara
memilih makanan yang sehat
|
· Menyebutkan makanan
yang sehat
· Manfaat makanan
sehat
· Menyebutkan cara
memilih makanan yang sehat
·
|
Tes tulis
|
Soal tulis
|
· Sebutkan makanan yang
sehat
· Jelaskanlah manfaat
makanan sehat
· Sebutkan cara memilih
makanan yang sehat
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes
Buku kesehatan
Gambar yang ada
hubunganya dengan pembelajaran
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment