Friday 19 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 1 SEMESTER 2

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 1 SEMESTER 2


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
Jalan, lari dan lompat
·   Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
·   Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat
·   Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·   Melakukan gerakan jalan cepat
·         Melakukan jalan sambil jongkok
·   Melakukan lari cepat dengan control yang baik
·   Melakukan lari dengan berbelok belok
·   Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·   Melakukan lompat kelinci
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Jelaskanlah konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·   Praktekkanlah gerakan jalan cepat
·   Praktekkanlah jalan sambil jongkok
·   Praktekkanlah lari cepat dengan control yang baik
·   Praktekkanlah lari dengan berbelok belok
·   Praktekkanlah gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·         Praktekkanlah lompat kelinci
2  x 35 Menit
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit

6.2  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

Gerak dasar memutar, mengayun dan menekuk
·   Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
·    Melakukan menarik lutut ke belakang, dan ke  depan
·    Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
·    Melakukan menarik lutut ke samping
·    Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
·    Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·   Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping
·   Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
·   Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
·   Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
·   Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·   Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
· Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkanlah gerakan menekuk lutut sambil berjalan
·   Praktekkanlah gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
·   Praktekkanlah gerakan memutar badan dengan variasi melompat
·   Praktekkanlah gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·   Praktekkanlah gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
2  x 35 Menit
· Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Matras

6.3  Mempraktik-kan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

Permainan bola tangan
·   Melakukan gerakan menangkap bola menyusur tanah berpasangan
·   Melakukan gerakan menangkap bola mendatar berpasangan atau berkelompok
·   Melakukan gerakan menangkap bola yang di pantulkan
·   Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Melakukan kerjasama dengan kelompok
·    Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·   Melakukan gerakan menangkap bola melambung
·   Melakukan gerakan menangkap bola menyusur tanah
·   Melakukan gerakan menangkap bola mendatar
·   Melakukan gerakan menangkap bola yang di pantulkan
·   Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Melakukan kerjasama dengan kelompok
·   Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkanlah gerakan menangkap bola melambung
·   Praktekkanlah gerakan menangkap bola menyusur tanah
·   Praktekkanlah gerakan menangkap bola mendatar
·   Praktekkanlah gerakan menangkap bola yang di pantulkan
·   Praktekkanlah Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Praktekkanlah kerjasama dengan kelompok
·   Bagaimana car menjungjung tinggi sportifitas antar pemain
4 x 35 menit
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan bola tangan
·         Lapangan
·         Gawang
·         Bola tangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur
·    
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi       :   7.  Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1  Membiasakan penampillan sikap tubuh  dalam posisi diam
Mengenal sikap tubuh
·   Menunjukkan bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari dalam bentuk permainan
·   Melakukan beberapa sikap duduk dengan benar : duduk tegak, duduk bersandar
·   Melakukan gerakan sikap duduk di lantai : duduk sila, duduk telunjur, duduk bersimpuh dan duduk mengangkang
·   Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar :Berbaring terlentang, berbaring telungkup, berbaring miring ke kiri dan ke kanan
·   Melakukan berdiri dengan sikap tubuh yang benar : berdiri tegak, berdiri istirahat, berdiri lencang depan, lencang kanan dan setengah lencang kana
·   Menunjukkan  bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari
·   Melakukan beberapa sikap duduk dengan benar
·   Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar
·   Melakukan berdiri dengan sikap tubuh yang benar
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Jelaskanlah  bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari
·   Praktekkanlah beberapa sikap duduk dengan benar
·   Praktekkanlah beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar
·   Praktekkanlah berdiri dengan sikap tubuh yang benar
2  x 35 Menit
· Buku Penjaskes
· Buku Referensi
· Lapangan
· Stop watch
· Pluit
· Kapur
7.2  Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
Sikap tubuh dalam posisi bergerak
·   Melakukan gerakan berjalan tegak dalam bentuk lomba
·   Melakukan gerakan berjalan kangkang dalam bentuk lomba
·   Melakukan gerakan berjalan dengan membungkukkan badan dalam bentuk lomba
·   Melakukan gerakan berjalan tegak
·   Melakukan gerakan berjalan kangkang
·   Melakukan gerakan berjalan dengan membungkukkan badan
Non Tes

Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Praktekkanlah gerakan berjalan tegak
·   Praktekkanlah gerakan berjalan kangkang
·   Praktekkanlah gerakan berjalan dengan membungkukkan badan
2  x 35 Menit
· Buku Penjaskes
· Buku Referensi
· Lapangan
· Stop watch
· Pluit
· Kapur
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








                              
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.



SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   8.  Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1  Mempraktik-kan gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin

Senam lantai sederhana
·   Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
·   Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
·   Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·   Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
·   Melakukan pemantapan gerakan berguling ke depan
·   Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·   Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
·   Mendemonstrasikan gerakan berguling dengan tekhnik yang baik
·    
·   Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
·   Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
·   Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·   Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkanlah gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
·   Praktekkanlah gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
·   Praktekkanlah gerakan berguling ke depan tanpa awalan
·   Bagaimana cara menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
4  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur

8.2  Mempraktik-kan gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai disiplin

Latihan peregangan dan pelemasan
·   Siswa dapat melakukan gerakan senam lantai sederhana
·   Melatih keberanian dan percaya diri
·   Melatih kelentukan, peregangan dan pelemasan
·    
·   Melakukan gerakan membungkukkan badan
·   Menggerakan lengan ke berbagai arah
·   Menggerakan persendian  badan
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkanlah gerakan membungkukkan badan
·   Praktekkan cara menggerakan lengan ke berbagai arah
·   Praktekkan cara menggerakan persendian  badan
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   9.  Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1   Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika

Merniru gerak binatang dan pohon
·   Meniru gerakan binatang berjalan atau berlari : meniru burung terbang, gajah berjalan, kera berjalan, bangau berdiri,beruang berjalan
·   Meniru gerakan pohon di tiup angina : pohon di terpa angina, tanaman disiram
·   Mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama sederhana
·   Meniru gerakan binatang berjalan atau berlari
·   Meniru gerakan pohon di tiup angin
·   Mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama sederhana
·   Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan dalam irama sederhana
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Lakukanlah cara meniru gerakan binatang berjalan atau berlari
·   Lakukanlah cara meniru gerakan pohon di tiup angin
·   Lakukanlah cara mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama sederhana
·   Praktekkan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan dalam irama sederhan
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur

9.2   Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
·   Gerak bebas berirama dengan arah
·   Melakukan gerakan jalan bebas mengikuti lagu
·   Melakukan gerakan jalan jinjit mengikuti irama
·   Melakukan gerakan melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama
·   Melakukan gerakan mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama
·   Melakukan gerakan jalan bebas mengikuti lagu
·   Melakukan gerakan jalan jinjit mengikuti irama
·   Melakukan gerakan melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama
·   Melakukan gerakan mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan gerakan jalan bebas mengikuti lagu
·   Praktekkan gerakan jalan jinjit mengikuti irama
·   Praktekkan gerakan melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama
·   Praktekkan gerakan mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Buku permainani
Lapangan / aula
matras
Stop watch
Pluit
Kapur

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   10. Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya*)

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1 Memprakti-kkan aktivitas dasar di air

Pengenalan di air
·   Masuk di air dengan kaki
·   Duduk dipinggir kolam renang
·   Melakukan injak injak di air
·   Berjalan di kolam yang dangkal sambil mengayunkan lengan
·   Meloncat dan melompat di air dengan memperhatikan keselamatan
·    
·   Masuk di air dengan kaki
·   Duduk dipinggir kolam renang
·   Melakukan injak injak di air
·   Berjalan di kolam yang dangkal sambil mengayunkan lengan
·   Meloncat dan melompat di air
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan cara masuk di air dengan kaki
·   Praktekkan injak injak di air
·   Praktekkan cara berjalan di kolam yang dangkal sambil mengayunkan lengan
·   Praktekkan cara meloncat dan melompat di air
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes , Buku renang, Kolam renang, pelampung
Stop watch, Pluit, Kapur
10.2 Memprakti-kkan berbagai permainan di air  dangkal disertai nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin

Permainan di air
·   Memperagakan gerak menarik dan membuang napas
·   Melakukan ladu lari di dalam kolam
·   Melakukan  permainan bola tangan di air yang dangkal
·    
·   Berjalan seperti gerakan hewan di air
·   Berpindah tempat dengan menggerakan lengan dan tungkai
·   Memperagakan gerak menarik dan membuang napas
·   Melakukan ladu lari di dalam kolam
·   Melakukan  permainan bola tangan di air yang dangkal
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan cara Berjalan seperti gerakan hewan di air
·   Praktekkan cara Berpindah tempat dengan menggerakan lengan dan tungkai
·   Peragakan gerak menarik dan membuang napas
·   Peragakan ladu lari di dalam kolam
·   Praktekkan cara permainan bola tangan di air yang dangkal
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes , Buku renang, Kolam renang, pelampung
Stop watch, Pluit, Kapur
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani  dan nilai yang terkandung di dalamnya***)

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1 Memprakti-kkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan lingkungan

Pengenalan lingkungan sekolah
·   Siswa dapat melakukan pengenalan lokasi di sekolah
·   Melatih keberanian dan percaya diri
·    
·   Melakukan perjalanan pengenalan lingkungan sekolah, seperti ruang Kepala sekolah, WC, Taman, ruang Guru SD Assalaam , Aula, Ruang computer, lab. Bahasa, kantin, ruang TU, Koprasi sekolah, Ruang penjaga sekolah, Ruang keuangan dan ruang KKG.
·   Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan cara perjalanan pengenalan lingkungan sekolah, seperti ruang Kepala sekolah, WC, Taman, ruang Guru SD Assalaam , Aula, Ruang computer, lab. Bahasa, kantin, ruang TU, Koprasi sekolah, Ruang penjaga sekolah, Ruang keuangan dan ruang KKG.
·   Bagaimana cara menjaga kebersihan di lingkungan sekolah
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Denah / lokasi
Stop watch
Pluit
Kapur

11.2  Memprakti-kkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat

Aktivitas di lingkungan sekolah
·   Melakukan aktifitas bermain di lingkungan sekolah
·   Melakukan kegiatan bermain secara bersama sama
·    Membuang sampah pada tempatnya
·    
·   Melakukan aktifitas bermain di lingkungan sekolah
·   Melakukan kegiatan bermain secara bersama sama
·   Membuang sampah pada tempatnya
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Bagaimana cara  aktifitas bermain di lingkungan sekolah
·   Bagaimana cara  kegiatan bermain secara bersama sama
·   Bagaimana cara  membuang sampah pada tempatnya
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Denah / lokasi
Stop watch
Pluit
Kapur

11.3  Memprakti-kkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik

Makanan dan minuman sehat
·   Siswa dapat menjaga kesehatan pribadi dengan baik
·   Siswa dapat memahami akibat dari yang tidak merawat kesehatan pribadi
·   Menyebutkan fungsi gigi dan mulut
·   Membedakan gigi yang sehat dan yang tidak sehat
·   Menyebutkan cara merawat kesehatan gigi
·   Akibat gigi yang tidak di rawat
Tes tulis

Soal tulis

·   Sebutkan fungsi gigi dan mulut
·   Bedakan gigi yang sehat dan yang tidak sehat
·   Sebutkan cara merawat kesehatan gigi
·   Jelaskanlah akibat gigi yang tidak di rawat

Buku Penjaskes
Denah / lokasi
Stop watch
Pluit
Kapur

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   12. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1 Menjaga kebersihan  gigi dan mulut

Makanan dan minuman sehat
·   Siswa dapat menjaga kesehatan pribadi dengan baik
·   Siswa dapat memahami akibat dari yang tidak merawat kesehatan pribadi
·    
·   Menyebutkan kegunaan makan dan minum
·   Menyebutkan makanan dan minuman yang sehat
·   Membedakan makanan dan minuman yang baik
Tes tulis

Soal tulis

·   Sebutkan fungsi gigi dan mulut
·   Bedakan gigi yang sehat dan yang tidak sehat
·   Sebutkan cara merawat kesehatan gigi
·   Jelaskanlah akibat gigi yang tidak di rawat
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Buku kesehatan
Gambar yang ada hubunganya dengan pembelajaran

12.2 Mengenal makanan sehat

Makanan dan minuman sehat
·   Menyebutkan makanan yang sehat
·   Manfaat makanan sehat 
·   Menyebutkan cara memilih makanan yang sehat
·   Menyebutkan makanan yang sehat
·   Manfaat makanan sehat 
·   Menyebutkan cara memilih makanan yang sehat
·    
Tes tulis

Soal tulis

·   Sebutkan makanan yang sehat
·   Jelaskanlah manfaat makanan sehat 
·   Sebutkan cara memilih makanan yang sehat
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes
Buku kesehatan
Gambar yang ada hubunganya dengan pembelajaran

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.


No comments :

Post a Comment