SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………..
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel :
Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 6. Mempraktikkan berbagai gerak
dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar
jalan, lari dan lompat dengan koordina-si yang baik dalam permainan
sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujur-an, tanggung jawab dan
meng-hargai lawan atau diri sendiri
|
A. Gerak dasar
Jalan.
B. Gerak Dasar Melompat
|
6.1.1 Melakukan
gerak jalan menyilang
6.1.2 Melakukan
gerak jalan jinjit silang
6.1.3 Melakukan
permainan tongkat estafet.
6.1.4 Melakukan
Permainan di taman harta karun
|
- Gerak
jalan menyilang
- jalan
jinjit silang
-
Permainan tongkat estafet
- Bermaian
di taman harta karun
|
Tes
pemberian tugas (kelompok)
Tes
pemberian tugas (kelompok)
Tes
pemberian tugas (kelompok)
Tes
Pemberian tugas
|
Tes
praktik
Tes
praktik
Tes
praktik
Tes
Praktek
|
- Lakukan
jalan menyilang dengan benar.
- Lakukan berjalan sambil jinjit silang
- Praktikkan
permainan menghindar bencana
- Lakukanlah permainan di taman
harta karun
|
12 x 35 menit
4 pertem
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 46
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 47
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 48
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 49
|
6.1.5 Melakukan
permainan mencapai titik sasaran
6.1.6. Melakukan lompat
sambil
berputar
6.1.7. Melakukan meloncat dan
Melompat dengan satu
kaki
6.1.8. Melakukan Permaina
Lompat tali
|
- Permainan
titik sasaran beregu
- Melompat dan berputar
- Melompat dan meloncat satu
kaki
- Lompat tali
|
Tes
pemberian tugas
(kelompok)
Tes
Pemberian tugas
Tes
Pemberian tugas
Tes
Pemberian tugas
|
Tes
praktik
Tes
Praktek
Tes
Praktek
Tes
Praktek
|
- Lakukanlah
secara beregu permainan titik sasaran
- Lakukanlah loncat – loncat dan berputar
180 derajat
- Lakukanlah Melompat dan meloncat dengan satu kaki
bergantian dengan benar.
- Lakukanlah Permainan lompat
tali dengan benar.
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 50
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 51
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 51
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 52
|
|||
6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak
memutar, mene-kuk lutut, menga-yun lengan dan meliukkan badan dengan
koordina-si gerak yang baik dalam per-mainan sederha-na, serta nilai
kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
|
C. Gerak dasar
menekuk
|
6.2.1 Melakukan
gerak dasar menekuk lulut
6.2.2 Melakukan gerak angin
|
- menekuk
lutut
- Gerak
angin
|
Tes
penugasan
Tes
penugasan
|
Tes
praktik
Tes
prakt
|
- Lakukanlah
gerak menekuk lutut dengan permainan bola beranting
- Lakukanlah
gerak angin berkelompok
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 53
Buku Penjasorkes kls.3
hal. 54
|
6.3 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar menvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola
dengan koordi-nasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan
bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
|
D. Bermaian
Dengan
bola (Pola gerak manipulasi )
|
6.3.1 Melakukan
gerak dasar menvoli
6.3.2 Melakukan
gerakan memantulkan bola ke sasaran
6.3.3 Melakukan
gerakan menendang bola
6.3.5 Mempraktikkan
permainan mengontrol dan mengoper bola
|
- Gerak
menvoli
- Gerak
memantul
- Gerak
menendang bola
- Gerak
mengontrol dan mengoper bola
|
Tes Pemberian tugas
Pemberian tugas
Pemberian tugas
Pemberian tugas
|
Tes praktik
Tes praktik
Tes praktik
Tes praktik
|
- Lakukan
gerakan menvoli
- Pantulkan
bola ke dinding lalu tangkap lagi
- Lakukan
gerakan menendang bola ke gawang
- Lakukan
gerakan mengontrol dan mengoper bola ke sasaran
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 55
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 57
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 56
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 57
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
|||
Ui kompetensi SK. 6
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………..
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel :
Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta
nilai disiplin dan keselamatan
|
A. Latihan meningkatkan kelentukan dan kelenturan
|
Mempraktikkan berbagai bentuk kelentukan dan kelenturan
|
Gerakan melenturkan tubuh ( latihan 1 s/d 3
|
Tes pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Lakukan gerakan yang dapat melenturkan tubuh
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 60 - 61
|
7.2 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak dan nilai
disiplin
|
B. Latihan koordinasi gerak
|
Melakukan latihan duduk sambil meluruskan kaki depan dan belakang
menempel lantai
|
- duduk kangkang depan (
spils depan )
- duduk kangkang samping (
splits samping )
- kayang sambil jalan
|
Tes pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Luruskan kaki ke depan dan belakang sampai tubuh menempel lantai
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 62 - 63
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
|||
Uji kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 64
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………..
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel :
Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 8. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikkan senam ketangka-san sederhana tanpa alat, dan
nilai disiplin
|
A. Senam ketangkasan I
|
Mempraktikkan
rangkaian gerakan ketangkasan tanpa
alat
|
-
meloncat
-
melompat
-
keseimbangan
-
merangkak
|
Pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Lakukanlah gerakan ketangkasan sesuai gambar pada bukumu
|
3 x 35 menit
1 x pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 66 - 67
|
8.2 Mempraktikkan
senam ketangka-san yang agak kompleks meng-gunakan alat dan nilai disiplin
|
Senam ketangkasan II
|
Mempraktikkan rangkaian gerakan ketangkasan dengan alat
|
-
lompat
berpasangan
-
lompat
dari atas peti
-
guling
depan
-
guling
belakang
|
Pemberian tugas
|
Tes praktik
|
Lakukanalah gerakan sesuai gambar pada bukumu
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 68 - 69
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
|||
Uji kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 70
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………..
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel :
Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 9. Mempraktikkan gerak ritmik dasar
yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1 Mempraktikkan gerakan lokomo-tor
dalam gerak ritmik diorienta-sikan pada arah, ruang, dan waktu secara
individual dengan atau tanpa menggu-nakan musik serta nilai percaya diri dan
disiplin
|
A. Langkah tunggal / Gerak lokomotor dalam ritmik
|
9.1.1 Melakukan
berbagai gerakan langkah tunggal yang dipadukan dengan gerakan tangan
9.1.2 Mempraktikkan
gerakan langkah ganda yang disesuaikan dengan irama
|
- Gerak
langkah tunggal
- Gerak
langkah ganda
|
Tes penugasan
Tes penugasan
|
Tes praktik
Tes praktik
|
- Lakukan
langkah langkah tunggal yang dipadukan dengan gerakan tangan
- Lakukan
gerak langkah ganda yang sesuai dengan irama
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 72 - 73
|
9.1.3 Melakukan
gerakan langkah “V” yang dipadukan dengan gerakan tangan
|
- Gerak
langkah “V”
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Lakukan
gerak langkah “V” yang dipadukan dengan gerakan tangan
|
Buku Penjasorkes kls.3
- 77
|
|||
9.2 Mempraktikkan gerak
lokomotor dalam aktifitas ritmik yang berorientasi pada arah ruang dan waktu
secara beregu dengan atau tanpa musik serta nilai percaya diri, disiplin dan
kerja sama
|
|
|
- Kombinasi
gerak langkah tunggal dan langkah ganda
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Praktikkan
gerak kombinasi langkah tunggal dan ganda secara beregu diiringi musik
|
|
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
|||
Uji Kompetensi / Evaluasi
|
B. Langkah Ganda / Gerak lokomotor dalam ritmik
|
9.2.1 Mempraktikkan
kombinasi gerakan langkah tunggal dan langkah ganda yang dipadukan dengan
gerakan lain dan diiringi lagu
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………..
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel :
Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan
nilainilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai
kebersihannya
|
A. Renang gaya dada
|
Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya dada : meluncur, menggerakkan lengan
|
- Gerak
meluncur
- Gerak
lengan
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Lakukan
gerakan meluncur
|
6 x 35 menit
2 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 80 - 82
|
10.2 Mempraktikkan
cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihannya
|
B. Latihan bernafas
|
Mempraktikkan
cara bernapas pada renang gaya dada
|
- Gerakan
mengambil napas
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Lakukan
gerakan mengambil napas pada renang gaya dada
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 83 - 84
|
10.3 Mengkombi-nasikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada
dan nilai kebersihannya
|
C. Kombinasi Gerakan
|
Mempraktikkan kombinasi gerakan tangan, kaki dan mengambil napas pada
renang gaya dada
Uji kompetensi
|
- Gerakan
lengan dan tungkai
|
Tes penugasan
|
Tes praktik
|
- Praktikkan
gerakan kombinasi tangan dan kaki
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 84 – 85
Buku Penjasorkes kls.3
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………..
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel :
Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 11.Mempraktikkan Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah
untuk aktifitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam mengikuti
jejak dan nilai disiplin, kerja sama, memper-hatikan faktor keselamatan
|
A. Jalan – jalan di sekitar sekolah
|
Melakukan jalan-jalan di perkampungan sekitar sekolah dan belajar membuat
denah jalan yang dilalui
|
- Kegiatan
jalan-jalan
|
Tes ketrampilan
|
Tes praktik
|
- Lakukan
jalan-jalan di perkampungan dan buatlah denah jalan yang dilewati
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 88 - 90
|
11.2 Mempraktikkan
pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah
|
B. Tempat bermain
yang aman
|
Menentukan
tempat yang nyaman untuk bermain dilanjutkan bermain bebas ditempat yang
sudah dipilih
|
- Mencari
tempat lapang untuk bermain
|
Tes ketrampilan
|
Unjuk kerja
|
- Tentukan
tempat yang nyaman untuk bermain
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 91 - 92
|
11.3 Mempraktikkan penjagaan kese-lamatan diri dan orang lain
selama melakukan akti-vitas dilingku-ngan sekitar sekolah, dan nilai
kebersihan
|
Gerak lokomotor (jalan-jalan)
|
Menjelaskan
tempat-tempat yang membahayakan untuk bermain
Uji
kompetensi
|
- Tempat
berbahaya untuk bermain
|
Tes ketrampilan
|
Unjuk kerja
|
- Hindari
tempat-tempat yang berbahaya
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 91
Buku Penjasorkes kls.3
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………………..
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel :
Penjasorkes
Semester : 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam berdarah dan
influenza
|
A. Diare
|
Menjelaskan
bahaya penyakit diare
|
- Bahaya
penyakit menular
|
Tes penugasan
|
Tes isian
|
- Apa
penyebab penyakit diare
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
- 97
|
12..2 Mengenal Kebersihan linkungan
|
B. Demam berdarah
|
Menjelaskan
ciri – ciri nyamuk DB
|
-
gejala
-
pencegahan
|
Tes penugasan
|
Tes tertulis
|
- Bersihkan
selokan, genangan air di SD/ MI kita bersama-sama
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 98 - 99
|
|
C. Influenza
D. Kebersihan
jamban
|
Menjelaskan terjadinya influenza
Menjelaskan manfaat dan cara membersihkan jamban
Uji kompetensi
|
-
gejala
-
penularan
-
pencegahan
Kebersihan jamban
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kls.3
Buku Penjasorkes kls.3
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment