Friday 19 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 3 SEMESTER 2

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 3 SEMESTER 2


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : 2 ( dua )
Standar Kompetensi          : 6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordina-si yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujur-an, tanggung jawab dan meng-hargai lawan atau diri sendiri
A. Gerak dasar 
      Jalan.



 
















B. Gerak Dasar Melompat
6.1.1     Melakukan gerak jalan menyilang

6.1.2     Melakukan gerak jalan jinjit silang


6.1.3     Melakukan permainan tongkat estafet.



6.1.4     Melakukan Permainan di taman harta karun
-    Gerak jalan menyilang


-    jalan jinjit silang



-    Permainan tongkat estafet



-    Bermaian di taman harta karun
Tes
pemberian tugas (kelompok)
Tes
pemberian tugas (kelompok)

Tes
pemberian tugas (kelompok)


Tes
Pemberian tugas
Tes
praktik


Tes
praktik


Tes
praktik





Tes
Praktek
-    Lakukan jalan menyilang dengan benar.


-    Lakukan  berjalan sambil jinjit silang

-    Praktikkan permainan menghindar bencana



-    Lakukanlah permainan di taman harta karun
12 x 35 menit

4 pertem
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 46

Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 47

Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 48

Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 49
6.1.5     Melakukan permainan mencapai titik sasaran


6.1.6.  Melakukan lompat sambil 
           berputar


6.1.7.  Melakukan meloncat dan
           Melompat dengan satu kaki

6.1.8.  Melakukan Permaina
           Lompat tali
-          Permainan titik sasaran beregu


-    Melompat dan berputar



-    Melompat dan meloncat satu kaki

-    Lompat tali
Tes
pemberian tugas (kelompok)

Tes
Pemberian tugas


Tes
Pemberian tugas

Tes
Pemberian tugas
Tes
 praktik


Tes
Praktek


Tes
Praktek

Tes
Praktek
-          Lakukanlah secara beregu permainan titik sasaran


-    Lakukanlah loncat – loncat dan berputar 180 derajat


-    Lakukanlah  Melompat dan meloncat dengan satu kaki bergantian dengan benar.
-    Lakukanlah Permainan lompat tali dengan benar.
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 50

Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 51

  Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 51
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 52
6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, mene-kuk lutut, menga-yun lengan dan meliukkan badan dengan koordina-si gerak yang baik dalam per-mainan sederha-na, serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
C. Gerak dasar
     menekuk
6.2.1     Melakukan gerak dasar menekuk lulut


6.2.2     Melakukan  gerak angin





-    menekuk lutut



-    Gerak angin





Tes
penugasan


Tes
penugasan


Tes
praktik



Tes
prakt
-          Lakukanlah gerak menekuk lutut dengan permainan bola beranting


-          Lakukanlah gerak angin berkelompok




6 x 35 menit

2 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 53


Buku Penjasorkes kls.3
 hal. 54
6.3        Mempraktikkan kombinasi gerak dasar menvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordi-nasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
D. Bermaian
     Dengan bola   (Pola gerak manipulasi )
6.3.1     Melakukan gerak dasar menvoli

6.3.2     Melakukan gerakan memantulkan bola ke sasaran

6.3.3     Melakukan gerakan menendang bola




6.3.5     Mempraktikkan permainan mengontrol dan mengoper bola





-    Gerak menvoli


-    Gerak memantul



-    Gerak menendang bola




-    Gerak mengontrol dan mengoper bola
Tes Pemberian tugas


Pemberian tugas



Pemberian tugas




Pemberian tugas
 Tes praktik


Tes praktik



Tes praktik




Tes praktik
-    Lakukan gerakan menvoli


-    Pantulkan bola ke dinding lalu tangkap lagi

-    Lakukan gerakan menendang bola ke gawang



-    Lakukan gerakan mengontrol dan mengoper bola ke sasaran
6 x 35 menit
2 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 55
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 57
 Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 56


Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 57
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Ui kompetensi SK. 6




Buku Penjasorkes kls.3














SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : 2 ( dua )
Standar Kompetensi          : 7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1        Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin dan keselamatan

A. Latihan meningkatkan kelentukan dan kelenturan
Mempraktikkan berbagai bentuk kelentukan dan kelenturan
Gerakan melenturkan tubuh ( latihan 1 s/d 3
Tes pemberian tugas
Tes praktik
Lakukan gerakan yang dapat melenturkan tubuh
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 60 - 61
7.2        Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak dan nilai disiplin
B. Latihan koordinasi gerak
Melakukan latihan duduk sambil meluruskan kaki depan dan belakang menempel lantai
- duduk kangkang depan (      spils depan )
 - duduk kangkang samping ( splits samping )

- kayang sambil jalan
Tes pemberian tugas
Tes praktik
Luruskan kaki ke depan dan belakang sampai tubuh menempel lantai
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 62 - 63
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Uji kompetensi







Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 64



SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : 2 ( dua )
Standar Kompetensi          : 8. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1        Mempraktikkan senam ketangka-san sederhana tanpa alat, dan nilai disiplin

A. Senam ketangkasan  I
Mempraktikkan rangkaian gerakan  ketangkasan tanpa alat
-          meloncat
-          melompat
-          keseimbangan
-          merangkak
Pemberian tugas
Tes praktik
Lakukanlah gerakan ketangkasan sesuai gambar pada bukumu
3 x 35 menit
 1 x pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 66 - 67
8.2        Mempraktikkan senam ketangka-san yang agak kompleks meng-gunakan alat dan nilai disiplin
Senam ketangkasan II
Mempraktikkan rangkaian gerakan ketangkasan dengan alat
-          lompat berpasangan
-          lompat dari atas peti
-          guling depan
-          guling belakang
Pemberian tugas
Tes praktik
Lakukanalah gerakan sesuai gambar pada bukumu
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman:  68 - 69
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Uji kompetensi







Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 70



SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : 2 ( dua )
Standar Kompetensi        : 9. Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1 Mempraktikkan gerakan lokomo-tor dalam gerak ritmik diorienta-sikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual dengan atau tanpa menggu-nakan musik serta nilai percaya diri dan disiplin
A. Langkah tunggal / Gerak lokomotor dalam ritmik
9.1.1     Melakukan berbagai gerakan langkah tunggal yang dipadukan dengan gerakan tangan

9.1.2     Mempraktikkan gerakan langkah ganda yang disesuaikan dengan irama
-    Gerak langkah tunggal




-    Gerak langkah ganda
Tes penugasan





Tes penugasan
Tes praktik





Tes praktik
-          Lakukan langkah langkah tunggal yang dipadukan dengan gerakan tangan

-          Lakukan gerak langkah ganda yang sesuai dengan irama
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman:  72 - 73
9.1.3     Melakukan gerakan langkah “V” yang dipadukan dengan gerakan tangan
-    Gerak langkah “V”
Tes penugasan
Tes praktik
-    Lakukan gerak langkah “V” yang dipadukan dengan gerakan tangan

Buku Penjasorkes kls.3

 - 77
9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktifitas ritmik yang berorientasi pada arah ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa musik serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama



-          Kombinasi gerak langkah tunggal dan langkah ganda
Tes penugasan
Tes praktik
-          Praktikkan gerak kombinasi langkah tunggal dan ganda secara beregu diiringi musik









v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






Uji Kompetensi / Evaluasi
B. Langkah Ganda / Gerak lokomotor dalam ritmik
9.2.1     Mempraktikkan kombinasi gerakan langkah tunggal dan langkah ganda yang dipadukan dengan gerakan lain dan diiringi lagu




Buku Penjasorkes kls.3


3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3





SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : 2 ( dua )
Standar Kompetensi          : 10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan nilainilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1     Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihannya

A. Renang gaya dada
Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada : meluncur, menggerakkan lengan
-    Gerak meluncur
-    Gerak lengan
Tes penugasan
Tes praktik
-          Lakukan gerakan meluncur
6 x 35 menit
2 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 80 - 82
10.2     Mempraktikkan cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihannya

B. Latihan bernafas
Mempraktikkan cara bernapas pada renang gaya dada
-    Gerakan mengambil napas
Tes penugasan
Tes praktik
-    Lakukan gerakan mengambil napas pada renang gaya dada
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 83 - 84
10.3     Mengkombi-nasikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihannya

C. Kombinasi Gerakan
Mempraktikkan kombinasi gerakan tangan, kaki dan mengambil napas pada renang gaya dada


Uji kompetensi
-    Gerakan lengan dan tungkai
Tes penugasan
Tes praktik
-          Praktikkan gerakan kombinasi tangan dan kaki
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 84 – 85

Buku Penjasorkes kls.3

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : 2 ( dua )
Standar Kompetensi          : 11.Mempraktikkan Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerja sama, memper-hatikan faktor keselamatan

A. Jalan – jalan di sekitar sekolah
Melakukan jalan-jalan di perkampungan sekitar sekolah dan belajar membuat denah jalan yang dilalui
-    Kegiatan jalan-jalan
Tes ketrampilan
Tes praktik
-    Lakukan jalan-jalan di perkampungan dan buatlah denah jalan yang dilewati
3 x 35 menit

1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 88 - 90
11.2     Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah

B. Tempat bermain
     yang aman
Menentukan tempat yang nyaman untuk bermain dilanjutkan bermain bebas ditempat yang sudah dipilih
-    Mencari tempat lapang untuk bermain
Tes ketrampilan
Unjuk kerja
-    Tentukan tempat yang nyaman untuk bermain
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 91 - 92
11.3     Mempraktikkan penjagaan kese-lamatan diri dan orang lain selama melakukan akti-vitas dilingku-ngan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan

Gerak lokomotor (jalan-jalan)
Menjelaskan tempat-tempat yang membahayakan untuk bermain






Uji kompetensi
-    Tempat berbahaya untuk bermain
Tes ketrampilan
Unjuk kerja
-    Hindari tempat-tempat yang berbahaya
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman:  91




Buku Penjasorkes kls.3


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : 2 ( dua )
Standar Kompetensi          : 12. Menerapkan budaya hidup sehat


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1     Mengenal  bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza

A. Diare
Menjelaskan bahaya penyakit  diare
-    Bahaya penyakit menular
Tes penugasan
Tes isian
-    Apa penyebab penyakit diare
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

 - 97
12..2     Mengenal  Kebersihan linkungan

B. Demam berdarah
Menjelaskan ciri – ciri nyamuk DB
-          gejala
-          pencegahan
Tes penugasan
Tes tertulis
-          Bersihkan selokan, genangan air di SD/ MI kita bersama-sama
3 x 35 menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 98 - 99

C. Influenza




D. Kebersihan
     jamban
Menjelaskan terjadinya influenza



Menjelaskan manfaat dan cara membersihkan jamban

Uji kompetensi
-          gejala
-          penularan
-          pencegahan


Kebersihan jamban




Buku Penjasorkes kls.3







Buku Penjasorkes kls.3


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.


No comments :

Post a Comment