SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH : ...........................
KELAS : VI
SEMESTER : II
MATA
PELAJARAN : PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN
Standart Kompetensi : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam
permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||||||
6.1 Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu
permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)
|
Permainan bola besar [ basket ]
|
· Siswa dapat melakukan dan memahami
permainan basket
· Siswa dapat melakukan bermain basket
serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
· Siswa dapat memahami strategi dalam
bermain basket
|
· Melakukan berbagai keterampilan dasar ( melempar, menangkap, menggiring,
mengontrol, menembak) permainan basket.
· Melakukan tekhnik posisi pertahanan dan
penyerangan.
· Bentuk formasi sesuai kebutuhan
permainan.
· Melakukan kerjasama tim dalam permainan
· Bermain bola basket dengan peraturan yang
dimodifikasi
· Melakukan kerjasama tim ,menjungjung tinggi
sportivitas dan kejujuran dalam permainan
|
Test
(perorangan/
berpasangan)
Test
kelompok
|
Test ketrampilan
|
1. Praktek servis
2. Praktek pasing
3. Praktek smash
4. Praktek blok
5. Praktek bermain voly dengan peraturan
yang sederhana
6. Praktek bermain voly dengan peraturan
yang sebenarnya.
|
10 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat permainan
· Lapangan
· Bola basket
· Scoring board
· Stop watch
· Pluit
|
||||
Mempraktikan
penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran
**)
|
Permainan bola kecil [soft ball]
|
· Siswa dapat melakukan dan memahami
permainan softball
· Siswa dapat melakukan bermain Soft
ballserta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
· Siswa dapat memahami strategi dalam
bermain softball
|
· Melakukan berbagai keterampilan dasar :
melempar, menangkap, memukul dalam permainan softball
· Melakukan lempar tangkap bola melambung,
mendatar dan menyusur tanah berpasangan
· Menjelaskan peraturan umum dalam
permainan softball
· Menjelaskan / melakukan tekhnik mematikan
lawan
· Menjelaskan / melakukan tekhnik
mendapatkan poin/nilai
· Bermain softball dengan peraturan yang
dimodifikasi
· Melakukan kerjasama antar tim dan
menjungjung tinggi sportivitas
|
Test
Perorangan
Test
kelompok
|
Test praktek
Test praktek
|
1. Praktek cara memegang raket
2. Praktek cara servis
3. Praktek cara smash
4. Praktek bermain bulu tangkis dengan
peraturan yang sebenarnya
|
8 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat permainan
· Lapangan
· Bola soft ball
· Scoring board/keset
· Pluit
· Stik/ pemukul
· Glove
|
||||
6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa
nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)
|
Atletik [Tolak peluru]]
|
· Siswa dapat melakukan dan memahami
tekhnik memegang dan menyimpan peluru
· Siswa dapat melakukan tolak peluru dengan
baik
· .Melakukan tehnik lari estafet
· Melakukan dasar lompat tinggi
|
· Melakukan gerakan cara memegang peluru
· Melakukan gerakan cara menyimpan peluru
sebelum di tolak
· Melakukan gerakan tolak peluru tanpa alat
dengan hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan
alat dengan hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan
awalan / tanpa awalan dengan hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan
menggunakan peluru dan lapangan yang sebenarnya
|
Test
(berpasangan)
Test
(individu)
|
Test praktek
Test
ketrampilan
|
1. Praktekan cara memegang tongkat
2. Praktekan cara memberi tongkat
3. Praktekan cara menerima tongkat
4. Praktekan perlombaan lari estafet dengan
teknik yang benar
Praktekan lompat
tinggi dengan tehnik yang benar
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat Atletik
· Lapangan
· Bola kecil
· Pluit
|
||||
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
||||||||||||
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standart Kompetensi 7. Mempraktikan latihan
peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||
7.1Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara
kondisi kesehatan
|
Hidup Sehat
|
7.1.1 Menjelaskan pengertian sikap hidup sehat
untuk memelihara kondisi kesehatan
7.1.2 Sebutka manfaat sikap hidup sehat
7.1.3 Contoh-contoh sikap hidup sehat
|
· Melakukan berolahraga secara rutin
· Berpakaian yang sesuai
|
Test
(perorangan/
berpasangan)
|
Test tertulis/ lisan
|
1. Jelaskan pola hidup sehat !
2. Sebutkan manfaat pola hidup sehat !
3. Berdasarkan contoh sikap hidup sehat dan
bersih !
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
7.2Mempraktikan perenggangan otot dan pelemasan
persendian dengan baik sebelum latihan serta nilai disiplin.
|
Pereng
gangan
|
7.2.1 Melakukan gerakan perenggangan statis dan
perenggangan dinamis
7.2.2 Melakukan gerakan pelemasan sendi
|
· Melakukan gerakan – gerakan bagian leher,
kepala
· Melakukan gerakan-gerakan bagian bahu,
dada dan lengan
|
Test
(individu/
kelompok)
|
Test praktek
|
1. Lakukan perenggangan statis
2. Lakukan perenggangan dinamis
3. Lakukan gerakan pelemasan pada sendi
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
7.3Mempraktikan kondisi pisik secara terencana dan
sungguh-sungguh
|
Progam latihan fisik
|
7.3.1 Melakukan latihan fisik
|
· Melakukan gerakan-gerakan bagian perut ,
pinggang/punggung
· Melakukan gerakan – gerakan bagian kaki,
paha, lutut dan telapak kaki
· Melakukan gerakan merenggut renggutkan
anggota badan
|
Test
(individu/
kelompok)
|
Test
ketrampilan/ praktek
|
Tes
melakukan gerakan :
- lari
selama 15 menit
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
7.4Mempraktikan aktivitas secara berkelanjutan dalam
rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan, disiplin dan keja
keras
|
Latihan fisik
|
7.4.1 Melakukan kondisi fisik (latihan dalam
waktu tertetu) pos berangkai/ permainan
|
v Latihan fisik
- Pos berangkai/permainan
- Lari bolak balik
- Push up
- Naik tuun tanga
- Lompat tali
|
Test
(individu/
kelompok)
|
Test
ketrampilan/ praktek
|
Tes
melakukan gerakan :
- latihan fisik melalui pos
berangkai/permainan
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standart
Kompetensi 8. Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam
bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam lantai dan
senam ketangkasan dengan konsisten dan kontrol yang baik serta nilai
keselamatan, displin dan kerja sama.
|
Senam Lantai
|
· Melakukan gerakan sikap awal, saat
melakukan, sikap akhir
-
headstand
-
lompat
kangkang
|
· Melakukan gerakan berguling
· Melakukan gerakan sikap lilin
· Melakukan gerakan split
· Melakukan gerakan meroda / baling-baling
|
Test (Individu)
|
Test
ketrampilan
|
1. Lakukan gerakan headstand
2. Lakukan gerakan lompat kangkang diatas
peti (box)
3. Lakukan gerakan tiger sprong diatas
peti (box)
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan
· matras
· Pluit
|
8.2 Mempraktikkan
kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi,
dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
|
Senam Lantai/ ketangkasan
|
· Siswa dapat menyusun dan melakukan
kombinasi gerakan senam lantai dan ketangkasan
· Melatih keberanian dan percaya diri
|
· Menyusun rangkaian gerakan senam lantai
· Memperagakan rangkaian gerakan senam
lantai secara sederhana
|
Praktek
|
Praktek
|
· Peragakan rangkaian gerakan senam lantai
secara sederhana
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan
· matras
· Pluit
·
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
( ..............................................
)
NIP/NIK.
|
Standart
Kompetensi 9. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik, sederhana secara berpasangan
maupun beregu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||
9.1Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat
dengan gerakan membungkuk menekuk mupun meliuk secara berpasangan dan beregu,
serta nilai kerjasama disiplin dan estetika
|
Ritmik
|
· Melakukan gerakan sikap awal saat
melakukan dan sikap akhir :
-
Membungkuk, meliuk dan menekuk
|
· Melakukan gerakan membungkukkan badan
dengan irama hitungan / lagu musik
· Melakukan gerakan menekukkan kedua kaki
dengan irama hitungan / lagu musik
|
Test
|
Test
ketrampilan (unjuk kerja)
|
Lakukan
gerakan :
Membungkuk,
menekuk dan meliuk dengan bernyanyi
|
4 X 35 menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan / aula
· Tape
· Casete
· Pluit
|
9.2Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat
dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama
disiplin dan estetika
|
Ritmik
|
· Melakukan perbaikan gerakan skap awal
saat melakukan an siap akhir:
- Jalan dan
lompat secara berpasangan dan beregu
· Melakukan gerak ritmik dengan alat(pita)
|
· Melakukan gerakan meliukkan badan dengan
irama hitungan / lagu musik
· Melakukan variasi gerakan berjalan dengan
berbagai arah
· Melakukan variasi gerakan melompat
|
Test
|
Test
ketrampilan (unjuk keras)
|
Lakukan
gerakan :
- Jalan dan lompat secara berpasangan dn
beregu
Lakukan
gerakan :
- Mengayun
- Melingkar
- Melompat dengan pita
|
4 X 35 menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Lapangan / aula
· Tape
· Casete
· Pluit
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standart
Kompetensi 10. Mempraktikan gerak dasar salah satu gaya renang dengan
koordinasi gerak yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||
10.1Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakkan
tungkai, lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik
serta nilai keberanian disiplin dan estetika
|
Renang
Renang gaya dada
|
10.1.1 Melakukan latihan dasar renang
10.1.2 Melakukan sikap awal, sikap pada saat
melakukan sikap akhir pada renang gaya dada
|
· Melakukan gerakan meluncur
· Melakukan gerak kaki renang gaya dada
dengan lancer
|
Test individu / kelompok
Test individu / kelompok
|
Test praktek
Test praktek
|
1.Lakukan
gerakan :
- injak-injak air
- menyelam
- lempar tangkap bola
2.Lakukan gerakan
star :
- meluncur
- tungkai/kaki
- lengan
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Kolam renang
· Pelampung
· Pluit
· Stop watch
|
10.2Mempraktikan cara bernafas salah satu gaya
renang, serta nilai keberanian disiplin dan kebersihan
|
Renang gaya dada
|
10.2.1Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat
melakukan, sikap akhir pada renang gaya dada
|
· Memperagakan gerak ayunan/ tarikan lengan
renang gaya dada
· Melakukan koordinasi gerak kaki dan
lengan renang gaya dada
·
|
Test individu / kelompok
|
Test praktek
|
3 Lakukan cara
bernafas renang gaya dada
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Kolam renang
· Pelampung
· Pluit
· Stop watch
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||
10.3Mempraktikan kombiasi gerakan lengan dan tungkai
dalam renang gaya dada serta nilai keberanian dan disiplin
|
Renang gaya dada
|
10.3.1Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan sikap akhir
- kombinasi gerakan lengan dan tungkai
-
kombinasi gerakan lengan, tungkai ambil nafas (bernafas)
|
· Melakukan tekhnik pengambilan napas
renang gaya dada
· Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki –
tarikan lengan dan pengambilan pernapasan renang gaya dada
|
Test individu
|
Test praktek
|
1.Lakukan kombinasi gerakan lengan dan tungkai pada
renang gaya dada
2.Lakukan kombinasi geraan lengan, tungkai dan
bernafas pada renang gaya dada
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Kolam renang
· Pelampung
· Pluit
· Stop watch
|
10.4Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air
|
Keselama
tan di
air
|
10.4.1Melakukan cara-cara menyelamatkan seorang di
kolam / di air
|
· Melakukan renang gaya dada di awali
dengan meluncur
· Memperagakan dasar dasar penyelamatan di
air
· Melakukan cara menggerakan kaki
penyelamatan di air
|
Test (kelompok)
|
Test praktek
|
3.Lakukan cara
menyelamatkan temanmu di kolam
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Kolam renang
· Pelampung
· Pluit
· Stop watch
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
( ..............................................
)
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standart Kompetensi 11. Mempraktikan
penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya****)
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||
11.1Mempraktikan aktivitas penjelajahan di alam
bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin dan
keselamatan.
|
Penje
lajahan
|
11.1.1Melakukan/melaksanakan kegiatan
penjelajahan
|
· Menjaga keselamatan dalam perjalanan
· Membuat perencanaan kegiatan penjelajahan
· Memilih jalan yang aman untuk di jelajahi
· Memiliki kepedulian terhadap keselamatan
|
Test beregu / kelompok
|
Test lisan /
praktik (unjuk kerja)
|
1.Lakukan
penjelajahan dengan hati-hati
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Alam bebas
· tenda
· Pluit
· Stop watch
|
11.2Mempraktikan pemasangan kemah bersama, serta
nilai kerjasama tanggung jawab disiplin dan keselamatan
|
Perkema
han
|
11.2.2 Macam
perkemahan
Tahap-tahap berkemah
Perencanaan
Perlengkapan
Ketrampilan
mendirikan tenda
|
· Memiliki solidaritas yang tinggi
· Mematuhi prosedur atau instruksi
· Menjaga kebersihan lingkungan
· Mencari lokasi berkemah yang aman
· Melndirikan kemah dengan berkelompok/
saling membantu
|
Test (kelompok)
|
Test ketrampilan
(unjuk
kerja)
|
1. Lakukan cara pemasangan tenda!
2. Lakukan kegiatan dalam perkemahan!
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Alam bebas
· tenda
· Pluit
· Stop watch
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standart Kompetensi 12. Menerapkan budaya
hidup sehat
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||
12.1Mengenai cara menolak ajakan menggunakan narkoba
|
Budaya hidup sehat
|
12.1.1Menjelaskan cara menolak ajakan menggunakan
narkoba
|
· Menjaga pergaulan bebas
· Mengetahui bahaya narkoba bagi kesehatan
· Memilih teman dalam bergaul
|
Test perorangan/
kelompok)
|
Test
- teori
- lisan
|
1.Jelaskan cara menolak ajakan narkoba
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat/ buku kesehatan
· Gambar-gambar tentang narkoba
· Gambar gambar tentang pelecehan seksual
· Majalah
|
12.2Mengenal cara menolak perlakukan cara pelecehan
seksual
|
Pelecehan seksual
|
12.2.1Menjelaskan pengertian pelecehn seksual
Menyebutkan
perbuatan-perbuatan pelecehan seksual
Mengenal
dan menghindari perlakuan pelecehan seksual
|
· Menjelaskan jenis-jenis pelecehan seksual
· Akibat dari pelecehan seksual
· Cara menolak dari pelecehan seksual
|
Test perorangan/
kelompok)
|
Test
- teori
- lisan
|
1.Jelaskan pengertian pelecehan seksual
2.Sebutkan bentuk-bentuk plecehan seksual
3.Bagaimana cara menghindari/meno
lak
perlakuan pelecehan seksual
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat/ buku kesehatan
· Gambar-gambar tentang narkoba
· Gambar gambar tentang pelecehan seksual
· Majalah
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
How To Win Big at Casino Web Sites Without
ReplyDeleteCasino Web Sites Without rb88 a Welcome Bonus — A site is a casino with a great reputation for its high 카지노사이트 payouts. It provides you 퍼스트카지노 with a huge