Friday 19 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 6 SEMESTER 2

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 6 SEMESTER 2



SILABUS PEMBELAJARAN


SEKOLAH                           :  ...........................
KELAS                                 :  VI
SEMESTER                        :  II
MATA PELAJARAN        :  PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN
Standart Kompetensi  : 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
6.1 Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)

Permainan bola besar [ basket ]

·   Siswa dapat melakukan dan memahami permainan basket
·   Siswa dapat melakukan bermain basket serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·   Siswa dapat memahami strategi dalam bermain basket


·   Melakukan berbagai keterampilan  dasar ( melempar, menangkap, menggiring, mengontrol, menembak) permainan basket.
·   Melakukan tekhnik posisi pertahanan dan penyerangan.
·   Bentuk formasi sesuai kebutuhan permainan.
·   Melakukan kerjasama tim dalam permainan
·   Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Melakukan kerjasama tim ,menjungjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam permainan
Test
(perorangan/
berpasangan)


Test
kelompok


Test  ketrampilan
1.     Praktek servis
2.     Praktek pasing
3.     Praktek smash
4.     Praktek blok
5.     Praktek bermain voly dengan peraturan yang sederhana
6.     Praktek bermain voly dengan peraturan yang sebenarnya.
10 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Diktat permainan
·   Lapangan
·   Bola basket
·   Scoring board
·   Stop watch
·   Pluit

            Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran **)

Permainan bola kecil [soft ball]

·   Siswa dapat melakukan dan memahami permainan softball
·   Siswa dapat melakukan bermain Soft ballserta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·   Siswa dapat memahami strategi dalam bermain softball
·   Melakukan berbagai keterampilan dasar : melempar, menangkap, memukul dalam permainan softball
·   Melakukan lempar tangkap bola melambung, mendatar dan menyusur tanah berpasangan
·   Menjelaskan peraturan umum dalam permainan softball
·   Menjelaskan / melakukan tekhnik mematikan lawan
·   Menjelaskan / melakukan tekhnik mendapatkan poin/nilai
·   Bermain softball dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Melakukan kerjasama antar tim dan menjungjung tinggi sportivitas
Test
Perorangan

Test
kelompok


Test praktek


Test praktek







1.   Praktek cara memegang raket
2.   Praktek cara servis
3.   Praktek cara smash
4.   Praktek bermain bulu tangkis dengan peraturan yang sebenarnya

8 x 35 Menit

·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Diktat permainan
·   Lapangan
·   Bola soft ball
·   Scoring board/keset
·   Pluit
·   Stik/ pemukul
·   Glove

6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)
Atletik [Tolak peluru]]

·   Siswa dapat melakukan dan memahami tekhnik memegang dan menyimpan peluru
·   Siswa dapat melakukan tolak peluru dengan baik
·   .Melakukan tehnik lari estafet
·   Melakukan dasar lompat tinggi

·   Melakukan gerakan cara memegang peluru
·   Melakukan gerakan cara menyimpan peluru sebelum di tolak
·   Melakukan gerakan tolak peluru tanpa alat dengan hitungan
·   Melakukan gerakan tolak peluru dengan alat dengan hitungan
·   Melakukan gerakan tolak peluru dengan awalan / tanpa awalan dengan hitungan
·   Melakukan gerakan tolak peluru dengan menggunakan peluru dan lapangan yang sebenarnya

Test
(berpasangan)
Test
(individu)
Test praktek
Test
ketrampilan
1.  Praktekan cara memegang tongkat
2.  Praktekan cara memberi tongkat
3.  Praktekan cara menerima tongkat
4.  Praktekan perlombaan lari estafet dengan teknik yang benar

Praktekan lompat tinggi dengan tehnik yang benar
4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Diktat Atletik
·   Lapangan
·   Bola kecil
·   Pluit

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.




Standart Kompetensi 7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
7.1Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
Hidup Sehat

7.1.1  Menjelaskan pengertian sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
7.1.2  Sebutka manfaat sikap hidup sehat
7.1.3  Contoh-contoh sikap hidup sehat

·   Melakukan berolahraga secara rutin
·   Berpakaian yang sesuai
Test
(perorangan/
berpasangan)

Test  tertulis/ lisan
1.   Jelaskan pola hidup sehat !
2.   Sebutkan manfaat pola hidup sehat !
3.   Berdasarkan contoh sikap hidup sehat dan bersih !
2 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

7.2Mempraktikan perenggangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan serta nilai disiplin.

Pereng
gangan

7.2.1  Melakukan gerakan perenggangan statis dan perenggangan dinamis
7.2.2  Melakukan gerakan pelemasan sendi




·   Melakukan gerakan – gerakan bagian leher, kepala
·   Melakukan gerakan-gerakan bagian bahu, dada dan lengan

Test
(individu/
kelompok)

Test praktek







1.   Lakukan perenggangan statis
2.   Lakukan perenggangan dinamis
3.   Lakukan gerakan pelemasan pada sendi

2 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

7.3Mempraktikan kondisi pisik secara terencana dan sungguh-sungguh

Progam latihan fisik
7.3.1  Melakukan latihan fisik


·   Melakukan gerakan-gerakan bagian perut , pinggang/punggung
·   Melakukan gerakan – gerakan bagian kaki, paha, lutut dan telapak kaki
·   Melakukan gerakan merenggut renggutkan anggota badan

Test
(individu/
kelompok)

Test ketrampilan/ praktek

Tes melakukan gerakan :
- lari selama 15 menit

2 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

7.4Mempraktikan aktivitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan, disiplin dan keja keras

Latihan fisik

7.4.1  Melakukan kondisi fisik (latihan dalam waktu tertetu) pos berangkai/ permainan


v Latihan fisik
-    Pos berangkai/permainan
-    Lari bolak balik
-    Push up
-    Naik tuun tanga
-    Lompat tali

Test
(individu/
kelompok)

Test ketrampilan/ praktek

Tes melakukan gerakan :
-    latihan fisik melalui pos berangkai/permainan


2 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


Standart Kompetensi 8. Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                 Pemblj.

Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
8.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten dan kontrol yang baik serta nilai keselamatan, displin dan kerja sama.

Senam Lantai
·   Melakukan gerakan sikap awal, saat melakukan, sikap akhir
-                                headstand
-                                                                    lompat kangkang

·   Melakukan gerakan berguling
·   Melakukan gerakan sikap lilin
·   Melakukan gerakan split
·   Melakukan gerakan meroda / baling-baling

Test (Individu)

Test
ketrampilan



1. Lakukan gerakan   headstand
2. Lakukan gerakan lompat kangkang diatas peti (box)
3. Lakukan gerakan tiger sprong diatas peti (box)

2 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan
·   matras
·   Pluit

8.2 Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
Senam Lantai/ ketangkasan

·   Siswa dapat menyusun dan melakukan kombinasi gerakan senam lantai dan ketangkasan
·   Melatih keberanian dan percaya diri

·   Menyusun rangkaian gerakan senam lantai
·   Memperagakan rangkaian gerakan senam lantai secara sederhana

Praktek
Praktek
·   Peragakan rangkaian gerakan senam lantai secara sederhana

2 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan
·   matras
·   Pluit
·    
v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


Standart Kompetensi 9. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik, sederhana secara berpasangan maupun beregu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
9.1Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan gerakan membungkuk menekuk mupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika

Ritmik

·   Melakukan gerakan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir :
- Membungkuk, meliuk dan menekuk
·   Melakukan gerakan membungkukkan badan dengan irama hitungan / lagu musik
·   Melakukan gerakan menekukkan kedua kaki dengan irama hitungan / lagu musik

Test

Test ketrampilan (unjuk kerja)
Lakukan gerakan :
Membungkuk, menekuk dan meliuk dengan bernyanyi
4 X 35 menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan / aula
·   Tape
·   Casete
·   Pluit
9.2Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika

Ritmik
·   Melakukan perbaikan gerakan skap awal saat melakukan an siap akhir:
-  Jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu
·   Melakukan gerak ritmik dengan alat(pita)
·   Melakukan gerakan meliukkan badan dengan irama hitungan / lagu musik
·   Melakukan variasi gerakan berjalan dengan berbagai arah
·   Melakukan variasi gerakan melompat

Test

Test ketrampilan (unjuk keras)





Lakukan gerakan :
-    Jalan dan lompat secara berpasangan dn beregu
Lakukan gerakan :
-    Mengayun
-    Melingkar
-    Melompat dengan pita
4 X 35 menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Lapangan / aula
·   Tape
·   Casete
·   Pluit
v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


Standart Kompetensi 10. Mempraktikan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
10.1Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian disiplin dan estetika


Renang





Renang gaya dada

10.1.1  Melakukan latihan dasar renang




10.1.2  Melakukan sikap awal, sikap pada saat melakukan sikap akhir pada renang gaya dada
·   Melakukan gerakan meluncur
·   Melakukan gerak kaki renang gaya dada dengan lancer
Test individu / kelompok




Test individu / kelompok

Test praktek






Test praktek
1.Lakukan gerakan :
-    injak-injak air
-    menyelam
-    lempar tangkap bola

2.Lakukan gerakan  star :
-    meluncur
-    tungkai/kaki
-    lengan
4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Kolam renang
·   Pelampung
·   Pluit
·   Stop watch


10.2Mempraktikan cara bernafas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian disiplin dan kebersihan

Renang gaya dada


10.2.1Melakukan gerakan sikap awal, sikap saat melakukan, sikap akhir pada renang gaya dada

·   Memperagakan gerak ayunan/ tarikan lengan renang gaya dada
·   Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada
·    

Test individu / kelompok



Test praktek




3 Lakukan cara  bernafas renang gaya dada
4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Kolam renang
·   Pelampung
·   Pluit
·   Stop watch



Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
10.3Mempraktikan kombiasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada serta nilai keberanian dan disiplin

Renang gaya dada

10.3.1Melakukan gerakan sikap awal,   saat melakukan sikap akhir
- kombinasi gerakan lengan dan tungkai
- kombinasi gerakan lengan, tungkai ambil nafas (bernafas)
·   Melakukan tekhnik pengambilan napas renang gaya dada
·   Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki – tarikan lengan dan pengambilan pernapasan renang gaya dada

Test individu

Test praktek




1.Lakukan kombinasi gerakan lengan dan tungkai pada renang gaya dada
2.Lakukan kombinasi geraan lengan, tungkai dan bernafas pada renang gaya dada

4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Kolam renang
·   Pelampung
·   Pluit
·   Stop watch

10.4Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air

Keselama
tan di
air

10.4.1Melakukan cara-cara menyelamatkan seorang di kolam / di air

·   Melakukan renang gaya dada di awali dengan meluncur
·   Memperagakan dasar dasar penyelamatan di air
·   Melakukan cara menggerakan kaki penyelamatan di air

Test  (kelompok)


Test praktek



3.Lakukan cara  menyelamatkan temanmu di kolam
4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Kolam renang
·   Pelampung
·   Pluit
·   Stop watch

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.



Standart Kompetensi 11. Mempraktikan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya****)

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                  Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
11.1Mempraktikan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.

Penje
lajahan
11.1.1Melakukan/melaksanakan kegiatan penjelajahan


·   Menjaga keselamatan dalam perjalanan
·   Membuat perencanaan kegiatan penjelajahan
·   Memilih jalan yang aman untuk di jelajahi
·   Memiliki kepedulian terhadap keselamatan

Test beregu / kelompok


Test lisan / praktik (unjuk kerja)
1.Lakukan penjelajahan dengan hati-hati
4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Alam bebas
·   tenda
·   Pluit
·   Stop watch

11.2Mempraktikan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama tanggung jawab disiplin dan keselamatan

Perkema
han
11.2.2 Macam perkemahan
           Tahap-tahap berkemah
           Perencanaan
           Perlengkapan
           Ketrampilan
          mendirikan tenda
·   Memiliki solidaritas yang tinggi
·   Mematuhi prosedur atau instruksi
·   Menjaga kebersihan lingkungan
·   Mencari lokasi berkemah yang aman
·   Melndirikan kemah dengan berkelompok/ saling membantu

Test  (kelompok)


Test ketrampilan
(unjuk kerja)

1.   Lakukan cara pemasangan tenda!
2.   Lakukan kegiatan dalam perkemahan!
4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Alam bebas
·   tenda
·   Pluit
·   Stop watch

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.



Standart Kompetensi 12. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/                 Pemblj.
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh Insrumen
12.1Mengenai cara menolak ajakan menggunakan narkoba

Budaya hidup sehat
12.1.1Menjelaskan cara menolak ajakan menggunakan narkoba

·   Menjaga pergaulan bebas
·   Mengetahui bahaya narkoba bagi kesehatan
·   Memilih teman dalam bergaul
Test  perorangan/
kelompok)


Test
- teori
- lisan



1.Jelaskan cara menolak ajakan narkoba

4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Diktat/ buku kesehatan
·   Gambar-gambar tentang narkoba
·   Gambar gambar tentang pelecehan seksual
·   Majalah

12.2Mengenal cara menolak perlakukan cara pelecehan seksual

Pelecehan seksual

12.2.1Menjelaskan pengertian pelecehn seksual
Menyebutkan perbuatan-perbuatan pelecehan seksual
Mengenal dan menghindari perlakuan pelecehan seksual
·   Menjelaskan jenis-jenis pelecehan seksual
·   Akibat dari pelecehan seksual
·   Cara menolak dari pelecehan seksual

Test  perorangan/
kelompok)


Test
- teori
- lisan


1.Jelaskan pengertian pelecehan seksual
2.Sebutkan bentuk-bentuk plecehan seksual
3.Bagaimana cara menghindari/meno
   lak perlakuan pelecehan seksual

4 x 35 Menit
·   Buku Penjaskes kls. 6
·   Diktat/ buku kesehatan
·   Gambar-gambar tentang narkoba
·   Gambar gambar tentang pelecehan seksual
·   Majalah

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.




1 comment :

  1. How To Win Big at Casino Web Sites Without
    Casino Web Sites Without rb88 a Welcome Bonus — A site is a casino with a great reputation for its high 카지노사이트 payouts. It provides you 퍼스트카지노 with a huge

    ReplyDelete