SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : II
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 6. Aktivitas Kebugaran Jasmani
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1. Mempraktik-kan gerak dasar kebugaran
jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
|
gerak
dasar kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1.1.Melakukan perlombaan jalan
dengan menggunakan lengan bawah
|
1. berjalan dengan lengan bawah di
antara ke dua meja
|
Tes
praktik
|
Tes
kekuatan
daya tahan otot dada
|
Lakukanlah gerakan berjalan dengan ke dua lengan bawah di antara dua meja
dengan cepat dan benar
|
6 x 35
menit
2 pert
|
Buku
Penjasorkes kls.2
Hal: 58
|
|
|
6.1.2.
Melakukan gerakan merambat di palang tunggal dengan ke dua tangan
|
2. Merambat
di palang tunggal
|
Tes
praktik
|
Tes
Kekuatan
daya tahan
|
Lakukanlah
gerakan berjalan di palang tunggal dari ujung ke ujung dengan benar
|
|
Buku
Penjasorkes kls.2
Halaman 59
|
|
|
6.1.3.
Melakukan sikap menahan tubuh di palang sejajar/ tunggal dengan ke dua tangan
|
3.Menahan
badan di palang
|
Tes
Praktik
|
Tes
Kekuatan
Daya tahan
|
Lakukanlah
gerakan menahan tubuh dengan kedua tangan lurus di palang selama 5 detik
|
|
Buku
Penjasorkes kls.2
Halaman 59
|
|
B. Latihan
dasar untuk meningkatkan otot punggung
|
6.1.4.
Melakukan gerakan punguatan otot punggung dengan permainan bola beranting
lewat atas kepala secara beregu, anak berbaris berbanjar sesuai regunya
|
1. permainan
bola beranting
|
Tes
|
Tes
Kekuatan dan daya tahan otot punggung
|
Lakukanlah permainan bola beranting lewat atas kepala secara beregu
|
|
Buku Penjasorkes kls.2
Halaman 60
|
6.2. Mempraktik-kan latihan
dasar kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengukuti aturan
Uji Kompetensi
Sk. 6
|
C. Dasar – dasar kelentukan persendian bagian atas, mulai dari panggul ke
atas
|
6.2.1.Melakukan 2 variasi gerakan
kelentukan dengan permainan balon beranting secara beregu:
|
1. Variasi I
Dengan tangan kiri
2. Variasi II
Dengan tangan
kanan
|
Tes
|
Tes: kelentukan pada, sendi bahu dan otot dada
|
-
Lakukanlah
permainan balon beranting secara beregu
|
6 x 35
menit
2 pertm
|
Buku
Penjasorkes kl.2.
Halaman
: 61
Buku
Penjasorkes
Kelas 2
Penerbit
Halaman: 62
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan ( PJOK )
Kelas : II
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standar
Kompetensi : 7. Mempraktikkan
Senam Ketengkasan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
7.1.
Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan melompat dan berputar 90 derajat
saat di udara melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan
faktor keselamatan
|
A. Senam Ketangkasan melompat
( Latihan Melompat )
|
7.1. Mengetahui kegunaan perkakas atau sebagian alat senam diantaranya:
* Kuda – kuda lompat
* Tangga
* Matras
|
1. Pengenlan
sebagian perkakas senam
|
tes
|
Tes
pemahaman
|
jawablah
pertanyaan di bawah ini
|
3 x 35
menit
1 pert
|
Buku
Penjasorkes kl.2
Halaman
: 65
|
|
7.2. Melakukan gerakan lompat tegak dari kuda – kuda lompat
Pelaksanaan:
-Anak naik dari tangga ke kuda lompat sedangkan guru memegang anak tsb
-Anak berdiri di tepi kuda lompat.
-Anak meloncat, turun dari kuda lompat ke matras dengan lutut ngeper
|
2. Lompat
tegak dari kuda lompat
|
Tes
|
Tes
ketrampilan
Keberanian
|
* lakukanlah
lompat tegak dari kuda lompat dengan benar
|
6 x 35 menit
2 pert
|
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman : 65
|
|||
|
7.1.3. Melakukan gerakan berputar 90 derajat di atas matras.
Pelaksanaan:
-anak melompat dan berputar ke kanan 90 derajat
-berputar ke
kiri 90 derajat
|
1. berputar
90 derajat di atas matras
|
tes
|
Tes ketrampilan, keseimbangan, keberanian
|
Lakukanlah
gerakan melompat dan berputar ke kanan, ke kiri 90 derajat dengan benar
|
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman : 64
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
C. Bentuk
Senam Ketangkasan melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan
faktor keselamatan.
|
7.1.5.Melakukan gerakan senam ketangkasan dengan melompati benda di
depannya
Pelaksanaan :
-anak naik ke kuda lompat
-anak berdiri diujung kuda lompat
-anak melompati bilah yang di pegang guru
-anak mendarat dengan kaki dua dan lutut ngeper
|
* lompat bilah
|
Tes
|
Tes
ketangkasan,
Keberanian
keseimbangan
|
*Lakukanlah gerakan melompati benda/ bilah dengan awalan berlari
|
|
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman: 66
|
|
7.2. Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana berjalan dan
berguling ke depan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik yang lain
dengan kontrol yang baik
Uji Kompetensi SK 7
|
Rangkaian gerak Dasar senam
ketangkasan sederhana
( guling depan lanjutan )
Guling belakang lanjutan
|
7.2.1.Melakukan sikap awal sebelum ke gerakan senam sbb:
-berdidri rileks, wajah ceria,bibir senyum,pandangan ke matras
|
1. Sikap
awqal
|
Tes
|
Tes
Sikap
|
*Lakukanlah
sikap awal sebelum melakukan gerakan senam di lantai
|
6 x 35
Menit
2 pert
6x35 mt
2 pertm
|
Buku Penjaorkes kl.2
Halaman : 67
|
|
7.2.2.Melakukan gerakan berjalan ke atas matras
Pelaksanaan:
-langkah rileks
-setiap melangkah ujung kaki selalu runcing
|
2.sikap
berjalan ke matras
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
*Lakukanlah
sikap berjalan ke matras atu ke arena lomba senam dengan benar
|
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman :
Gambar
|
||||
7.2.3.
Melakukan guling depan satu kali dengan posisi matras miring, seingga anak
mudah berguling
|
3. guling ke
depan
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
*Lakukanlah guling depan dengan benar
|
Buku Penjasorkes kl.2
Hal .gb.
|
||||
7.2.4. Melakukan sikap akhir guling depan
-anak berakhir debngan sikap jongkok
7.2.4. Melakukan guling belakang, mulai sikap awal, pelaksanaan dan sikap
akhir.
|
4. sikap
akhir guling depan
5. Rangkaian
guling belakang
|
Tes
|
Ter
Sikap
Tes
ketrampilan
|
*Lakukanlah
sekap akhir dari guling depan
* Lakukanlah guling belakang dengan benar.
|
Bk.Penjasorkes kl.2 ,Hal : 67
Buku Penjasorkes kl. 2 Penerbit
Hal: 68
|
||||
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
||||
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan ( PJOK )
Kelas : II
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standar
kompetensi : 8. Mempraktikkan
ketrampilan dasar ritmik diorientasikan denganarah dan ruang dengan menggunakan
atau
tanpa musi, memiliki pengetahuan dan nilai –
nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1.Mempraktikkan
ketrampilan dasar gerak ritmik yang beroriaentasi pada arah dan ruang secara
berpasangan, menggunakan musik, serta nilai kerja sama dan disilin
|
A. Ketrampilan grak ritmik
berpasangan tanpa alat
|
8.1.1. Melakukan gerak atau jalan 3 langkah ke depan diawali kaki kiri
|
1.tiga
langkah ke depan
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah
gerak ritmik sambil benyanyi bersama
|
6 x 35
menit
2 Pertm
|
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman : 70 - 71
|
8.1.2. Melakukan gerak atau jalan,
kaki kanan merapat ke kaki kiri
|
2. gerakan
lanjutan, merapatkan kaki
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah gerakan lanjutan merapatkan kaki kanan ke kaki kiri
|
Buku PenjasorkesErlagga
Halaman 70 - 71
|
|||
8.1.3. Melakukan jalan ke belakang
tiga lingkah
|
3.tiga
langkah ke belakang
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
gerak
|
- Lakukanlah tiga langkah ke
blakang dan kaki kanan merapat ke kaki kiri
|
Bk.Penjasorkes
Halaman : 70
- 71
|
|||
8.1.4. Melakukan gerak dengan melangkahkan kaki kiri merapat ke kaki
kanan.
|
4. sikap
kaki merapat
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
gerak
|
- Lakukanlah sikap gerak merapatkan kaki kiri ke kaki kanan
|
Bk.Penjasorkes Kl.2
Erlanga hal. .& 70 - 71
|
|||
8.1.5 Melakukan loncat tegak sambil berputar ke kanan sambil mengayun
tangan kanan ke atas sambil bersuara Ya!!!
|
5. meloncat
ke kanan
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah
loncat tegak dan berputar ke kanan sambil mengayun tangan ke atas dan bersuara ya!!
|
Bk.Penjasorkes kl.2
Halaman: 70-71
|
|||
8.1.6. Melakukan berjalan membentuk lingkaran,sambil tepuk tangan dan
bernyanyi berpasangan
|
6. Berjalan berputar sambil tepuk tangan bernyanyi dan membentuk
lingkaran
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
gerak
|
- Lakukanlah
berjalan membentuk lingkaran berpasangan sambil tepuk tangan dan bernyanyi
|
Bk. Penjasorkes kl.2.
Hal.70 -71
|
|||
8.2. Mempraktikkan ketrampilan gerak dasar ritmik yang berorientasi
pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai
kerja sama dan disiplin
|
B. Ketrampilan gerak ritmik beregu
|
8.2.. Melakukan gerak ritmik secara beregu dengan membentuk formasi
lingkaran kecil
-Anak mengulang pelajaran ritmik berpasangan diubah menjadi beberapa
regu.
-anak mernyanyi ‘ maju tiga langakah geleng kepala “
|
1. bernyanyi dengan foemasi lingkaran kecil
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan gerak dan lagu
|
- Lakukanlah gerak ritmik sambil bernyanyi membentuk lingkaran secara
beregu
|
6 x 35
menit
2 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Hal: 72
|
l
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
8.2.2. Melakukan gerak ritmik
secara beregu dengan formasi lingkaran
besar
Pelaksanaan
:
-
anak membentuk lingkaran besar dengan regunya
-
anakbernyanyi maju tiga langkah geleng kepala, mundur
tiga langkah geleng kepala, begitu seterusnya yang diikuti dengan gerakan
beregu
-
apabila sudah dipandang cukup, semua anak membuat satu
lingkaran besar dan bernyanyi bersama-sama.
|
2. bernyanyi dengan formasi lingkaran besar
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan gerak dan lagu
|
- Lakukanlah gerak ritmik sambil menyanyikan lagu, maju tiga langkah
geleng kepala, mundur tiga langkah geleng kepala, ya..!! berjalan berputar, membuat lingkaran,
sambil tepuk tangan bersama – sama
|
|
Bk. Penjasorkes kl.2.
Halaman : 73
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
|||
Uji
kompetensi
|
SK 8
|
|
|
|
|
|
|
Buku Penjasorkes kl.2.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan ( PJOK )
Kelas :
II
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standar Kompetensi :
9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai – nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1.
Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
*)
|
A. Mengenal
Air
*( Gerak
lengan untuk mengangkat tubuh di dalam
air)
B. Latihan
Gerakan tangan
|
9.1.1. Melakukan pengenalan di air kolam
9.1.2. Melakukan gerakan menepuk air dengan tangan secara bergantian dan
secara bersamaan
- telapak tangan membentuk cekungan
- jari jari rapat.
|
1. Masuk ke air
2. Berjalan di air
1. Menepuk air di kolam renang yang dangkal
|
Tes
Tes
Tes
|
Tes
Ketrampilan
Tes Keberanian
Tes
Ketrampilan
|
Lakukanlah
duduk di bibir kolam dengan memainkan ke dua kaki di air
Lakukanlah
berjalan di air yang dangkal
- Lakukanlah
gerakan menepuk air di kolam renang dengan tangan bergantian
|
2 x 35
menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
9.1.3. Melakukan permainan menekan balon di air, baik dengan satu maupun
dua tangan bergantian dan bersamaan.
|
2. Menekan balon di air
kolam renang.
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
-
Lakukanlah gerakan menepuk air, baik
dengan satu maupun dua tangan bersamaan.
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Halaman : 78
|
||
9.1.3. Melakukan gerakan berjalan cepat dari dinding A ke dinding B di air yang
dangkal
|
3. Berjalan di air kolam yang dangkal
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- Lakukanlah gerakan berjalan dari dinding A ke dinding B
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Halaman: 79
|
|||
9.1.4. Melakukan
meluncur
|
4. meluncur dari tepi di air dangkal
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan,
kelincahan
|
-
Lakukanlah cara meluncur di air denga
benar
|
3 x 35 menit
1 pertm
|
Bk.
Penjasorkes kl.2
Hal .80
|
||
C. Gerak
tungkai untuk mengangkat tubuh di dalam air
|
9.1.5.
Melakukan gerakan kaki berpegangan pada setang / besi kolam
|
1. latihan
tungkai
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan,
kelancahan, keberanian
|
- Lakukanlah gerakan kaki saat berenang gaya bebas
|
3 x 35
meneit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
|
9.1.6. Melakukan gerakan paha /
tungkai dengan bantuan teman berjalan
|
2. Mengapung dengan
bantuan teman
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
Keseimbangan
|
Lakukanlah
mengapung di atas air dengan berpegangan ke dua bahu teman di depanmu !
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
|||
9.2.
Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri dari air serta
memperhatikan faktor keselamatan diri dan orang lain serta nilai kebersihan.
9.3.
Mempraktikkan gerak dasar renang : mengapung, menenggelamkan didri di dalam
air, bernafas, serta nilai – nilai disiplin
|
*.
Keseimbangan tubuh di air
|
9.2.1. Melakukan sikap berdiri jongkok
|
1. menahan nafas
|
Tes
|
Tes
Keseimbangan
|
- Lakukanlah berdiri dan jongkok
di air dangkal
|
3x 35
Menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
9.2.2.
Melakukan gerakan loncat – loncat dengan satu kaki secara bergantiandiair
kolam
|
2. Meloncat – loncat di air kolam
|
Tes
|
Tes
Keseimbangan
|
- Lakukanlah
gerakan loncat – loncat dia air dengan satu kaki bergantian.
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Halaman: 76
|
|||
9.2.3. Melakukan gerakan mengapung dengan bantuan ban
- anak menggantung di ban dengan berpegangan satu tangan
- anak berpeganganban dengan satu tangan sedangkan tanagn kanannya untuk
mengkayuh
|
3. Mengapung
sambil memegang ban dengan satu tangan
|
Tes
|
Tes keseimbangan
Keberanian
Ketrampilan
|
- Lakukanlah sikap megnapung dengan berpegangan ban satu tangan
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
|||
9.2.4. Melakukan sikap bersandar di atas ban
- anak telungkup di atas ban
- kedua tangan mengkayuh air sehingga tubuh dan ban bergerak ke depan
|
4. Bersandar
di atas ban
|
Tes
|
Tes keseimbangan
Ketrampilan
Keberanian
|
- Lakukanlah
gerakan mengapung den mengkayuhdi atas ban.
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Hal.
Gb.
|
|||
D. Penyelamatan diri di air
|
9.2.5. Melakukan latihan berenang di air yang dangkal dengan kedalaman 60cm , dengan memegang ban
/ pengapung
- anak mendekat apalagi bermain di kolam yang berkedalaman 1,5 s/d 3,5
meter
|
1. berlatih
berenang
|
Tes
|
Tes
Ketrampilan
|
- lakukanlah
berenang dengan alat bantu di air dangkal agar tubuh tidak tenggelam
|
3 x 35
meneit
1 pertm
|
Bk.Penjasorkes kl2
|
|
9.2.6. Mentaati nesehat guru:
Anak tidak boleh berenang di air yang dalam
- anak tidak boleh bermain – main di kolam yg dalam
|
2. Berbahya bermain di air yang
dalam
|
Tes
|
Tes
Pengamatan
|
- handarilah
bermain di kolam dengan air yang mempunyai kedalaman 1 s/d 3,5 meter
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
9.2.7. Guru menjelaskan manfaat
pelampung / ban saat berlatih renang.
|
3. Pentingnya
alat penagaman / pelampung/ ban
|
Tes
|
Tes
Pemahaman
|
- apakah
manmafaat pelampung di kolam renang ?
|
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
|||
Uji
Kompetensi : 9
|
SK. 9.
|
|
|
|
|
|
|
Buku
Penjasorkes Kls.2
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan ( PJOK )
Kelas : II
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standar
Kompetensi : 10. Mempraktikkan kegiatan Jasmani di
lingkungan sekolah, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1. Mempraktikkan berbagai aktifitas fisik lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan
keselamatan
|
A. Aktifitas fisik di lingkungan sekolah (Kegiatan di Sekolah)
|
10.1.1. Melakukan kegiatan kerja bakti di sekolah
- Mengelompokkan anak kelas 1 s/d 3 mengerjakan kerja bakti yang ringan
dan tidak beresiko
- Mengelompokkan anak kelas 4 s/d 6 mengerjakan kerja bakti yang agak
berat
|
-kerja bakti
di sekolah
|
Tes
|
Tes
Penugasan dan kerja sama
|
- lakukanlah kerja bakti sesuai dengan tugas dan kelompokmu
|
6 x 35
menit
2 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Halaman : 86
|
*. Aktifitas kebersihan lingkungan sekolah
|
10.1.2. Melakukan kegiatan kebersihan di dalam kelas.
- anak- anak membersihkan meja, almari, jendela,kursi yangberada di dalam
kelas
|
1.
Membersihkan kelas dari debu
|
Tes
|
Tes
Penugasan
Kedisiplinan
Kerja sama
|
- Lakukanlah kegiatan kebersihan di dalam kelas
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Halaman: 88
|
||
10.1.3. Melakukan kegiatan membersihkan halaman sekolah;
- Cara
menyapu sesuai dengan arah angin
- Cara
mengumpulkan sampah
10.1.4.
Penjelajahan sekitar sekolah.
|
1.
Membersihkan halaman sekolah.
1. mengenal
lingkungan sekolah
|
Tes
Tes
|
Tes
Ketrampilan
Kedisiplinan
Kerja sama
Tes
pemahaman
|
- Lakukanlah
kebersihan di halaman sekolahmu
Lakukanalah
dan ingatlah jalan/ lingkungan yang kamu lalui dengan cermat
|
Bk,Penjasorkes
kl.2
Halaman: 86
Bk. Penjasorkes kls 2
Halaman: 89
|
|||
10.2. Mengikuti ramb – rambu peraanan di lingkngan seklah secara beregu dan memperhatikan
faktor keselamatan dan kerja sama serta disiplin
|
- Rambu – rambu perjalana an keselamatan
|
10.2.1. Menjelaskan :
- tata cara bejalan denan teman atau sendiri di jalan raya
- bahaya berjalan1 tidak tertb
|
1. Peralanan
dengan berjalan kaki
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di baah ini :
1. Berjalan
yang benar harus harus di sebelah …..
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kl.2 ,hal.
Gb.Pejalan kaki
Buku yang relefan
|
|
|
10.2.2. Menjelaskan
- tata cara membonceng sepeda motor di jalan raya.
|
2. Penjalan
dengan membonceng ayah
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Islah titik – titik di bawah ini :
1.agar tidak terjatuh saat membonceng tanan harus …… ayah.
|
|
Buku Penjasorkes kl.2.
Halaman: 93
|
10.2.3.
Menjelaskan :
- tata cara
menaiki sepeda kayuh dan berjalan saat di jalan raya maupun di gang jalan
10.2.4.Mempraktikkan
cara menyeberang jalan
|
3. Perjalanan dengan naik sepeda kayuh
4. Zebra Cross )
|
Tes
Tes
|
Tes
Tertulis
Tes
Perbuatan
|
Isilah
titik- titik di bawah ini :
1. Saat naik
sepeda berjalan selalu di sebelah …….
Lakukanlah
menyeberang jalan di atas garis zebra cross dengan benar !
|
Buku Penjasorkes kl.2. .
Halaman: 93
Buku
Penjasorkes Kls. 2 Penerbit
|
|||
10.3.
Membiasakan mengunakan pakaian dan sepatu yang sesuai
Uji kopetensi SK. 10.
|
A. menggunakan pakaian yang sesuai keadaan.
|
10.3.1.
Menjelaskan tentang :
- cara
berpakaian di sekolah mulai hari Senin s/d Sabtu.
|
1. Pakaian
Sekolah
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini:
1. hari Senin berupacara memakai pakaian ….. dan bertopi
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2 Halaman: 94
|
10.3.2.
Menjelaskan tentang :
- tata cara
berakaian olahraga,
|
2.
Berpakaian olahraga
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini :
1. setiap
olahraga aku memakai pakaian …..
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
|||
B.
Membiasakan memakai sepatu yang sesuai
|
10.3.6. Menjelaskan tentang :
Memakai sepatu yang benar
|
1. sandal
yang sesuai
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini :
1. pilihlah
sepatu yang sesuai dengan …..mu.
|
6 x 35 menit
2 pertem
|
Buku Penjasorkes kl.2
|
|
10.3.7.
Menjelaskan tentang :
- akhibat
memakai sepatu yang sesak
|
2. sandal
yang sesak
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Islah titik – titik di bawah ini :
1. memakai
sepatu yang sesak akan merusak bentuk ……
|
Bk. Penjaorkes Kelas 2 Erlagga
|
|||
10.3.8.
Menjelaskan tentang :
- manfaat
bersepatu
|
3. manfaat
sepatubaik kaki
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini :
1. berangkat
ke sekolah harus memakai ……
|
Bk. Penjasorkes kl.2
|
|||
10.3.9. Menjelaska tentang :
Pengaruh dan kejelekan memakai sepatu yang besar.
|
4. Sepatu
yang kebesaran
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini :
1. sepatu
yang terlalu bersar tidak layak untuk di ……
|
Bk.
Penjasorkes kl.2
Elanga
Buku
Penjasorkes Kls. 2.
|
|||
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan ( PJOK )
Kelas : II
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standar Kompetensi : 11. Menjaga Budaya Hidup sehat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
11.1. Menjaga kebersihan tangan dan kaki
|
A.Kebersihan Badan ( Menjaga kebersihan tangan )
|
11.1.1. Menjelaskan tentang : kebersihan tangan
menjelang makan.
|
1. menjaga kebersihan tangan menelang makan.
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini :
1. sebelum
makan tangan kita harus di …..
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Buku Penjasorkes kl.2.
Halaman: 98
|
11.1.2. Menjelaskan
cara mencuci tangan sehabis makan
|
2. Menjaga kebersihan tangan sehabis makan
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Islah titi – titik di bawah ini :
1. sehabis makan tangan harus di ……..
|
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman: 98
|
|||
* Menjaga kebersihan kaki
|
11.1.6.
Menjelaskan tentang :
Tata cara
membersihkan kaki di saat mandi
|
* Kebersihan
kaki
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini :
1. kaki di
bersihkan dengan air dan …..
|
Bk. Penjasorkes kl.2
halaman: 99
|
||
11.2. Mengenal
cara makan yang sehat
Uji
kmpetensi SK.11.
|
B. Cara makan sehat
|
11.2.1. Menjelaskan tentang :
- manfaat makan dengan teratur
- akhibat makan ang terlambat
11.2.2. Menjelaskan tentang :
Sikap makan yang benar
|
1. makan 3 kali sehari
2. cara makan yang benar
|
Tes
tes
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Isilah titik
– titik di bawah ini :
1.sebaknya
dalam I hari kita palingsidikit makan ……. Kali
Isilah titik
– titik di bawah ini:
1. saat
makan tadak boleh ber ……
|
3 x 35
Menit
1 pertm
|
Bk. Penjasorkes kl.2
Halaman: 100
Bk. Penjasorkes kl. 2
Halaman: 100 - 101
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman: 102
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment