Friday 19 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 2 SEMESTER 2

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 2 SEMESTER 2


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  6. Aktivitas Kebugaran Jasmani
               
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1. Mempraktik-kan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
6.1.1.Melakukan  perlombaan jalan dengan menggunakan lengan bawah
1.  berjalan dengan lengan bawah di antara ke dua meja
     Tes
praktik
       Tes
kekuatan
daya tahan otot dada
Lakukanlah gerakan berjalan dengan ke dua lengan bawah di antara dua meja dengan cepat dan benar
6 x 35
menit
2 pert
Buku Penjasorkes kls.2

Hal: 58


6.1.2. Melakukan gerakan merambat di palang tunggal dengan ke dua tangan
2. Merambat di palang tunggal
    Tes
praktik
      Tes
Kekuatan
daya tahan
Lakukanlah gerakan berjalan di palang tunggal dari ujung ke ujung dengan benar

Buku Penjasorkes kls.2

Halaman 59


6.1.3. Melakukan sikap menahan tubuh di palang sejajar/ tunggal dengan ke dua tangan
3.Menahan badan di palang
     Tes
Praktik
     Tes
Kekuatan
Daya tahan
Lakukanlah gerakan menahan tubuh dengan kedua tangan lurus di palang selama 5 detik


Buku Penjasorkes kls.2

Halaman  59

B. Latihan dasar untuk meningkatkan otot punggung





6.1.4. Melakukan gerakan punguatan otot punggung dengan permainan bola beranting lewat atas kepala secara beregu, anak berbaris berbanjar sesuai regunya

1. permainan bola beranting





      Tes






         Tes
Kekuatan dan daya tahan otot punggung



Lakukanlah permainan bola beranting lewat atas kepala secara beregu








Buku Penjasorkes kls.2

Halaman 60

6.2. Mempraktik-kan latihan dasar kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengukuti aturan


Uji Kompetensi
Sk. 6
C. Dasar – dasar kelentukan persendian bagian atas, mulai dari panggul ke atas






6.2.1.Melakukan 2 variasi  gerakan kelentukan dengan permainan balon beranting secara beregu:





1. Variasi  I

Dengan tangan kiri


2.  Variasi  II

Dengan tangan kanan



   Tes










Tes: kelentukan pada, sendi bahu dan otot dada






-          Lakukanlah permainan balon beranting secara beregu



6 x 35
menit
2 pertm








Buku Penjasorkes kl.2.
Halaman :  61


Buku Penjasorkes
Kelas 2 Penerbit

Halaman: 62
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..
Standar Kompetensi          : 7. Mempraktikkan Senam Ketengkasan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1. Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan melompat dan berputar 90 derajat saat di udara melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan

















A. Senam Ketangkasan melompat







( Latihan Melompat )
7.1. Mengetahui kegunaan perkakas atau sebagian alat senam diantaranya:
* Kuda – kuda lompat
* Tangga
* Matras
1. Pengenlan sebagian perkakas senam
    tes
Tes pemahaman
jawablah pertanyaan di bawah ini
  1. kuda – kuda lompat tergolong alat untuk …..
  2. Melakukan guling depan di ……..
3 x 35
menit
1 pert
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman :  65
7.2. Melakukan gerakan lompat tegak dari kuda – kuda lompat
Pelaksanaan:
-Anak naik dari tangga ke kuda lompat sedangkan guru memegang anak tsb
-Anak berdiri di tepi kuda lompat.
-Anak meloncat, turun dari kuda lompat ke matras dengan lutut ngeper

2. Lompat tegak dari kuda lompat
Tes
Tes ketrampilan
Keberanian
* lakukanlah lompat tegak dari kuda lompat dengan benar
6 x 35 menit
2 pert











Buku Penjasorkes kl.2

Halaman : 65

7.1.3. Melakukan gerakan berputar 90 derajat di atas matras.
Pelaksanaan:
-anak melompat dan berputar ke kanan 90 derajat
-berputar ke kiri 90 derajat

1. berputar 90 derajat di atas matras
tes
Tes  ketrampilan, keseimbangan, keberanian
Lakukanlah gerakan melompat dan berputar ke kanan, ke kiri 90 derajat dengan benar
Buku Penjasorkes kl.2

Halaman : 64
             1
              2
                  3
             4
         5
          6
                  7
    8
           9

C. Bentuk Senam Ketangkasan melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan.
7.1.5.Melakukan gerakan senam ketangkasan dengan melompati benda di depannya
Pelaksanaan :
-anak naik ke kuda lompat
-anak berdiri diujung kuda lompat
-anak melompati bilah yang di pegang guru
-anak mendarat dengan kaki dua dan lutut ngeper
* lompat bilah
  Tes
Tes ketangkasan,
Keberanian
keseimbangan
*Lakukanlah gerakan melompati benda/ bilah  dengan awalan berlari

Buku Penjasorkes kl.2

Halaman: 66
7.2. Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana berjalan dan berguling ke depan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik















Uji Kompetensi SK 7
 Rangkaian gerak Dasar senam ketangkasan sederhana
( guling depan lanjutan )


















Guling belakang lanjutan
7.2.1.Melakukan sikap awal sebelum ke gerakan senam sbb:
-berdidri rileks, wajah ceria,bibir senyum,pandangan ke matras
1. Sikap awqal
Tes
Tes
Sikap
*Lakukanlah sikap awal sebelum melakukan gerakan senam di lantai
6 x 35
Menit
2 pert





















6x35 mt
2 pertm
Buku Penjaorkes kl.2
Halaman :  67
7.2.2.Melakukan gerakan berjalan ke atas matras
Pelaksanaan:
-langkah rileks
-setiap melangkah ujung kaki selalu runcing
2.sikap berjalan ke matras
  Tes
  Tes
Ketrampilan
*Lakukanlah sikap berjalan ke matras atu ke arena lomba senam dengan benar
Buku Penjasorkes kl.2

Halaman :
Gambar
7.2.3. Melakukan guling depan satu kali dengan posisi matras miring, seingga anak mudah berguling
3. guling ke depan
   Tes
     Tes
Ketrampilan
*Lakukanlah guling depan dengan benar
Buku Penjasorkes kl.2

Hal        .gb.
7.2.4. Melakukan sikap akhir guling depan
-anak berakhir debngan sikap jongkok


7.2.4. Melakukan guling belakang, mulai sikap awal, pelaksanaan dan sikap akhir.

4. sikap akhir guling depan



5. Rangkaian guling belakang
  Tes
      Ter
Sikap



Tes ketrampilan
*Lakukanlah sekap akhir dari guling depan


* Lakukanlah guling belakang dengan benar.
Bk.Penjasorkes kl.2 ,Hal : 67




Buku Penjasorkes kl. 2 Penerbit
 Hal: 68
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





                                                                                                               
SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..
Standar kompetensi           : 8. Mempraktikkan ketrampilan dasar ritmik diorientasikan denganarah dan ruang dengan menggunakan atau
                                                   tanpa musi, memiliki pengetahuan dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1.Mempraktikkan ketrampilan dasar gerak ritmik yang beroriaentasi pada arah dan ruang secara berpasangan, menggunakan musik, serta nilai kerja sama dan disilin
A. Ketrampilan  grak ritmik berpasangan tanpa alat
8.1.1. Melakukan gerak atau jalan 3 langkah ke depan diawali kaki kiri
1.tiga langkah ke depan
  Tes
     Tes
Ketrampilan
- Lakukanlah gerak ritmik sambil benyanyi bersama
6 x 35
menit

2 Pertm
Buku Penjasorkes kl.2

Halaman : 70 - 71
8.1.2. Melakukan gerak atau  jalan, kaki kanan merapat ke kaki kiri
2. gerakan lanjutan, merapatkan kaki
      Tes
       Tes
Ketrampilan
- Lakukanlah gerakan lanjutan merapatkan kaki kanan ke kaki kiri
Buku PenjasorkesErlagga
Halaman  70 - 71
8.1.3. Melakukan  jalan ke belakang tiga lingkah
3.tiga langkah ke belakang
      Tes
     Tes
Ketrampilan gerak
- Lakukanlah  tiga langkah ke blakang dan kaki kanan merapat ke kaki kiri
Bk.Penjasorkes

Halaman : 70 - 71
8.1.4. Melakukan gerak dengan melangkahkan kaki kiri merapat ke kaki kanan.
4. sikap kaki merapat
      Tes
      Tes
Ketrampilan gerak
- Lakukanlah sikap gerak merapatkan kaki kiri ke kaki kanan
Bk.Penjasorkes Kl.2
Erlanga hal. .& 70 - 71
8.1.5 Melakukan loncat tegak sambil berputar ke kanan sambil mengayun tangan kanan ke atas sambil bersuara Ya!!!
5. meloncat ke kanan
    Tes
      Tes
Ketrampilan
- Lakukanlah loncat tegak dan berputar ke kanan sambil mengayun  tangan ke atas dan bersuara ya!!
Bk.Penjasorkes kl.2

Halaman: 70-71
8.1.6. Melakukan berjalan membentuk lingkaran,sambil tepuk tangan dan bernyanyi berpasangan
6. Berjalan berputar sambil tepuk tangan bernyanyi dan membentuk lingkaran
      Tes
       Tes
Ketrampilan gerak
- Lakukanlah berjalan membentuk lingkaran berpasangan sambil tepuk tangan dan bernyanyi
Bk. Penjasorkes kl.2.
Hal.70 -71
8.2. Mempraktikkan ketrampilan gerak dasar ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerja sama dan disiplin
B. Ketrampilan gerak ritmik beregu
8.2.. Melakukan gerak ritmik secara beregu dengan membentuk formasi lingkaran kecil
-Anak mengulang pelajaran ritmik berpasangan diubah menjadi beberapa regu.
-anak mernyanyi ‘ maju tiga langakah geleng kepala “

1. bernyanyi dengan foemasi lingkaran kecil
      Tes
       Tes
Ketrampilan gerak dan lagu
- Lakukanlah gerak ritmik sambil bernyanyi membentuk lingkaran secara beregu
6 x 35
menit

2 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2
Hal: 72
l
                2
                    3
              4
         5
           6
                  7
       8
              9


8.2.2. Melakukan  gerak ritmik secara  beregu dengan formasi lingkaran besar
Pelaksanaan :
-          anak membentuk lingkaran besar dengan regunya
-          anakbernyanyi maju tiga langkah geleng kepala, mundur tiga langkah geleng kepala, begitu seterusnya yang diikuti dengan gerakan beregu
-          apabila sudah dipandang cukup, semua anak membuat satu lingkaran besar dan bernyanyi bersama-sama.
2. bernyanyi dengan formasi lingkaran besar
     Tes
       Tes
Ketrampilan gerak dan lagu
- Lakukanlah gerak ritmik sambil menyanyikan lagu, maju tiga langkah geleng kepala, mundur tiga langkah geleng kepala, ya..!! berjalan berputar, membuat lingkaran, sambil tepuk tangan bersama – sama

Bk. Penjasorkes kl.2.
Halaman : 73
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Uji kompetensi
SK 8







Buku Penjasorkes kl.2.











SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..
Standar Kompetensi          : 9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1. Mempraktikkan gerak lengan  dan  tungkai  untuk mengangkat tubuh di dalam air   *)





































              
A. Mengenal Air








*( Gerak lengan untuk mengangkat tubuh  di dalam air)








B. Latihan Gerakan tangan




9.1.1. Melakukan pengenalan di air kolam






9.1.2. Melakukan gerakan menepuk air dengan tangan secara bergantian dan secara bersamaan
- telapak tangan membentuk cekungan
- jari jari rapat.
 1. Masuk ke air




 2. Berjalan di air



1. Menepuk air di kolam renang yang dangkal
 Tes 




Tes



 Tes
Tes Ketrampilan      



 Tes Keberanian


  Tes
Ketrampilan
Lakukanlah duduk di bibir kolam dengan memainkan ke dua kaki di air

Lakukanlah berjalan di air yang dangkal

- Lakukanlah gerakan menepuk air di kolam renang dengan tangan bergantian
2 x 35
menit


1 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2


9.1.3. Melakukan permainan menekan balon di air, baik dengan satu maupun dua tangan bergantian dan bersamaan.
2. Menekan balon di air kolam renang.
     Tes
          Tes
Ketrampilan
- Lakukanlah  gerakan menepuk air, baik dengan satu maupun dua tangan bersamaan.
3 x 35 menit

1 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2

Halaman : 78
9.1.3. Melakukan  gerakan  berjalan cepat  dari dinding A ke dinding B di air yang dangkal
3. Berjalan di air kolam yang dangkal
      Tes
        Tes
Ketrampilan
- Lakukanlah gerakan berjalan dari dinding A ke dinding B
Bk. Penjasorkes kl.2
Halaman: 79
9.1.4. Melakukan meluncur
4. meluncur dari tepi di air dangkal
       Tes
       Tes
Ketrampilan, kelincahan
- Lakukanlah  cara meluncur di air denga benar
3 x 35 menit
1 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2

Hal .80
C. Gerak tungkai untuk mengangkat tubuh di dalam air








9.1.5. Melakukan gerakan kaki berpegangan pada setang / besi kolam
1. latihan tungkai
     Tes
       Tes
Ketrampilan, kelancahan, keberanian
- Lakukanlah  gerakan  kaki saat berenang gaya bebas
3 x 35 meneit

1 pertm



     
Bk. Penjasorkes kl.2


9.1.6. Melakukan  gerakan paha / tungkai dengan bantuan teman berjalan
                   
2. Mengapung dengan bantuan teman


            
      Tes



        
        Tes
Ketrampilan
Keseimbangan

          
Lakukanlah mengapung di atas air dengan berpegangan ke dua bahu teman di depanmu !
         
Bk. Penjasorkes kl.2

 

              
9.2. Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri dari air serta memperhatikan faktor keselamatan diri dan orang lain serta nilai kebersihan.

















9.3. Mempraktikkan gerak dasar renang : mengapung, menenggelamkan didri di dalam air, bernafas, serta nilai – nilai disiplin



*. Keseimbangan tubuh di air
9.2.1. Melakukan sikap berdiri jongkok
1. menahan nafas
        Tes
       Tes
Keseimbangan
- Lakukanlah berdiri  dan jongkok di air dangkal
3x 35
Menit

1 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2



9.2.2. Melakukan gerakan loncat – loncat dengan satu kaki secara bergantiandiair kolam
2.  Meloncat – loncat di air kolam
         Tes
         Tes
Keseimbangan
- Lakukanlah gerakan loncat – loncat dia air dengan satu kaki bergantian.
Bk. Penjasorkes kl.2

Halaman: 76
9.2.3. Melakukan gerakan mengapung dengan bantuan ban
- anak menggantung di ban dengan berpegangan satu tangan
- anak berpeganganban dengan satu tangan sedangkan tanagn kanannya untuk mengkayuh
3. Mengapung sambil memegang ban dengan satu tangan
        Tes
           Tes keseimbangan
Keberanian
Ketrampilan
- Lakukanlah sikap megnapung dengan berpegangan ban satu tangan
Bk. Penjasorkes kl.2


9.2.4. Melakukan sikap bersandar di atas ban
- anak telungkup di atas ban
- kedua tangan mengkayuh air sehingga tubuh dan ban bergerak ke depan
4. Bersandar di atas ban
       Tes
         Tes keseimbangan
Ketrampilan
Keberanian
- Lakukanlah gerakan mengapung den mengkayuhdi atas ban.
Bk. Penjasorkes kl.2

Hal.
Gb.
D. Penyelamatan diri di air
9.2.5. Melakukan latihan berenang di air yang dangkal  dengan kedalaman 60cm , dengan memegang ban / pengapung

- anak mendekat apalagi bermain di kolam yang berkedalaman 1,5 s/d 3,5 meter
1. berlatih berenang
        Tes
       Tes
Ketrampilan
- lakukanlah berenang dengan alat bantu di air dangkal agar tubuh tidak tenggelam
3 x 35 meneit

1 pertm
Bk.Penjasorkes kl2


9.2.6. Mentaati nesehat guru:
Anak tidak boleh berenang di air yang dalam
- anak tidak boleh bermain – main di kolam yg dalam


2. Berbahya  bermain di air yang dalam
       Tes
       Tes
Pengamatan
- handarilah bermain di kolam dengan air yang mempunyai kedalaman 1 s/d 3,5 meter
Bk. Penjasorkes kl.2


               1
             2
                    3
             4
        5
           6
                   7
       8               
              9


9.2.7.  Guru menjelaskan manfaat pelampung / ban saat berlatih renang.
3. Pentingnya alat penagaman / pelampung/ ban
    Tes
           Tes
Pemahaman
- apakah manmafaat pelampung di kolam renang ?

Bk. Penjasorkes kl.2


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Uji Kompetensi  : 9
SK. 9.







Buku Penjasorkes Kls.2








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..
Standar  Kompetensi         :  10. Mempraktikkan kegiatan Jasmani di lingkungan sekolah, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1. Mempraktikkan berbagai aktifitas fisik lingkungan  sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan keselamatan


















A. Aktifitas fisik di lingkungan sekolah (Kegiatan di Sekolah)
10.1.1. Melakukan kegiatan kerja bakti di sekolah
- Mengelompokkan anak kelas 1 s/d 3 mengerjakan kerja bakti yang ringan dan tidak beresiko
- Mengelompokkan anak kelas 4 s/d 6 mengerjakan kerja bakti yang agak berat

-kerja bakti di sekolah
      Tes
       Tes
Penugasan dan kerja sama
- lakukanlah kerja bakti sesuai dengan tugas dan kelompokmu
6 x 35
menit


2 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2

Halaman : 86
*. Aktifitas kebersihan lingkungan sekolah
10.1.2. Melakukan kegiatan kebersihan di dalam kelas.
- anak- anak membersihkan meja, almari, jendela,kursi yangberada di dalam kelas

1. Membersihkan kelas dari debu
       Tes
         Tes
Penugasan
Kedisiplinan
Kerja sama
- Lakukanlah kegiatan kebersihan di dalam kelas
Bk. Penjasorkes kl.2

Halaman: 88
10.1.3. Melakukan kegiatan membersihkan halaman sekolah;
- Cara menyapu sesuai dengan arah angin
- Cara mengumpulkan sampah

10.1.4. Penjelajahan sekitar sekolah.

1. Membersihkan halaman sekolah.






1. mengenal lingkungan sekolah
        Tes







Tes
         Tes
Ketrampilan
Kedisiplinan
Kerja sama




Tes
pemahaman
- Lakukanlah kebersihan di halaman sekolahmu






Lakukanalah dan ingatlah jalan/ lingkungan yang kamu lalui dengan cermat
Bk,Penjasorkes kl.2

Halaman: 86





Bk. Penjasorkes kls 2
Halaman: 89
10.2. Mengikuti ramb – rambu peraanan di lingkngan  seklah secara beregu dan memperhatikan faktor keselamatan dan kerja sama serta disiplin

- Rambu – rambu perjalana an keselamatan
10.2.1. Menjelaskan :
- tata cara bejalan denan teman atau sendiri di jalan raya
-  bahaya berjalan1 tidak tertb
1. Peralanan dengan berjalan kaki
        Tes
          Tes
    Tertulis
Isilah titik – titik di baah ini :
1. Berjalan yang benar harus harus di sebelah …..
3 x 35
Menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kl.2 ,hal.
Gb.Pejalan kaki
Buku yang relefan


10.2.2. Menjelaskan
- tata cara membonceng sepeda motor di jalan raya.
2. Penjalan dengan membonceng ayah
       Tes
        Tes
   Tertulis
Islah titik – titik di bawah ini :
1.agar tidak terjatuh saat membonceng tanan harus …… ayah.


Buku Penjasorkes kl.2.
Halaman: 93
10.2.3. Menjelaskan :
- tata cara menaiki sepeda kayuh dan berjalan saat di jalan raya maupun di gang jalan

10.2.4.Mempraktikkan cara menyeberang jalan
3. Perjalanan dengan naik sepeda kayuh



4. Zebra Cross )
        Tes





Tes
        Tes
    Tertulis




Tes
Perbuatan
Isilah titik- titik di bawah ini :
1. Saat naik sepeda berjalan selalu di sebelah …….

Lakukanlah menyeberang jalan di atas garis zebra cross dengan benar !
Buku Penjasorkes kl.2. .
Halaman: 93



Buku Penjasorkes Kls. 2 Penerbit


10.3. Membiasakan mengunakan pakaian dan sepatu yang sesuai





































Uji kopetensi SK. 10.
A. menggunakan pakaian yang sesuai keadaan.










10.3.1. Menjelaskan tentang :
- cara berpakaian di sekolah mulai hari Senin s/d Sabtu.
1. Pakaian Sekolah
       Tes
        Tes
    Tertulis
Isilah titik – titik di bawah ini:
1. hari Senin berupacara memakai pakaian ….. dan bertopi





3 x 35
Menit

1 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2 Halaman: 94
10.3.2. Menjelaskan tentang :
- tata cara berakaian olahraga,


2. Berpakaian olahraga




      Tes
        Tes
    Tertulis




Isilah titik – titik di bawah ini :
1. setiap olahraga aku memakai pakaian …..

Bk. Penjasorkes kl.2


B. Membiasakan memakai sepatu yang sesuai
10.3.6. Menjelaskan tentang :
Memakai sepatu yang benar
1. sandal yang sesuai
       Tes
        Tes
   Tertulis
Isilah titik – titik di bawah ini :
1. pilihlah sepatu yang sesuai dengan …..mu.
6 x 35 menit
2 pertem




Buku Penjasorkes kl.2


10.3.7. Menjelaskan tentang :
- akhibat memakai sepatu yang sesak
2. sandal yang sesak
       Tes
        Tes
    Tertulis
Islah titik – titik di bawah ini :
1. memakai sepatu yang sesak akan merusak bentuk ……

Bk. Penjaorkes Kelas 2 Erlagga

10.3.8. Menjelaskan tentang :
- manfaat bersepatu
3. manfaat sepatubaik kaki
       Tes
         Tes
   Tertulis
Isilah titik – titik di bawah ini :
1. berangkat ke sekolah harus memakai ……
Bk. Penjasorkes kl.2


10.3.9. Menjelaska tentang :
Pengaruh dan kejelekan memakai sepatu yang besar.
4. Sepatu yang kebesaran 
        Tes
         Tes
   Tertulis
Isilah titik – titik di bawah ini :
1. sepatu yang terlalu bersar tidak layak untuk di ……


Bk. Penjasorkes kl.2
Elanga




Buku Penjasorkes Kls. 2.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )













SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..
Standar Kompetensi          : 11. Menjaga Budaya Hidup sehat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1. Menjaga kebersihan tangan dan kaki
A.Kebersihan Badan ( Menjaga kebersihan tangan )
11.1.1.  Menjelaskan tentang : kebersihan tangan menjelang makan.
1. menjaga kebersihan tangan menelang makan.
         Tes
           Tes
     Tertulis
Isilah titik – titik di bawah ini :
1. sebelum makan tangan kita harus di …..
3 x 35
Menit
1 pertm
Buku Penjasorkes kl.2.
Halaman: 98
11.1.2. Menjelaskan cara mencuci tangan sehabis makan
2. Menjaga kebersihan tangan sehabis makan
        Tes
        Tes
    Tertulis
Islah titi – titik di bawah ini :
1. sehabis makan tangan harus di ……..
Buku Penjasorkes kl.2
Halaman: 98
*  Menjaga kebersihan kaki
11.1.6. Menjelaskan tentang :
Tata cara membersihkan kaki di saat mandi
* Kebersihan kaki
         Tes
       Tes
     Tertulis
Isilah titik – titik di bawah ini :
1. kaki di bersihkan dengan air dan …..

Bk. Penjasorkes kl.2
halaman: 99
11.2. Mengenal cara makan yang sehat












Uji kmpetensi SK.11.
B. Cara makan sehat
11.2.1. Menjelaskan tentang :
- manfaat makan dengan teratur
- akhibat makan ang terlambat

11.2.2. Menjelaskan tentang :
Sikap makan yang benar
1. makan 3 kali sehari





2. cara makan yang benar
        Tes






      tes
        Tes
Tertulis




     
          Tes
Tertulis
Isilah titik – titik di bawah ini :
1.sebaknya dalam I hari kita palingsidikit makan ……. Kali


Isilah titik – titik di bawah ini:
1. saat makan tadak boleh ber ……


3 x 35
Menit
1 pertm
Bk. Penjasorkes kl.2

Halaman: 100




Bk. Penjasorkes kl. 2
Halaman: 100 - 101


Buku Penjasorkes kl.2
Halaman: 102
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.


No comments :

Post a Comment