Thursday 18 February 2016

SILABUS PENNJASKES SD SEMSTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 1
SEMESTER 1

Nama Sekolah                     :  ................................................................................................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
Gerak dasar lokomotor
Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor
·    Melakukan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah
·    Berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang
·    Melakukan gerakan berlari keberbagai arah
·    Melakukan gerakan lari bervariasi
·    Melakukan gerakan melompat ke berbagai arah
·    Melakukan variasi gerakan melompat
Test (Individu)

Test
ketrampilan



·    Praktekkan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah
·    Bagaimana cara berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang
·    Praktekkan gerakan berlari keberbagai arah
·    Praktekkan gerakan lari bervariasi
·    Praktekkan gerakan melompat ke berbagai arah
·    Praktekkan variasi gerakan melompat
2  x 35 Menit
·    Buku Penjaskes kls. 1
·    Diktat permainan bola kecil
·Pluit
1.2.  Mempraktik-kan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
Gerak dasar non  lokomotor
·      Siswa dapat melakukan gerak dasar  non lokomotor
·    Melakukan gerakan memutar badan
·    Melakukan gerakan melompat tali perorangan atau kelompok
·    Melakukan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk permainan

Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·    Praktekkan gerakan memutar badan
·    Praktekkan gerakan melompat tali perorangan atau kelompok
·    Praktekkan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk permainan
2  x 35 Menit
·    Buku Penjaskes kls. 1
·    Diktat permainan bola kecil
·Pluit
1.3  Mempraktik-kan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
Gerak dasar manipulatif
Permainan
Siswa dapat melakukan gerak dasar  non lokomotor
·         Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba
·         Melakukan gerakan variasi melempar bola dengan perorangan atau kelompok

Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan gerakan menangkap bola dari berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba
·         Praktekkan gerakan variasi melempar bola dengan perorangan atau kelompok
2  x 35 Menit
§ Buku Penjaskes kls. 1
§ Diktat permainan bola kecil
§ Pluit
§ Keranjang
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   2.  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1  Mendemonstra-sikan sikap tubuh dalam posisi berdiri
Anatomi tubuh
Siswa dapat Membiasakan badan selalu tegap
·        Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
·        Berdiri dalam keadaan istirahat

Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·        Praktekkan Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
·        Melakukan gerakan berdiri Berdiri dalam keadaan istirahat
2  x 35 Menit
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Anatomi tubuh
2 .2  Mendemons-trasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan
Anatomi tubuh
Siswa dapat Membiasakan badan selalu tegap
·        Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap tubuh sambil berjalan tegak
·        Melakukan gerakan berjalan ke samping
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·        Praktekkan Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap tubuh sambil berjalan tegak
·        Praktekkan gerakan berjalan ke samping
2  x 35 Menit
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Anatomi tubuh
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   3  Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3..1  Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
Mekanika berdiri, berjalan
·        Melakukan variasi gerakan keseimbangan statis / tidak bergerak
·        Melakukan gerakan sikap berdiri dengan satu kaki, kaki di luruskan ke depan, kaki  ditekuk , di depan atau kebelakang
·        Melakukan gerakan sikap duduk membentuk huruf V

·        Melakukan variasi gerakan keseimbangan statis/diam di tempat
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·        Praktekkan variasi gerakan keseimbangan statis/diam di tempat
2  x 35 Menit
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit

3..2  Mempraktik-kan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
Keseimbangan dinamis
·        Siswa mampu melakukan latihan keseimbangan
·        Melatih percaya diri
·        Melakukan variasi gerakan keseimbangan dengan dinamis/ bergerak
·        Melakukan gerakan berguling
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·        Praktekkan variasi gerakan keseimbangan dengan dinamis/ bergerak
·        Praktekkan gerakan berguling
2  x 35 Menit
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Matras

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   4. Mengungkapkan perasaan melalui   gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1   Memprakti-kkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama

Elemen ritmik sederhana
Siswa mampu menirukan gerakan yang dilihat
·        Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·        Praktekkan variasi gerakan menirukan gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
2  x 35 Menit
·      Buku Penjaskes kls. 1,
·      Pluit

4.2   Mempraktik-kan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
·      Elemen ritmik dasar
·      Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan tangan berirama dengan menggunakan irama musik  atau lagu
·      Melakukan latihan  gerakan  senam dengan kelompok
·      Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
Non Tes


Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek

·      Praktekkan variasi gerakan menirukan gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
2  x 35 Menit
·      Buku Penjaskes kls. 1
·      Pluit
·      Diktat
·      Casete
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  I
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   5. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1   Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
· Kebersihan pribadi
· Siswa mampu Menjelaskan pengertian dari kebersihan pribadi
· Menjelaskan manfaat  dari kebersihan pribadi bagi kesehatan
· Menjelaskan cara menjaga kebersihan kuku dan kulit
· Menjelaskan akibat  dari kuku dan kulit kotor
· Pengertian arti kebersihan pribadi
· Mengenal alat kebersihan pribadi
· Manfaat kebersihan pribadi
· Cara menjaga kebersihan kuku dan kulit
· Akibat kuku dan kulit yang kotor
Tes tulisan


Soal-soal

· Kebersihan pribadi adalah .......
· Tuliskan dua macam alat kebersihan pribadi !
· Supaya kulit kita bersih dan sehat maka kita harus ....
· Apa akibatnya bila kuku kita kotor ?
· Kulit berguna untuk.....
· Kebersihan pangkal .....
· Bahan untuk menggosok gigi adalah ...
· Kuku yang panjang sebaiknya .....
· Tuliskan penyakit kulit yang kalian ketahui !
· Untuk membersihkan badan sebaiknya kita.......
2  x 35 Menit
· Buku Penjaskes kls. 1
· Buku Kesehatan

5.2   Mengenal pentingnya imunisasi
Pentingnya Immunisasi
·      Siswa mampu Menjelaskan pengertian dari Immunisasi
·      Menjelaskan manfaat  immunisasi bagi kesehatan

·      Menjelaskan akibat  yang tidak di immunisasi bagi kesehatan

·      Pengertian immunisasi
·      Manfaat immunisasi bagi kesehatan
·      Akibat yang tidak di immunisasi bagi kesehatan
Tes tulisan


Soal-soal

· Immunisasi  adalah .......
· Tuliskan  macam – macam Immunisasi !
· Mengapa kita harus di immunisasi ?
· Apa akibatnya bila kita ttidak di immunisasi ?
· Siapa saja yang harus di immunisasi ?
· Dimana saja tempat untuk di imunisasi ?
· Bagaimana caranya untuk di immunisasi  ?
· Siapa saja petugas yang memberikan suntikan immunisasi ?
· Adakah di tempat kalian POSYANDU ?
· Apa kepanjangan dari POSYANDU ?
2  x 35 Menit
· Buku Penjaskes kls. 1,
· Buku Kesehatan

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.






No comments :

Post a Comment