SILABUS
PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 1
SEMESTER 1
Nama Sekolah :
................................................................................................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 1. Mempraktikkan gerak dasar ke
dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari
dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
Gerak dasar lokomotor
|
Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor
|
·
Melakukan gerakan berjalan
dengan berbagai arah dan langkah
·
Berjalan dengan kaki bagian
depan dan belakang
·
Melakukan gerakan berlari
keberbagai arah
·
Melakukan gerakan lari
bervariasi
·
Melakukan gerakan melompat ke
berbagai arah
· Melakukan variasi gerakan melompat
|
Test
(Individu)
|
Test
ketrampilan
|
·
Praktekkan gerakan berjalan dengan
berbagai arah dan langkah
·
Bagaimana cara berjalan dengan kaki bagian depan dan
belakang
· Praktekkan gerakan berlari keberbagai arah
· Praktekkan gerakan lari
bervariasi
·
Praktekkan gerakan melompat ke berbagai arah
· Praktekkan variasi gerakan
melompat
|
2 x 35 Menit
|
·
Buku Penjaskes kls. 1
·
Diktat permainan bola kecil
·Pluit
|
1.2. Mempraktik-kan gerak dasar memutar,
mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
Gerak dasar non lokomotor
|
· Siswa dapat melakukan
gerak dasar non lokomotor
|
·
Melakukan gerakan memutar badan
·
Melakukan gerakan melompat tali perorangan atau kelompok
·
Melakukan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk
permainan
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan gerakan memutar badan
·
Praktekkan gerakan melompat tali perorangan atau
kelompok
·
Praktekkan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk
permainan
|
2 x 35 Menit
|
·
Buku Penjaskes kls. 1
·
Diktat permainan bola kecil
·Pluit
|
1.3 Mempraktik-kan gerak dasar lempar tangkap
dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
Gerak dasar manipulatif
Permainan
|
Siswa dapat melakukan gerak dasar non lokomotor
|
·
Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah
berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba
·
Melakukan gerakan variasi melempar bola dengan
perorangan atau kelompok
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan gerakan menangkap bola dari
berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba
·
Praktekkan gerakan variasi melempar
bola dengan perorangan atau kelompok
|
2 x 35 Menit
|
§ Buku Penjaskes kls. 1
§ Diktat permainan bola kecil
§ Pluit
§ Keranjang
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai
posisi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1
Mendemonstra-sikan sikap tubuh dalam posisi berdiri
|
Anatomi tubuh
|
Siswa dapat Membiasakan badan selalu tegap
|
·
Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
·
Berdiri
dalam keadaan istirahat
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap
berdiri tegak
·
Melakukan gerakan berdiri Berdiri dalam keadaan istirahat
|
2 x 35 Menit
|
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Anatomi tubuh
|
2
.2 Mendemons-trasikan sikap tubuh
dalam posisi berjalan
|
Anatomi tubuh
|
Siswa dapat Membiasakan badan selalu tegap
|
·
Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap tubuh sambil
berjalan tegak
·
Melakukan gerakan berjalan ke samping
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap
tubuh sambil berjalan tegak
·
Praktekkan gerakan berjalan ke samping
|
2 x 35 Menit
|
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Anatomi tubuh
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 3 Mempraktikkan
senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3..1
Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai
percaya diri dan disiplin
|
Mekanika berdiri, berjalan
|
·
Melakukan
variasi gerakan keseimbangan statis / tidak bergerak
·
Melakukan
gerakan sikap berdiri dengan satu kaki, kaki di
luruskan ke depan, kaki ditekuk , di
depan atau kebelakang
·
Melakukan
gerakan sikap duduk membentuk huruf V
|
·
Melakukan variasi gerakan keseimbangan statis/diam di
tempat
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan variasi gerakan keseimbangan statis/diam di
tempat
|
2 x 35 Menit
|
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
|
3..2 Mempraktik-kan gerak keseimbangan dinamis
tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
Keseimbangan dinamis
|
·
Siswa mampu melakukan latihan keseimbangan
·
Melatih percaya diri
|
·
Melakukan variasi gerakan keseimbangan dengan dinamis/ bergerak
·
Melakukan
gerakan berguling
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan variasi gerakan keseimbangan dengan dinamis/ bergerak
·
Praktekkan gerakan berguling
|
2 x 35 Menit
|
·Buku Penjaskes kls. 1,
·Pluit
·Matras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 4. Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Memprakti-kkan gerak bebas berirama tanpa
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
Elemen ritmik sederhana
|
Siswa mampu menirukan gerakan yang dilihat
|
·
Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan variasi gerakan menirukan gerakan binatang dan
gerakan pohon di tiup angin
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 1,
·
Pluit
|
4.2
Mempraktik-kan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai
disiplin dan kerjasama
|
· Elemen ritmik dasar
|
· Melakukan kombinasi gerak langkah kaki
dan tangan berirama dengan menggunakan irama musik atau lagu
· Melakukan latihan gerakan
senam dengan kelompok
|
· Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon
di tiup angin
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan-/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkan variasi gerakan menirukan
gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
|
2
x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 1
· Pluit
· Diktat
· Casete
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : I
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 5. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1
Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
|
· Kebersihan pribadi
|
· Siswa mampu Menjelaskan pengertian dari
kebersihan pribadi
· Menjelaskan manfaat dari kebersihan pribadi bagi kesehatan
· Menjelaskan cara menjaga kebersihan kuku
dan kulit
· Menjelaskan akibat dari kuku dan kulit kotor
|
· Pengertian arti kebersihan pribadi
· Mengenal alat kebersihan pribadi
· Manfaat kebersihan pribadi
· Cara menjaga kebersihan kuku dan kulit
· Akibat kuku dan kulit yang kotor
|
Tes tulisan
|
Soal-soal
|
· Kebersihan pribadi adalah .......
· Tuliskan dua macam alat kebersihan
pribadi !
· Supaya kulit kita bersih dan sehat maka
kita harus ....
· Apa akibatnya bila kuku kita kotor ?
· Kulit berguna untuk.....
· Kebersihan pangkal .....
· Bahan untuk menggosok gigi adalah ...
· Kuku yang panjang sebaiknya .....
· Tuliskan penyakit kulit yang kalian
ketahui !
· Untuk membersihkan badan sebaiknya
kita.......
|
2
x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 1
· Buku Kesehatan
|
5.2 Mengenal pentingnya imunisasi
|
Pentingnya Immunisasi
|
·
Siswa
mampu Menjelaskan pengertian dari Immunisasi
·
Menjelaskan manfaat immunisasi bagi kesehatan
· Menjelaskan akibat yang tidak di immunisasi bagi kesehatan |
·
Pengertian immunisasi
·
Manfaat immunisasi bagi
kesehatan
· Akibat yang tidak di immunisasi bagi kesehatan
|
Tes tulisan
|
Soal-soal
|
· Immunisasi adalah .......
· Tuliskan
macam – macam Immunisasi !
· Mengapa kita harus di immunisasi ?
· Apa akibatnya bila kita ttidak di
immunisasi ?
· Siapa saja yang harus di immunisasi ?
· Dimana saja tempat untuk di imunisasi ?
· Bagaimana caranya untuk di
immunisasi ?
· Siapa saja petugas
yang memberikan suntikan immunisasi ?
· Adakah di tempat kalian POSYANDU ?
· Apa kepanjangan dari
POSYANDU ?
|
2 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 1,
· Buku Kesehatan
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment