Thursday 18 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 3 SEMESTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 3 SEMESTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : I ( satu )
Standar Kompetensi          : 1.          Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1        Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
A. Latihan Jalan
1.1.1     Melakukan gerakan jalan di tempat
1.1.2     Melakukan jalan  dengan permainan mengajak teman
1.1.3.  Melakuakan jalan dengan berteman
1.1.4.  Melakukan jalan di atas balok datar


-    jalan ditempat
-    permainan mengajak teman
-    berjalan bergandengan tangan
-    berjalan di atas balok

Tes
pemberian tugas (kelompok)
Tes
praktik
-    Lakukan jalan ditempat dengan benar
-    Lakukan jalan sambil berteman dengan benar
-    Lakukanlah berjalan di atas balok
9x35 menit
3 pertm
Buku Penjasorkes Kls. 3
Halaman: 2 dan  5

B. Latihan Lari

1.1.5     Melakukan lari estafet
1.1.6     Melakukan lari sambil mendorong balon dengan koran


-    berlari melingkar
-    berlari dengan balon

Tes
pemberian tugas (perorangan)

Tes
 praktik

-    Lakukan lari estafet dengan regumu
-    Lakukan lari  dengan mendorong balon menempuh jarak 10 meter

Buku Penjasorkes kls 3
Halaman : 6 dan 7
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.2        Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan, dan kerja sama
C. Mengayun lengan
1.2.1     Melakukan gerakan mengayun ke dua lengan


-    Permainan bandul jam
Tes pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-    Lakukanlah mengayun kedua tangan dari depan melingkar ke belakang
-    Lakukanlah mengayun kedua tangan ke samping kanan dan kiri
6x35 menit
2 pertm
Buku Penjasorkes kls. 3

Halaman: 8

D. Membungkuk
1.2.2     Melakukan gerakan membungkuk permainan bola beranting
1.2.3   Melakukan  membungkuk sambil bernyanyi
-    Bola beranting / terowongan
-    Bernyanyi Kepala, pundak, lutut, kaki
Tes
pemberian tugas (beregu)
Tes
praktik
-    Lakukanalah membungkukkan badan lalu gelindingkan bola ke teman yang berdiri dibelakangmu
-    secara beregu nyanyia “ kepala, pundak, lutut kaki

Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 9


Buku Penjasorkes kls. 3. Erlanga
Halaman: 10
1.3.Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dg koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama
E.  Permainan bola
1.2.7     Melakukan gerakan lempar tangkap bola

-          melempar dan menangkap dari arah samping
Tes
pemberian tugas
Tes
praktik
-    Lakukanlah lempar tangkap bola dari arah samping dengan jarak 3mt
6 x 35 meneit
2 pertm
Buku Penjasorkes kls.3
Halaman: 11
1.2.8     Melakukan menendang bola dan menahan bola

-    menendang bola plastik dengan kaki kanan / kiri
-    menahan bola plastik dengan kaki kanan / kiri
Tes
pemberian tugas
Tes
praktik
-    Lakukanlah gerakan menendang dan benahan bola dengan benar.
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 12
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Uji Kompetensi / evaluasi SK.1







Buku Penjasorkes kelas 3
halaman : 13 - 14






SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : I ( satu )
Standar Kompetensi          : 2.Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1        Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
A.  Latihan
      kekuatan
2.1.1  Melakukan gerakan jalan kepiting



-    sikap awal
-     Pelaksanaan
-     sikap akhir
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-    Lakukanlah gerakan menirukan jalan kepiting menempuh jarak 5 meter
9 x 35 menit
3 pertm
Buku Penjasorkes kls.3




2.1.2  Praktik menirukan jalannya gajah

2.1.3.  Melakuakan menggendong teman yang seimbang
-    berjalan merangkak


-    menggendong teman
      Sepadan. 
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
Pemberian tugas
Tes
praktik


tes
praktek
-    Tirukan jalan seperti jalannya gajah


-    Lakukanlah latihan menggendong teman yang sepadan / seimbang



* Melatih otot bahu  
   dengan alat

2.1.4     Mempraktikkan tarik tambang
-    Gerakan tarik tambang
Tes pemberian tugas (beregu)
Tes
praktik
-    Pratikkanlah lomba tarik tambang dengan regumu




2.1.5.  Melakukan Gerobak dorong




2.1.6  Melakukan gerakan menggantung ditongkat yang dipegang dua temannya

-    bobak dorong berpasangan




-    Gerakan menggantung ditongkat
Tes
Pemberian tugas



Tes
pemberian tugas (beregu)
Tes
praktik
-    Lakukanlah permainan gobak dorong berpasangan dengan benar

-    Lakukan gerakan menggantung ditongkat yang dipegang teman


2.2        Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
B.  Bentuk-bentuk                         latihan untuk meningkatkan daya tahan
2.2.1  Melakukan kegiatan jalan dan lari yang dikombinasikan sesuai perintah guru
-    Gerakan jalan dan lari
Tes
pemberian tugas (kelompok)
Tes
praktik
-    Lakukan jalan dan berlari sesuai aba- aba yang diisyaratkan
6 x 35 menit

2 pertm
Buku Penjasorkes kls 3   halaman : 20

2.2.2  Melakukan gerakan lari dari pos A ke pos B memindahkan tongkat

2.2.3. Melakuakan Permainan mancarai tempat tinggal


2.2.4. Melakukan Permainan   
          Merebut Benteng
-    Gerakan memindahkan tongkat

-    Mencari tempat
     tinggal


-    Permaina Benteng
Tes
pemberian tugas (kelompok)

tes
Pemberian tugas


Tes
Pemberian tugas
Tes
praktik


Tes
Praktek


Tes
praktek
-    Lakukan cepat-cepat lari dari pos A ke pos B dengan memindahkan tongkat
-    Lakukanalah Pemainan mencari tempat tinggal dengan kelompokmu.

-    Lakukanalah dengan berpasangan permainan benteng
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 21

Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 22

Buku Penjasorkes kls. 3

Halaman: 23
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )




Uji Kompetensi / Evaluasi







Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 24













SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : I ( satu )
Standar Kompetensi          : 3. Mempraktikkan gerakan senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
A. Latihan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar
3.1.1.  Melakukan gerakan berdiri satu kaki ditekuk sila

3.1.2.  Melakukan gerakan berdiri dengan kaki kiri lurus ke belakang bergantian


3.1.3     Melakukan gerakan berdiri satu kaki lurus ke depan


-    keseimbangan bertumpu pada kaki kiri ( bergantian )

-    keseimbangan variasi belakang





-    Gerak dasar keseimbangan


Pemberian tugas (perorangan)


Pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik


Tes
praktik







Tes praktik
-    Lakukanlah gerakan kaki tekuk bersila bergantian, masing – masing 5 detik

-    Lakukanlah gerakan keseimbangan dengan variasi belakang dengan benar !

-    Lakukan gerakan mengangkat satu  kaki

6 x 35 menit

2 pertm
Buku Penjasorkes kls. 3 halaman :  26

Buku Penjasorkes kls. 3.




Buku Penjasorkes kls. 3.




3.1.4     Melakukan gerakan sikap kapal terbang
-    Gerak dasar keseimbangan
Pemberian tugas (perorangan)
Tes praktik
-    Lakukan gerakan sikap kapal terbang

Buku Penjasorkes kls. 3.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.2.        Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangka-san dasar, serta nilai keselama-tan, disiplin dan keberanian
B. Gerak kombi-nasi senam ketangkasan
3.2.1     Melakukan loncat tegak
-    Gerak senam ketangkasan tanpa alat
Tes pemberian tugas (perorangan)
Tes praktik
-          Lakukan loncat  tegak
6 x 35 menit

2 pertem
Buku Penjasorkes kls. 3.


3.2.2     Melakukan loncat kangkang
-    Gerak senam ketangkasan tanpa alat

Tes pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-          Lakukan gerakan loncat kangkang
Buku Penjasorkes kls.3


3.2.3     Melakukan gerakan loncat jongkok dari peti

-    Gerak senam ketangkasan dengan alat
Tes pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-          Lakukan loncat jongkok dari atas peti dengan benar
Buku Penjasorkes kls. 3.
Halaman: 29
3.3.4.  Melakukan gerakan meroda
-    Gerakan meroda tanpa awalan
Tes pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-          Lakukan gerakan meroda dengan benar
Buku Penjasorkes kls.3.
Halaman: 29
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )




Uji Kompetensi / Evaluasi








Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 30








SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : I ( satu )
Standar Kompetensi          : 4. Mempraktikkan gerak dasar melalui aktifitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1        Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun dan menekuk lutut dalam aktivi-tas ritmik seder-hana tanpa musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
A. Langkah berirama

Gerak dasar mengayun dalam gerak dasar ritmik sederhana tanpa alat
4.1.1     Melakukan gerakan mengayun langkah jalan

4.1.2     Melakukan gerakan mengayun langkah lari

-    Gerak mengayun langkah jalan

-    Gerak mengayun langkah lari
Tes
pemberian tugas (perorangan)

Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik


Tes
praktik
-    Lakukan gerakan mengayun langkah jalan

-    Lakukan gerakan mengayun langkah lari
3 x 35 menit

1 pertem
Buku Penjasorkes Kls.3. Hal : 32

Buku Penjasorkes kls.3
Hal: 32


4.1.3     Melakukan gerakan gabungan mengayun langkah jalan dan lari
-    Gerak gabungan
Tes pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-    Lakukan gerakan gabungan mengayun langkah jalan dan lari
Buku Penjasorkes kls.3
erlagga hal: 33
B. Gerak dasar menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederha-na tanpa alat
4.1.4     Melakukan gerakan menekuk lutut kanan dan kiri ke belakang
-    Gerak menekuk lutut kanan dan kiri ke belakang
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-    lakukan gerakan menekuk lutut kanan dan kiri ke belakang
Buku Penjasorkes kls.3
hal: 34
4.1.5     Melakukan gerakan menekuk lutut kanan dan kiri ke depan bergantian
-    Gerak menekuk lutut kanan dan kiri ke depan bergantian
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-    Lakukan gerakan menekuk lutut kanan dan kiri ke depan bergantian
Buku Penjasorkes kls.3

Hal: 34
4.1.6     Melakukan gerakan rangkaian mengayun dan menekuk lutut
-    Gerak rangkaian mengayun dan menekuk lutut
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-    Lakukan gerakan rangkaian mengayun dan menekuk lutut
Buku Penjasorkes kls.3   halaman : 35 - 36
4.2        Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun dan menekuk lutut dalam aktivi-tas ritmik seder-hana beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama

Uji Kompetensi / Evaluasi
SK. 4
C. Gerak dasar mengayun dan menekuk lutut beregu
4.2.1     Melakukan gerak langkah jalan dan langlah lari secara beregu
-    Gerak langkah jalan dan lari beregu
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes
praktik
-          Lakukan gerakan langkah jalan dan  lari beregu







6 x 35 menit

2 pertem
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 37






Buku Penjasorkes kl.3

Halaman: 38
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


-           




SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : …………………………..
Kelas                                     : 3 ( tiga )
Mapel                                    : Penjasorkes
Semester                               : I ( satu )
Standar Kompetensi          : 5. Menerapkan budaya hidup sehat


Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1        Menjaga kebersihan pakaian










5.2. Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat
A. Menjaga kebersihan pakaian
5.1.1  Guru menjelaskan tentang kegunaan atau fungsi pakaian di dalam kehidupan sehari-hari

-    Kegunaan pakaian
Tes tertulis
Tes tertulis
-    Jelaskan kegunaan pakaian
3 x 35 menit
1 pertem
Buku Penjasorkes kls. 3. halaman : 40
5.1.2  Guru menjelaskan tentang cara menjaga kebersihan pakaian

-    Menjaga kebersihan pakaian
Tes tertulis
Tes tertulis
-    Sebutkan beberapa cara menjaga kebersihan pakaian
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 41
5.1.3     Menyesuaiakan pakaian dalam kegiatan
-          Penyesuaian berpakaian
Tes
pemberian tugas (perorangan)
Tes tertulis
-          Praktikkan cara menggosok pakaian
Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 40
B. Tidur dan istirahat
5.1.4.  Melakukan rutinitas tudur dengan baik dan teratur
-    tidur sesuai kesehatan
tes
Tes tertulis
-    Lakukanlah tidur dengan teratur.
3 x 35 menit
1 pertem
Buku Penjasorkes kls. 3

Halaman: 41 - 42
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Uji kompetensi / Evaluasi
SK. 5







Buku Penjasorkes kls.3

Halaman: 42, 43, 44


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.


No comments :

Post a Comment