SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 4 SEMESTER 2
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi :
6 mempraktikan gerak dasar ke dalam permaianan bola kecil dan olahraga dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiata pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Peilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Memepraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang
bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai-nilai kerjasama regu, sportifitas,dan kejujuran
|
a.
Kasti
Lanjutan
1. melempar
bola :
- Melempar
bola melam
bung
-
melempar
bola menda
tar atau lurus
-
melempar
bola rendah
2. Menangkap
bola :
- menangkap
bola datar
- menangkap
bola meleng
kung
- mengangkap
bola menyu
sur tanah
-
menangkap
bola datar
. Memukul
bola
- pukulan
melambung
- pukulan
mendatar
-
pukulan
menysur
|
· melakukan macam- macam cara melempar bola kecil :
- Melambung
- mendatar
- Rendah
-
menggelundung/
menggelinding
· Melakukan macam- macam cara menngkap bola kecil :
- melambung
- mendatar
- rendah
-
menggelinding/
menyusur
· Melakukan bermacam-macam pukulan
- Pukulan
mendatar
- Pukulan
melambung
- Pukulan
rendah
· Melakukan bermain kasti
|
· Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan
· Melemparkan bola dengan berbagai variasi
arah dan kecepatan
· Menangkap bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
· Memukul objek yang
dilambumgkan/dilemparkan dari berbagai arah dan jarak
· Berlari dengan berbagai variasi arah dan
kecepatan
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
· Mematuhi peraturan permainan dan kerjasama
regu serta menjungjung tinggi sportifitas
|
- Tes
praktek
Ketrampilan
|
Tugas
Pengama-
tan
|
· Lakukan
cara melempar melambung !
· Lakukan cara melempar bola mendatar
· Lakukan cara melempar bola rendah !
· Lakukan cara menangkap bola melambung
· Lakukan cara melakukan menangkap
bola mendatar
· Lakukan cara menangkap bola rendah !
· - Lakukan cara memukul pukulan bola mendatar !
· - Lakukan cara memukul pukulan bola
melambung
· - Lakukan cara melakukan pukulan bola
rendah
|
10 X 35
menit
(5Xpert)
|
· Buku Penjaskes/cd
· Diktat permainan bola kecil
· Lapangan
· Pemukul kipers
· Bola kipers
· Tiang hinggap
· Scoring board/keset
· Pluit
· Kapur line/tali
|
6.2 Mempraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang
bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjama regu, sportifitas dan kejujuran
|
b. Bola voli
mini
1. Bentuk
dan ukuran lapangan bola voli mini
2. Tehnik
dasar permainan bola voli mini
- passing
bawah
-passing
atas
- servis
bawah
3. Bermain
bola voli mini
|
· Membuat gambar lapangan bola voli mini
sesuai dengan ukurannya
· Melakukan tehnik dasar bola voli :
- passing
bawah
- passing
atas
· Melakukan servis bawah
· Melakukan bermain bola voli mini
|
· Melambung-lambungkan bola voli dengan dua
tangan
· Melakukan gerakan passing bawah
· Melakukan gerakan passing atas.
· Melakukan
gerakan servis bawah / atas
· Melakukan passing atas dan bawah
berpasangan
· Melakukan passing atas dan bawah
berkelompok
· Melakukan permainan bola voli dengan
peraturan yang dimodifikasi
· Mengembangkan kerjasama tim dalam
permainan bola voli
|
-Tes praktek
ketrampilan
|
-Tugas
-
Pengama-
tan
|
· - Lakukan mengambar bola voli mini sesuai ukurangnnya
· -Lakukanlah passing bawah berpasangan
dengan temanmu !
· - Lakukan passing atas berpasangang
dengan temanmu !
· - Lakukan bermain voli sesuai dengan regu
yang kamu pilih !
|
10X 35
menit
(4Xpert)
|
· Buku Penjaskes/cd
· Diktat permainan bola kecil
· Lapangan
· Pemukul kipers
· Bola kipers
· Tiang hinggap
· Scoring board/keset
· Pluit
· Kapur line/tali
|
6.3 Mempraktikan gerak dasar atletik yang
dimodifikasi lompat, loncat dan lempar dengan memperhatikan nilai-nilai
pantang menyerah, sportifitas, percaya diri dan kejujuran
|
c. Lompat
jauh latih
an pendukung :
- melompat
tanpa awalan
- meraih
bola yang digantung
- melompat
dengan awalan
- lompat
jauh gaya jongkok
- lapangan
lompat jauh
|
· Melakukan
lompat tanpa awalan
· Melakukan melompat meraih bola yang digantung
· Melakukan lompat jauh gaya jongkok
· Melakukan lompat jauh gaya jongkok
· Menggambar lapangan lompat jauh
|
· Melakukan gerak lompat dengan dua kaki
dan satu kaki dengan control dan gaya yang konsisten
· Melakukan loncat mencapai sasaran
tertentu dengan gaya yang konsisten
· Melakukan gerakan loncat tanpa awalan
· Melakukan gerakan loncat dengan awalan
· Mengkombinasikan gerakan loncat dengan
awalan berjalan/berlari tanpa /dengan alat
· Melakukan gerakan loncat tinggi
dengan awalan dan alat sederhana
|
-Tes praktek
ketrampilan
|
- Tugas
- Pengama
tan
|
· - Lakukan lompat tanpa awalan sesuai
nomor urut !
· - Lakukan lompat dengan meraih benda yang digantung
· secara urut absen !
· -Lakukan lompat jauh gaya jongkok bergantian !
|
4X 35
menit
(2xPert)
|
· Buku Penjaskes/cd
· Diktat permainan bola kecil
· Lapangan
· Pemukul kipers
· Bola kipers
· Tiang hinggap
· Scoring board/keset
· Pluit
· Kapur line/tali
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
...........................
Bidang studi :
Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun :
II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 7
Mempraktekan latihan kebugaran yang lebih komplek untuk meningkatkan
ketrampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Mempraktikan aktifitas dan permainan untuk
melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak
meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
a. Latihan daya
tahan dan kekuatan
1. Lompat
tali
- lompat
tali beregu
- lompat
tali perorangan
2. push up
3. permainan
hitam dan hijau
4. lompat
bangku
|
· Melakukan lompat tali beregu dan
perorangan
· Melakukan pus up
· Melakukan permainan hitam hijau
· Melakukan permainan lompat bangku
|
· Melakukan gerakan lari dengan mengoperkan
benda
· Melakukan gerakan lompat katak dengan
control yang baik
· Melakukan gerakan lari bolak balik
· Melakukan
kombinasi gerakan berlari , mengangkat , meloncat dan melompat
|
* Tes
Praktek
|
* Tes
Ketrampilan
* Tugas
*
Pengama-
tan
|
· Lakukan lompat tali secara perpasangan
dan perorangansesuai kemampuan anda !
· Lakukan pus up masing- masing orang
melakukan 10 kali !
|
2 X 35
menit
(2Xpert )
|
· Buku Penjaskes/cd
· Diktat atletik
· Lapangan
· Arena lompat tinggi
· Pluit
· Kapur line/tali
|
7.2 Mempraktikan aktivitas dan permainan untuk
melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak yang
meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
b. Latihan kelentuk
an
- kelentukan
otot leher
-kelentukan
otot punggung
- kelentukan
otot perut
|
· Melakukan gerakan kelentukan otot leher
· Melakukan gerakan
kelentukan otot punggung
· Melakukan kelentukan otot perut
|
· Melakukan gerakan sit up dengan control
yang baik
· Melakukan gerakan back-up dengan control
yang baik
· Melakukan gerakan mencium lutut dengan
control yang baik
· Melakukan gerakan membungkukkan badan
dengan control yang baik
· Melakukan gerakan meliukkan tubuh dengan
control yang baik
|
* Tes
Praktek
|
* Tes
Ketrampilan
*Tugas
* Pengama-
tan
|
· Lakukan permainan hitam hijau secara
kelompok !
· Lakuknan permainan lompat bangku secara
bergiliran !
· Lakukan
gerakam : spli, merenggut, kayang, lompat curam
|
2X 35
menit
(1Xpert )
|
· Buku Penjaskes/cd
· Diktat atletik
· Lapangan
· Arena lompat tinggi
· Pluit
· Kapur line/tali
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi: 8 Mempraktikan senam
lantai dengan ompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nlai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pelajaran
|
Kegiatan Pengajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Mempraktikan senam lantai tanpa menggunakan alat
dengan koordinator yang baik, serta nilai kerjasama dan estetika
|
a. Senam lantai
t anpa alat
1. Peregangan :
- otot lengan
- otot leher
- otot
pinggang
-otot kaki
- otot perut
dan
punggung
2. Membukuk
sambil berjalan
3. Sikap
lilin
4. Lari
menggen
dong teman
|
· Melakukan
peregangan :
-otot lengan
- otot
pinggang
-otot kaki
- oto perut dan punggung
· Melakukan gerakan membungkuk sambil
berjalan
· Melakukan
sikap lilin
· Melakukan gerakan lari menggendong teman
|
· Melakukan gerakan memutar tubuh saat
melompat / meloncat dengan tingkat koordinasi yang baik
· Melakukan gerakan berguling ke depan
dengan control yang baik
· Melakukan gerakan berguling ke belakang
dengan control yang baik
· Melakukan rangkaian gerakan senam lantai
dengan sederhan
|
* Tes
Praktek
|
* Tes
Ketrampilan
* Tugas
*Pengamatan
|
· Lakukan gerakan peregangan pada :
a. otot
lengan
b. otot kaki
c. otot
perut dan punggung
· Lakukan gerakan membungkuk sambil jalan !
· Lakukan gerakan sikap lilin dengan
sempurna
!
|
2 X 35
menit
(1Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Diktat senam
· Matras
· Alat rintangan/ peti lompat
· Lapangan
· Pluit
|
8.2 Mempraktekan senam ketangkasan dengan
menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan
kerjasama
|
b. Senam lantai
dengan alat
1. Gerakan
berguling :
- berguling
ke depan
- berguling
ke belakang
2. pull up
3. lompat
tali
4. lompat
kangkang melewati peti lompat
5. menerobos
melewati rinangan
6. merayap
melewati rintangan
7. push up
bola lewat
|
· Melakukan
guling depan
· Melakukan
guling belakang
· Melakukan gerakan pull up
· Melakukan
perm-ai nan lompat tali
berpasangan
· Melakukan lompat kangkang dengan peti
· Melakukan permainan menerobos melewati rintangan
· Melakukan
permainan merayap melewati rintangan
· Melakukan perma- inan pus up bola lewat
|
· Lompat kangkang melewati teman/ peti
· Merangkak /merayap dengan rintangan
· Meliukkan badan dengan menggunakan simpai
|
* Tes
Praktek
|
* Tes
Ketrampilan
* Tugas
*Pengamatan
|
· Lakukan gerakan pullup sesuai kemampuan
anda !
· Lakukan lompat tali berpasangan !
· Lakukan lompat kangkang melewai peti
lompat
· Lakukan permainan menerobos melewati
rintangan
· Lakukan permainan pus up bola lewat
|
2 X 35
menit
(1Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Diktat senam
· Matras
· Alat rintangan/ peti lompat
· Hulahup
· Lapangan
· Pluit
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
( .....................................................
)
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
................................................... )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 9
Mempraktikan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa dan dengan
menggunakan musik, serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1
Mempraktikan
ketrampilan
gerak ritmik
tersetruktur
|
a. Senam
Irama I :
- Latihan1
Mengayun
kedua lengan ke samping
Latihan 2
Mengayun dan
memutar leng
An
|
9.1.1
Melakukan gerakan :
- Mengayun
kedua lengan
ke samping
- Mengayun
dan memutar
lengan
|
· Melakukan satu pola gerak senam irama
dengan tepat dan control yang baik
· Mengontrol gerak dalam berbagai
bentuk,arah,ukuran dan kecepatan secara berkelanjutan
· Memperbaiki kesalahan gerak berirama
· Melakukan senam kesegaran jasmani
berkelompok
|
Tes
Praktek
|
Tes :
-
Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
|
- Lakukan
Senam Irama I
|
6 X 35
menit
(2Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Diktat senam
· Tape
· Casete
· Aula
· Pluit
|
9.2 Memperbaiki
kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur Secara beregu
menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetikasena
|
b. Senam
Irama II
-
Latihan/cara melakukan gerakannya
|
9.2.1
Latihan / cara melakukan gerakannya
|
· Melakukan senam kesegaran jasmani
berkelompok
· Memperbaiki kesalahan gerak berirama
· Memperagakan senam kesegaran jasmani
berkelompok
|
Tes
Praktek
|
Tes :
-
Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
|
-Lakukan Senam Irama II
|
2 X 35
menit
(1Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Diktat senam
· Tape
· Casete
· Aula
· Pluit
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
( ..............................................
)
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 10. Mempraktikan gerak dasar reang gaya bebas
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1 Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakan
tungkai menggerakan lengan serta nilai kebersihan
|
Renang gaya bebas
1. gerak
dasar meluncur :
- latihan
meluncur
- latihan
meluncur
ditarik teman
2. Latihan
gerakan
kaki
3. Latihan
gerakan
lengan
4. Cara
bernapas
|
10.1.1 Melakukan latihan gerakan meluncur
10.1.2
Melakukan latihan gerakan
tungkai renang gaya bebas
10.1.3.Melakukan latihan gerakan lengan renang gaya bebas
10.4.1 Menyebutkan etika di kolam renang
|
· Memperagakan gerak meluncur renang gaya
bebas
· Melakukan gerakan tungkai dalam meluncur
· Melakukan gerakan lengan dalam meluncur
|
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
|
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
|
-
Lakukan gerakan meluncur secara berkelompok !
- Lakukan
gerakan meluncur ditarik teman bergan
tian !
- Lakukan
gerakan tung
kai renang
gaya bebas
|
2 X 35
menit
(1Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Diktat renang
· Kolam
· pelampung
· Pluit
|
10.2
Mempraktikan cara bernapas renang gaya bebas
|
b. Latihan koordinasi
|
10.2.1 Melakukan gerakan cara bernapas renang gaya
bebas
|
· Memperagan cara pengambilan napas renang
gaya bebas
· Mengkombinasikan gerakan tekhnik
penganmbilan napas antara kaki dan tangan
|
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
|
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
|
- Lakukan
gerakan lengan
renang gaya
bebas !
-Lakukan
gerakan koordinasi antara kaki, lengan
dan napas re-
nang gaya
bebas !
|
2 x 35 menit
|
· Buku Penjaskes
· Diktat renang
· Kolam
· pelampung
· Pluit
|
10.3Mengkombinasikan renang gerakan lengan dan
tungkai renang gaya bebs
|
c. Keselamatan di air
- Etika di
kolam
renang
- Menjaga
kebersihan
|
10.3.1 Melakukan gerakan kombinas
gerakan kaki, lengan napas
renang gaya bebas
|
· Melakukan gerak kaki renang gaya bebas
· Memperagakan ayunan/tarikan lengan gaya
bebas
· Melakukan koordinasi gerak kaki dan
lengan renang gaya bebas
· Berenang gaya bebas lebih dari 10 meter
· Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki –
tarikan lengan dan pernapasan
· Menerapkan etika yang baik di kolam renang
|
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
|
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
|
- Sebutkan
urut-urutan belajar renang ga-
ya bebas
- Kombinasi
gerakan kaki, tungkai,lengan dan bernapas
reang gaya
bebas
|
2 x 35 menit
|
· Buku Penjaskes
· Diktat renang
· Kolam
· pelampung
· Pluit
|
10.4 Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air
|
· Renang
· Water trapen/ mengambang di air
· Menjaga keselamatan di air
|
10.4.2 Menyebutkan tidakan cara menjaga kebersihan di kolam renang
|
· Memperagakan dasar dasar keselamatan di
air
· Melakukan gerakan water trapen/
mengambang di air
|
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
|
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
|
-Sebutkan be
berapa etika
dalam kolam renang
- Jelaskan
bagaimanan cara menjaga keersihan kolam renang
|
2 x 35 menit
|
· Buku Penjaskes
· Diktat renang
· Kolam
· pelampung
· Pluit
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi :
11 Mempraktikan kegiatan berkemah dilingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1Mempraktekan berbagai ketrampilan yang sesuai
untuk kegiatan perkemahan, serta nilai kerjasama , tanggunjawab disiplin,
dan mengikuti aturan
|
a.
Perkemahan
|
· Melakukan persiapan-persiapan yang
diperlukan dalam berkemah
|
· Membuat perencanaan dalam kegiatan
· Membagi tugas dalam kelompok
· Membawa perbekalan
· Mendirikan kemah
· Memakai pakaian yang sesuai
· Melakukan kegiatan membuat api unggun
dan memadamkannya
|
Tes
-Praktek
- Tulis
|
Tes
-Ketrampilan
-Tugas
-Pengamatan
1. |
· Lakukan persiapan-persiapan dalam mengikuti kegiatan perkemahan
· Buatalah denah kegiatan dalam perkemahan
|
2 X 35
menit
(1Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Tenda
· Tanda jejak
· Pengalaman
|
11.2 Memprakti-kan aktivitas jasmani yang berisi
tantangan dalam perkemahan
|
b. Kegiatan dalam perkemahan :
- api
unggun
- mencari
jejak
-lomba
enggran
-lomba
tarik tambang
|
· Melakukan kegiatan api unggung
· Melakukan kegaiatan mencari jejak
· Melakukan lomba enggran.
· Melakukan lomba tarik tambang
|
· Melakukan kegiatan mencari jejak / wide
games
· Melakukan kerjasama dalam perjalanan
|
Tes
Praktek
|
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-
Pengama –
tan
|
· Lakukan kegiatan –kegiatan dalam api
unggun !
· Lakukan kegiatan mencari jejak sesuai
regunya !
· Lakukan kegiatan lomba enggran sebagai perwakilan regumu
· Lakukan kegiatan lomba tarik tambang
secara beregu
|
2X 35 menit
( 1 X pert )
|
· Buku Penjaskes
· Tenda
· Tanda jejak
· Pengalaman
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : II / 20..-20..
Standart Kompetensi : 12 Menerapakan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1 Menjaga beberapa upaya dalam menjaga kebersihan
lingkungan
|
a.
Kebersihan lingkungan
- kebersihan
rumah
- kebersihan
sekolah
|
· Cara menjaga kebersihan rumah
· Cara menjaga kebersihan sekolah
|
· Menyebutkan alat-alat kebersihan
· Mempraktekkan cara penggunaan alat
kebersihan
· Membuang sampah pada tempatnya
|
Tes :
-Tulis
- Lesan
|
-Soal
-Pengamatan
|
· Sebutkan bagaimana cara menjaga
kebersihan rumah agar tetap sehat !
· Jelaskan kebersihan sekolah menjadi
tanggung Jawab...
· Penyakit malaria disebabkan oleh nyamuk
...
|
2 X 35
menit
(1Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Tenda
· Tanda jejak
· Pngalaman
·
|
12.2 Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber
penularan penyakit
|
b. Menghindari
penyakit me
nular
- penyakit
malaria
-penyakit
demam berdarah
- flu burung
- penyakit
diare
( mencret )
- kencing
tikus
( leptospirosis )
|
· Menjelaskan cara menjaga kebersihan
lingkungan sebagai sumber bibit penyakit
|
· Menyebutkan jenis hewan yang menularkan
penyakit
· Menyebutkan tempat tempat sumber penyakit
· Menyebutkan cara membersihkan tempat yang
dapat menularkan penyakit
· Menyebutkan cara membasmi tempat sumber
penularan penyakit
|
Tes :
-Tulis
- Lesan
|
-Soal
-Pengamatan
|
· Sebutkan apa saja gejala penyakit malaria
· Jelaskan bagaimana penularan penyakit
malaria !
· Sebukan gejala-gejala demam berdarah !
· Sebutkan bagaimana cara penularan penyakit demam berdarah !
· Sebutkan gejala penyakit diare !
· Jelaskan
Bagaimana cara pencegahan pe-nyakit diare
|
2 X 35
menit
(1Xpert)
|
· Buku Penjaskes
· Tenda
· Tanda jejak
· Pengalaman
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment