Friday 19 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 4 SEMESTER 2

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 4 SEMESTER 2


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                     :  IV
Semester/ tahun                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi        : 6 mempraktikan gerak dasar ke dalam permaianan bola kecil dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiata pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Peilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Memepraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai-nilai kerjasama regu, sportifitas,dan kejujuran

















a.  Kasti 
     Lanjutan
1.  melempar     
      bola :
- Melempar  
   bola melam
   bung
- melempar 
   bola menda
   tar atau lurus
- melempar 
   bola rendah
2. Menangkap
    bola :
- menangkap
  bola datar
- menangkap
   bola meleng
   kung
- mengangkap
   bola menyu
   sur tanah
- menangkap 
   bola datar
. Memukul bola
- pukulan
   melambung
- pukulan
  mendatar
- pukulan  
  menysur

·   melakukan macam- macam cara     melempar bola  kecil :
- Melambung
- mendatar
- Rendah
- menggelundung/
   menggelinding
·   Melakukan macam-       macam cara menngkap       bola kecil :
- melambung
- mendatar
- rendah
- menggelinding/ 
   menyusur
·   Melakukan     bermacam-macam     pukulan
- Pukulan mendatar
- Pukulan melambung
- Pukulan rendah
·   Melakukan bermain      kasti

·   Melambungkan bola  dengan berbagai arah dan kecepatan
·   Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Menangkap bola  dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Memukul objek yang dilambumgkan/dilemparkan dari berbagai arah dan jarak
·   Berlari dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
·    Mematuhi peraturan permainan dan kerjasama regu serta menjungjung tinggi sportifitas
- Tes praktek
Ketrampilan
























Tugas
Pengama-
tan

























·   Lakukan  cara melempar melambung !
·   Lakukan cara melempar bola mendatar
·   Lakukan cara melempar bola rendah !
·   Lakukan cara menangkap bola melambung
·   Lakukan cara melakukan menangkap bola  mendatar
·   Lakukan cara menangkap bola rendah !
·   - Lakukan cara memukul pukulan  bola mendatar !
·   - Lakukan cara memukul pukulan bola melambung
·   - Lakukan cara melakukan pukulan bola rendah

10 X 35
menit
(5Xpert)























·   Buku Penjaskes/cd
·   Diktat permainan bola kecil
·   Lapangan
·   Pemukul kipers
·   Bola kipers
·   Tiang hinggap
·   Scoring board/keset
·   Pluit
·   Kapur line/tali

6.2 Mempraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjama regu, sportifitas dan kejujuran

b. Bola voli
     mini
1. Bentuk dan ukuran lapangan bola voli mini
2. Tehnik dasar permainan bola voli mini
- passing bawah
-passing atas
- servis bawah
3. Bermain bola voli mini

·   Membuat gambar lapangan bola voli mini sesuai dengan ukurannya
·   Melakukan tehnik dasar bola voli :
- passing bawah
- passing atas
·   Melakukan servis  bawah
·   Melakukan bermain          bola voli mini

·   Melambung-lambungkan bola voli dengan dua tangan
·   Melakukan gerakan passing bawah
·   Melakukan gerakan passing atas.
·   Melakukan  gerakan servis bawah / atas
·   Melakukan passing atas dan bawah berpasangan
·   Melakukan passing atas dan bawah berkelompok
·   Melakukan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Mengembangkan kerjasama tim dalam permainan bola voli
-Tes praktek
ketrampilan

-Tugas
- Pengama-
  tan

·   - Lakukan mengambar bola voli mini  sesuai ukurangnnya
·   -Lakukanlah passing bawah berpasangan dengan temanmu !
·   - Lakukan passing atas berpasangang dengan temanmu !
·   - Lakukan bermain voli sesuai dengan regu yang kamu pilih !

10X 35
menit
(4Xpert)

·   Buku Penjaskes/cd
·   Diktat permainan bola kecil
·   Lapangan
·   Pemukul kipers
·   Bola kipers
·   Tiang hinggap
·   Scoring board/keset
·   Pluit
·   Kapur line/tali

6.3 Mempraktikan gerak dasar atletik yang dimodifikasi lompat, loncat dan lempar dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri dan kejujuran

c. Lompat
     jauh latih
     an pendukung :
- melompat tanpa awalan
- meraih bola yang digantung
- melompat dengan awalan
- lompat jauh gaya jongkok
- lapangan lompat jauh
·   Melakukan  lompat             tanpa awalan
·   Melakukan melompat          meraih bola yang         digantung
·   Melakukan lompat         jauh gaya jongkok
·   Melakukan lompat        jauh gaya jongkok
·   Menggambar lapangan lompat jauh
·   Melakukan gerak lompat dengan dua kaki dan satu kaki dengan control dan gaya yang konsisten
·   Melakukan loncat mencapai sasaran tertentu dengan gaya yang konsisten
·   Melakukan gerakan loncat tanpa awalan
·   Melakukan gerakan loncat dengan awalan
·   Mengkombinasikan gerakan loncat dengan awalan berjalan/berlari tanpa /dengan alat
·   Melakukan gerakan loncat tinggi dengan  awalan dan alat sederhana
-Tes praktek
ketrampilan

- Tugas
- Pengama
   tan
·   - Lakukan lompat tanpa awalan sesuai nomor urut !
·   - Lakukan lompat  dengan meraih benda yang digantung
·    secara urut absen !
·   -Lakukan lompat jauh  gaya jongkok  bergantian !
4X 35
menit
(2xPert)

·   Buku Penjaskes/cd
·   Diktat permainan bola kecil
·   Lapangan
·   Pemukul kipers
·   Bola kipers
·   Tiang hinggap
·   Scoring board/keset
·   Pluit
·   Kapur line/tali

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                                                                                                                               
                                                                                                                               

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                 :  ...........................
Bidang studi                                    :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                                 :  IV
Semester/ tahun                              :  II / 20..-20..
Standart Kompetensi                    :  7 Mempraktekan latihan kebugaran yang lebih komplek untuk meningkatkan ketrampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan  pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mempraktikan aktifitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran


a. Latihan daya 
     tahan dan kekuatan
1. Lompat tali
- lompat tali  beregu
- lompat tali perorangan
2. push up
3. permainan hitam dan hijau
4. lompat bangku


·   Melakukan lompat tali beregu dan perorangan
·   Melakukan pus up
·   Melakukan permainan  hitam hijau
·   Melakukan permainan lompat bangku




·   Melakukan gerakan lari dengan mengoperkan benda
·   Melakukan gerakan lompat katak dengan control yang baik
·   Melakukan gerakan lari bolak balik
·   Melakukan  kombinasi gerakan berlari , mengangkat , meloncat dan melompat
* Tes
Praktek










* Tes
Ketrampilan
* Tugas
* Pengama- 
   tan









·   Lakukan lompat tali secara perpasangan dan perorangansesuai kemampuan anda !
·   Lakukan pus up masing- masing orang melakukan 10 kali !



2 X 35
menit
(2Xpert )











·   Buku Penjaskes/cd
·   Diktat atletik
·   Lapangan
·   Arena lompat tinggi
·   Pluit
·   Kapur line/tali

7.2 Mempraktikan aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
b. Latihan kelentuk
    an
- kelentukan otot leher
-kelentukan otot punggung
- kelentukan otot perut

·   Melakukan gerakan kelentukan otot leher
·   Melakukan   gerakan  kelentukan otot punggung
·   Melakukan kelentukan otot perut

·   Melakukan gerakan sit up dengan control yang baik
·   Melakukan gerakan back-up dengan control yang baik
·   Melakukan gerakan mencium lutut dengan control yang baik
·   Melakukan gerakan membungkukkan badan dengan control yang baik
·    Melakukan gerakan meliukkan tubuh dengan control yang baik
* Tes
Praktek

* Tes
Ketrampilan
*Tugas
* Pengama-
 tan

·   Lakukan permainan hitam hijau secara kelompok !
·   Lakuknan permainan lompat bangku secara bergiliran !
·   Lakukan  gerakam : spli, merenggut, kayang, lompat curam

2X 35
menit
(1Xpert )
·   Buku Penjaskes/cd
·   Diktat atletik
·   Lapangan
·   Arena lompat tinggi
·   Pluit
·   Kapur line/tali

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                     :  IV
Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..
Standart Kompetensi: 8 Mempraktikan senam lantai dengan ompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nlai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pelajaran
Kegiatan Pengajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Mempraktikan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinator yang baik, serta nilai kerjasama dan estetika











a. Senam lantai
     t anpa alat
1.  Peregangan :
 - otot lengan
- otot leher
- otot pinggang
-otot kaki
- otot perut dan
    punggung
2. Membukuk sambil berjalan
3. Sikap lilin
4. Lari menggen
    dong teman



·   Melakukan  peregangan  :
-otot lengan
- otot pinggang
-otot kaki
- oto perut dan punggung
·   Melakukan gerakan membungkuk sambil berjalan
·   Melakukan  sikap lilin
·   Melakukan gerakan lari menggendong teman


   
·   Melakukan gerakan memutar tubuh saat melompat / meloncat dengan tingkat koordinasi yang baik
·   Melakukan gerakan berguling ke depan dengan control yang baik
·   Melakukan gerakan berguling ke belakang dengan control yang baik
·    Melakukan rangkaian gerakan senam lantai dengan sederhan
* Tes
Praktek














* Tes
Ketrampilan
* Tugas
*Pengamatan













·   Lakukan gerakan peregangan pada :
a. otot lengan
b. otot kaki
c. otot perut dan punggung
·   Lakukan gerakan membungkuk sambil jalan !
·   Lakukan gerakan sikap lilin dengan sempurna
!
2 X 35
menit
(1Xpert)














·   Buku Penjaskes
·   Diktat senam
·   Matras
·   Alat rintangan/ peti lompat
·   Lapangan
·   Pluit

8.2 Mempraktekan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerjasama
b. Senam lantai   
     dengan alat
1. Gerakan berguling :
- berguling ke depan
- berguling ke  belakang
2. pull up
3. lompat tali
4. lompat kangkang melewati peti lompat
5. menerobos melewati rinangan
6. merayap melewati rintangan
7. push up bola lewat

·   Melakukan  guling depan
·    Melakukan   guling  belakang
·   Melakukan          gerakan pull up
·   Melakukan  perm-ai nan lompat tali        berpasangan
·   Melakukan lompat     kangkang dengan peti      
·   Melakukan      permainan menerobos       melewati rintangan
·   Melakukan  permainan merayap melewati rintangan
·   Melakukan perma-     inan pus up bola lewat
·   Lompat kangkang melewati teman/ peti
·   Merangkak /merayap dengan rintangan
·    Meliukkan badan dengan menggunakan simpai

* Tes
Praktek

* Tes
Ketrampilan
* Tugas
*Pengamatan
·   Lakukan gerakan pullup sesuai kemampuan anda !
·   Lakukan lompat tali berpasangan !
·   Lakukan lompat kangkang melewai peti lompat
·   Lakukan permainan menerobos melewati rintangan
·   Lakukan permainan pus up bola lewat
2 X 35
menit
(1Xpert)
·   Buku Penjaskes
·   Diktat senam
·   Matras
·   Alat rintangan/ peti lompat
·   Hulahup
·   Lapangan
·   Pluit

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )



Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( ..................................................... )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ................................................... )
       NIP/NIK.



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                     :  ...........................
Bidang studi                                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                                     :  IV
Semester/ tahun                                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi                        :  9 Mempraktikan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang  terkandung   di  dalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Mempraktikan
     ketrampilan 
     gerak ritmik 
     tersetruktur







a. Senam
    Irama I :
- Latihan1
Mengayun kedua lengan ke samping
Latihan 2
Mengayun dan memutar leng
An



9.1.1 Melakukan gerakan :
- Mengayun kedua lengan
  ke samping
- Mengayun dan memutar  
  lengan


         




·   Melakukan satu pola gerak senam irama dengan tepat dan control yang baik
·   Mengontrol gerak dalam berbagai bentuk,arah,ukuran dan kecepatan secara berkelanjutan
·   Memperbaiki kesalahan gerak berirama
·    Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok

Tes
Praktek
Tes :
- Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan

- Lakukan
Senam  Irama I








6 X 35
menit
(2Xpert)







·   Buku Penjaskes
·   Diktat senam
·   Tape
·   Casete
·   Aula
·   Pluit
9.2 Memperbaiki  kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur Secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetikasena
b. Senam
     Irama II
- Latihan/cara melakukan gerakannya

9.2.1 Latihan / cara melakukan gerakannya

·   Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok
·   Memperbaiki kesalahan gerak berirama
·   Memperagakan senam kesegaran jasmani berkelompok

Tes
Praktek
Tes :
- Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan

-Lakukan  Senam Irama II

2 X 35
menit
(1Xpert)


·   Buku Penjaskes
·   Diktat senam
·   Tape
·   Casete
·   Aula
·   Pluit
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.





SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                     :  ...........................
Bidang studi                                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                                     :  IV
Semester/ tahun                                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi                        :  10. Mempraktikan gerak dasar reang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1 Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakan tungkai menggerakan lengan serta nilai kebersihan









 Renang gaya bebas
1. gerak dasar meluncur :
- latihan meluncur
- latihan meluncur
   ditarik teman
2. Latihan gerakan
    kaki
3. Latihan gerakan 
    lengan
4. Cara bernapas




10.1.1 Melakukan latihan  gerakan meluncur
10.1.2  Melakukan latihan  gerakan tungkai   renang gaya bebas
 10.1.3.Melakukan latihan  gerakan lengan renang gaya bebas
10.4.1 Menyebutkan etika di kolam renang

·   Memperagakan gerak meluncur renang gaya bebas
·   Melakukan gerakan tungkai dalam meluncur
·    Melakukan gerakan lengan dalam meluncur

Tes
-Praktek
- Tes
tulis
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
- Lakukan  gerakan  meluncur secara berkelompok !
- Lakukan gerakan  meluncur ditarik teman bergan
tian !
- Lakukan gerakan tung
kai renang gaya bebas

2 X 35
menit

(1Xpert)
·   Buku Penjaskes
·   Diktat renang
·   Kolam
·   pelampung
·   Pluit
10.2    Mempraktikan cara bernapas renang gaya bebas

b. Latihan koordinasi

10.2.1 Melakukan gerakan cara bernapas renang gaya bebas

·   Memperagan cara pengambilan napas renang gaya bebas
·   Mengkombinasikan gerakan tekhnik penganmbilan napas antara kaki dan tangan
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
- Lakukan gerakan lengan
renang gaya bebas !
-Lakukan gerakan koordinasi  antara kaki, lengan dan napas re-
nang gaya bebas !

2 x 35 menit
·   Buku Penjaskes
·   Diktat renang
·   Kolam
·   pelampung
·   Pluit
10.3Mengkombinasikan renang gerakan lengan dan tungkai renang gaya bebs

c. Keselamatan di air
- Etika di kolam 
   renang
- Menjaga kebersihan

10.3.1 Melakukan gerakan  kombinas  gerakan  kaki, lengan  napas   renang gaya bebas

·   Melakukan gerak kaki renang gaya bebas
·   Memperagakan ayunan/tarikan lengan gaya bebas
·   Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya bebas
·   Berenang gaya bebas lebih dari 10 meter
·   Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki – tarikan lengan dan pernapasan
·    Menerapkan etika yang baik di kolam renang

Tes
-Praktek
- Tes
tulis
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
- Sebutkan urut-urutan belajar renang ga-
ya bebas
- Kombinasi gerakan  kaki,  tungkai,lengan dan  bernapas
reang gaya bebas

2 x 35 menit
·   Buku Penjaskes
·   Diktat renang
·   Kolam
·   pelampung
·   Pluit
10.4 Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air
·   Renang
·   Water trapen/ mengambang di air
·   Menjaga keselamatan di air

10.4.2 Menyebutkan tidakan  cara menjaga kebersihan di kolam renang

·   Memperagakan dasar dasar keselamatan di air
·   Melakukan gerakan water trapen/ mengambang di air
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
-Sebutkan be
berapa etika dalam kolam renang
- Jelaskan bagaimanan cara menjaga keersihan kolam renang
2 x 35 menit
·   Buku Penjaskes
·   Diktat renang
·   Kolam
·   pelampung
·   Pluit
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                     :  ...........................
Bidang studi                                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                                     :  IV
Semester/ tahun                                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi                        : 11 Mempraktikan kegiatan berkemah dilingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1Mempraktekan berbagai ketrampilan yang sesuai untuk kegiatan perkemahan, serta nilai kerjasama , tanggunjawab disiplin, dan mengikuti aturan

a.  Perkemahan











·   Melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan  dalam berkemah






·   Membuat perencanaan dalam kegiatan
·   Membagi tugas dalam kelompok
·   Membawa perbekalan
·   Mendirikan kemah
·   Memakai pakaian yang sesuai
·   Melakukan kegiatan membuat api unggun dan memadamkannya

Tes
-Praktek
- Tulis










Tes
-Ketrampilan
-Tugas
-Pengamatan






1.     


·   Lakukan persiapan-persiapan  dalam mengikuti kegiatan perkemahan
·   Buatalah denah kegiatan dalam perkemahan

2 X 35
menit
(1Xpert)







·   Buku Penjaskes
·   Tenda
·   Tanda jejak
·   Pengalaman

11.2 Memprakti-kan aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan

b. Kegiatan  dalam perkemahan :
- api unggun
- mencari jejak
-lomba enggran
-lomba tarik tambang

·   Melakukan  kegiatan api unggung
·   Melakukan   kegaiatan mencari jejak
·   Melakukan lomba  enggran. 
·   Melakukan lomba tarik tambang      
·   Melakukan kegiatan mencari jejak / wide games
·   Melakukan kerjasama dalam perjalanan
Tes
Praktek

Tes
-Ketrampilan
- Tugas
- Pengama –
   tan
·   Lakukan kegiatan –kegiatan dalam api unggun !
·   Lakukan kegiatan mencari jejak sesuai regunya !
·   Lakukan kegiatan lomba enggran  sebagai perwakilan regumu
·   Lakukan kegiatan lomba tarik tambang secara beregu
2X 35 menit
( 1 X pert )
·   Buku Penjaskes
·   Tenda
·   Tanda jejak
·   Pengalaman

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                     :  ...........................
Bidang studi                                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                                     :  IV
Semester/ tahun                                  :   II / 20..-20..
Standart Kompetensi                        :  12 Menerapakan budaya hidup sehat

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1 Menjaga beberapa upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan


a.  Kebersihan lingkungan
- kebersihan rumah
- kebersihan sekolah

·   Cara menjaga kebersihan rumah
·   Cara menjaga kebersihan sekolah

·   Menyebutkan alat-alat kebersihan
·   Mempraktekkan cara penggunaan alat kebersihan
·   Membuang sampah pada tempatnya

Tes :
-Tulis
- Lesan
-Soal
-Pengamatan
·   Sebutkan bagaimana cara menjaga kebersihan rumah agar tetap sehat !
·   Jelaskan kebersihan sekolah menjadi tanggung Jawab...
·   Penyakit malaria disebabkan oleh nyamuk ...

2 X 35
menit
 (1Xpert)
·   Buku Penjaskes
·   Tenda
·   Tanda jejak
·   Pngalaman
·    
12.2 Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit
b. Menghindari 
     penyakit  me
     nular
- penyakit malaria
-penyakit demam berdarah
- flu burung
- penyakit diare
( mencret )
- kencing tikus
 ( leptospirosis )

·   Menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan sebagai sumber bibit penyakit

·   Menyebutkan jenis hewan yang menularkan penyakit
·   Menyebutkan tempat tempat sumber penyakit
·   Menyebutkan cara membersihkan tempat yang dapat menularkan penyakit
·   Menyebutkan cara membasmi tempat sumber penularan penyakit

Tes :
-Tulis
- Lesan
-Soal
-Pengamatan
·   Sebutkan apa saja gejala  penyakit malaria
·   Jelaskan bagaimana penularan penyakit malaria !
·   Sebukan gejala-gejala demam berdarah !
·   Sebutkan bagaimana  cara penularan penyakit demam berdarah !
·   Sebutkan gejala penyakit diare !
·   Jelaskan  Bagaimana cara pencegahan pe-nyakit diare

2 X 35
menit
 (1Xpert)
·   Buku Penjaskes
·   Tenda
·   Tanda jejak
·   Pengalaman

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


No comments :

Post a Comment