Thursday 18 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 5 SEMESTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 5 SEMESTER 1


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : ...........................                                                                                                                                  
Kelas                                     : V
Mata Pelajaran                  : Penjasorkes
Semester                               : I
Standar Kompetensi          : 1.      Mempraktikan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang  terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
 Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1. Mempraktikan variasi gerak dasar ke dalam modi-fikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sepor-tivitas dan kejujuran.











 




a.      Permainan Rounders
-         Melambungkan bola
-         Melempar bola
-         Menangkap bola
-         Memukul bola
-         Berlari
b.      Bermain rounders dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi

·   Mengenal aturan umum permainan Rounders .
·   Melakukan gerakan bertukar tem- pat dalam permainan Rounders.
·   Melakukan cara mematikan regu pemukul.
·   Melakukan ketentuan memukul
·   1Melakukan cara melempar bola
 -Lempar bola lambung
-Lempar bola mendatar
-Lempar bola menyusur  tanah
·   Melakukan tangkapan bola         
-Menangkap bola melambung
-Menangkap bola mendatar
-Menangkap bola menyus- uri tanah
-Menghindarkan sentuhan bola
·   Melakukan gerakan:
·   Melambungkan bola
·   Melempar bola
·   Menangkap bola
·   Berlari

Test lesan
Test perorangan
Test beregu




















Test lesan

Test praktik

Demonstrasi




















Dengarkanlah

Praktikkanlah memukul bola







8 x 35 menit (4 x pertemuan)

·   Buku Penjasorkes SD
·   Buku referensi bermain rounders

1.2  Mempraktikkan variasi gerak dasar kedalam modifikasi bola besar, serta nilai kerjasama, seportivitas dan kejujuran

a.      Bermain Sepak bola
-         Mengoper dan menerima
-         Mengoper dan mengontrol
b.      Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi

·   Mengetahui ukuran lapangan sepak bola
·   Melakukan tendangan dengan kura-kura kaki
·   Melakukan tendangan kaki bagian dalam
·   Melakukan bentuk menggiring bola
·   Melakukan bentuk mengirim bola
·   Melakukan cara menembak bola kearah gawang

·   Melakukan gerakan:
·   Mengoper dan menerima
·   Mengoper dan mengontrol
·   Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi

Test pengamatan

Test praktik

Praktikkanlah melempar bola

Praktikkanlah menagkap bola dengan benar

8 x 35 menit (4 x pertemuan)

·   Buku Penjasorkes SD
·   Buku referensi bermain rounders

1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai semangat, seportivitas, percaya diri dan kejujuran

Atletik
-          Start
-          Saat berlari
-          Finish

·   Melakukan aba-aba dalam start
·   Melakukan aba-aba”bersedia”
·   Melakukan aba-aba”siap”
·   Melakukan aba-aba”ya”
·   Melakukan sikap yang benar pada saat lari
·   Melakukan sikap lari pada waktu memasuki garis finish
·   Melakukan gerakan:
·   Start
·   Saat berlari
·   Finish

Test pengamatan
dan test praktik

Test ketrampilan
Test praktik
Test demostrasi

Praktikkan tendangan bola dan lakukan menggiring bola maupun menembak bola

Lakukanlah start lari dan finish

8 x 35 menit (4 x pertemuan)

·   Buku Penjasorkes SD
·   Buku referensi bermain rounders

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


Standar Kompetensi          : 2.      Mempraktikan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
                                                           
Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
 Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Mempraktikan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian atas,serta nilai kerja keras disiplin, kerjasama, dan kejujuran.


a.       Kebugaran
-          Push up
-          Shit up

·   Melakukan peregangan otot leher
·   Melakukan peregangan bagian tubuh
·   Melakukan peregangan tungkai kaki dan punggung
·   Melakukan senam dasar dan bentuk permainan kecil

·   Melakukan gerakan:
- Push up
- Shit up

Test perorangan









Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi


Praktikkan peregangan otot
Lakukanlah senam dasar





8 x 35 menit (4 x pertemuan)

·   Buku teks,
·   Buku referensi
·   Tim Abdi Guru
·   Kebugaran (Jasmani)

2.2 Mempraktikan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat serta nilai kerja keras, disiplin,kerjasama dan kejujuran

a.      Kebugaran
Lari cepat
Lari bolak-alik
·   Melakukan latihan untuk kekuatan otot bahu
-Gerakan push up
-Gerakan mendorong
-Gerakan saling menarik    berpasangan
-Gerakan gerobak dorong
·   Melakukan latihan kekuatan otot dada
-Gerakan back up
-Gerakan mengayung          sambil meliukan        badan
·   melakukan latihan untuk meningkatkan daya tahan
·    Gerakan lari dengan          tempo
-Gerakan lompat tali
-Gerakan naik turun tangga
-Gerakan memanjat tali   atau tiang
·   Melakukan gerakan:
Lari cepat
Lari bolak-balik

Test perorangan

Test ketrampilan

Test praktik

Test demonstrasi

Lakukanlah kekuatan bahu

Lakukanlah kekuatan otot dada

Lakukanlah daya tahan

8 x 35 menit
(4 x pertemuan)

·   Buku teks,
·   Buku referensi
·   Tim Abdi Guru
·   Kebugaran (Jasmani)

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


Standar Kompetensi          : 3.      Mempraktikan berbagai bentuk senam ketangksan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                                           
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Mempraktikan latihan peregangan dan pelemasan yang benar sebelum aktivitas senam, serta nilai percaya diri dan disiplin.




Senam












·   Melakukan peregangan sebelum senam
·   Melakukan peregangan statis
      -Latihan leher
      -Latihan tungkai dan  punggung
      -Latihan tungkai dan  punggung dengan kaki melebar
·   Melakukan latihan peregangan dinamis

·   Melakukan gerakan:
- Pola gerak peregangan
Test perorangan






Test praktik

Test ketrampilan

Test demonstrasi

Praktikkan peregangan

Lakukanlah senam dasar








8 x 35 menit
(4 x pertemuan)

·   Buku teks,
·   Buku referensi
·   Tim Abdi Guru
·   Kebugaran (Jasmani)

3.2 Mempraktikan bentu senam ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai-nilai percaya diri dan disiplin

a.    Senam Ketangkasan

·   Melakukan split di udara
·   Melakukan gerakan berputar 180˚ di udara
·   Melakukan gerakan berputar 180˚ dan dilanjutkan rol ke depan
·   Melakukan lari,loncat,dan berputar di udara lalu mendarat dan dilanjutkan rol ke depan dan rol ke belakang
·   Melakukan rol depan, loncat, dan berputar rol ke belakang
·   Melakukan handspring dertumpu pada peti lompat
·   Melakukan loncat kangkang di atas peti

·   Pola gerak bertumpu dengan dua tanga
·   Pola gerak bertumpu kepala dan kedua tangan

Test perorangan

Test praktik

Test ketrampilan



Test demonstrasi

Lakukanlah split di udara

Lakukanlah berputar 180˚

Lakukanlah rol depan dan rol belakang

Lakukanlah handspring dan locat kangkang
8 x 35 menit
(4 x pertemuan)

·   Buku teks,
·   Buku referensi
·   Tim Abdi Guru
·   Kebugaran (Jasmani)

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.



·   Standar Kompetensi      : 4.          Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
                                                           
Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1 Mempraktikan pola jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin



























-    Langkah kaki
-   Ayunan tangan
-   Jalan langkah































4.1 Mengerti gerak ritmik
4.2 Melakukan gerakan ditempat berpasangan
      -Duduk berdiri berpasangan
      -Kaki berkait
4.3 Melakukan rangkaian aktivitas ritmik gerak senam irama
4.4 Melakukan gerak ritmik dengan menggunakan musik
      -Kombinasi gerak melangkah kedepan
       kesamping kebelakang disesuaikan
       dengan musik diikuti ayunan tangan
      -Fariasi jalan langkah empat
4.5 Melakukan gerak ritmik tangan dan langkah kaki
      -Fariasi ayunan tangan dan langkah kaki
      -Berjalan belok-belok dengan tangan di
        atas pundak sambil bernyanyi
·   Senam irama

Test pengamatan


























Test praktik

Test ketrampilan

Test demonstrasi






















Praktikkan gerak ritmik

Lakukanlah senam ritmik























4 x 35 menit (2 x pertemuan)
·   Buku Teks
·   Buku referensi
·   Tim Abdi Guru
·   Senam irama

4.2 Mempraktikan kombinasi pola gerak jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin

Ritmik Kombinasi

4.1 Mengenal pengertian aktivitas ritmik
4.2 Melakukan gerakan berjalan, lari dan lompat
4.3 Melakukan latihan jalan, lari dan lompat
      -Latihan kombinasi jalan, lari dan lompat
      -Latihan jungkit berantai

·   Jalan
·   Ayunan
·   Langkah

Test pengamatan
Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi

Praktikanlah berjalan, lari, dan lompat
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
·   Buku Teks
·   Buku referensi
·   Tim Abdi Guru
·   Senam irama

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.



Standar Kompetensi          : 5.      Menerapkan budaya hidup sehat.
                                                           
Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat reproduksi
















5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual





Hidup Sehat



















Reproduksi






·   Mengerti fungsi reproduksi
·   Menjaga alat dan fungsi reproduksi pada pria
·   Menjaga alat dan fungsi reproduksi pada wanita
·   Mengetahui perubahan-perubahan alat reproduksi
·   Mengetahui dan mengenal alat reproduksi
·   Mengetahui alat reproduksi tubuh laki-laki
·   Mengetahui alat reproduksi tubuh perempuan


·   Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual
·   Mengerti berbagai bentuk pelecehan seksual
·   Memahami berbagai bentuk pelecehan seksual

·   Alat reproduksi
·   Cara menjaga kebersihan alat reproduksi

















·   Pelecehan Seksual
·   Menjaga diri dari pelecehan seksual

Test tertulis
Test pengamatan
















Test tertulis
Test pengamatan


Test lesan
Test pemberian tugas
Test praktik














Test lesan
Test pemberian tugas
Test praktik



Dengarkanlah reproduksi

















Dengarkanlah

4 x 35 menit (2 x pertemuan)
















4 x 35 menit (2 x pertemuan)
·   Buku Teks
·   Buku referensi kesehatan
·   Tim Abdi Guru















·   Buku Teks
·   Buku referensi kesehatan
·   Tim Abdi Guru


v  Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


No comments :

Post a Comment