SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...........................
Kelas :
V
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Semester :
I
Standar
Kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai variasi gerak dasar
ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Mempraktikan variasi gerak dasar ke
dalam modi-fikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sepor-tivitas
dan kejujuran.
|
a. Permainan Rounders
-
Melambungkan
bola
-
Melempar
bola
-
Menangkap
bola
-
Memukul
bola
-
Berlari
b. Bermain rounders dengan peraturan yang
sederhana atau dimodifikasi
|
· Mengenal aturan umum permainan Rounders .
· Melakukan gerakan bertukar tem- pat dalam
permainan Rounders.
· Melakukan cara mematikan regu pemukul.
· Melakukan ketentuan memukul
· 1Melakukan cara melempar bola
-Lempar bola
lambung
-Lempar bola mendatar
-Lempar bola menyusur tanah
· Melakukan tangkapan bola
-Menangkap bola melambung
-Menangkap bola mendatar
-Menangkap bola menyus- uri tanah
-Menghindarkan sentuhan bola
|
· Melakukan gerakan:
· Melambungkan bola
· Melempar bola
· Menangkap bola
· Berlari
|
Test lesan
Test perorangan
Test beregu
|
Test lesan
Test praktik
Demonstrasi
|
Dengarkanlah
Praktikkanlah memukul bola
|
8 x 35 menit (4 x pertemuan)
|
· Buku Penjasorkes SD
· Buku referensi bermain rounders
|
1.2
Mempraktikkan variasi gerak dasar kedalam modifikasi bola besar, serta
nilai kerjasama, seportivitas dan kejujuran
|
a. Bermain Sepak bola
-
Mengoper
dan menerima
-
Mengoper
dan mengontrol
b. Bermain sepak bola dengan permainan yang
dimodifikasi
|
· Mengetahui ukuran lapangan sepak bola
· Melakukan tendangan dengan kura-kura kaki
· Melakukan tendangan kaki bagian dalam
· Melakukan bentuk menggiring bola
· Melakukan bentuk mengirim bola
· Melakukan cara menembak bola kearah
gawang
|
· Melakukan gerakan:
· Mengoper dan menerima
· Mengoper dan mengontrol
· Bermain sepak bola dengan permainan yang
dimodifikasi
|
Test pengamatan
|
Test praktik
|
Praktikkanlah melempar bola
Praktikkanlah menagkap bola dengan benar
|
8 x 35 menit (4 x pertemuan)
|
· Buku Penjasorkes SD
· Buku referensi bermain rounders
|
1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam
modifikasi atletik, serta nilai semangat, seportivitas, percaya diri dan
kejujuran
|
Atletik
-
Start
-
Saat
berlari
-
Finish
|
· Melakukan aba-aba dalam start
· Melakukan aba-aba”bersedia”
· Melakukan aba-aba”siap”
· Melakukan aba-aba”ya”
· Melakukan sikap yang benar pada saat lari
· Melakukan sikap lari pada waktu memasuki
garis finish
|
· Melakukan gerakan:
· Start
· Saat berlari
· Finish
|
Test pengamatan
dan test praktik
|
Test ketrampilan
Test praktik
Test demostrasi
|
Praktikkan tendangan bola dan lakukan menggiring
bola maupun menembak bola
Lakukanlah start lari dan finish
|
8 x 35 menit (4 x pertemuan)
|
· Buku Penjasorkes SD
· Buku referensi bermain rounders
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
( ..............................................
)
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mempraktikan aktivitas untuk kekuatan
otot-otot anggota badan bagian atas,serta nilai kerja keras disiplin,
kerjasama, dan kejujuran.
|
a. Kebugaran
-
Push
up
-
Shit
up
|
· Melakukan peregangan otot leher
· Melakukan peregangan bagian tubuh
· Melakukan peregangan tungkai kaki dan
punggung
· Melakukan senam dasar dan bentuk
permainan kecil
|
· Melakukan gerakan:
- Push up
- Shit up
|
Test perorangan
|
Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi
|
Praktikkan peregangan otot
Lakukanlah senam dasar
|
8 x 35 menit (4 x pertemuan)
|
· Buku teks,
· Buku referensi
· Tim Abdi Guru
· Kebugaran (Jasmani)
|
2.2 Mempraktikan aktivitas untuk
kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat serta nilai kerja keras,
disiplin,kerjasama dan kejujuran
|
a. Kebugaran
Lari cepat
Lari bolak-alik
|
· Melakukan latihan untuk kekuatan otot
bahu
-Gerakan push up
-Gerakan mendorong
-Gerakan saling menarik berpasangan
-Gerakan gerobak dorong
· Melakukan latihan kekuatan otot dada
-Gerakan back up
-Gerakan mengayung sambil meliukan badan
· melakukan latihan untuk meningkatkan daya
tahan
· Gerakan lari dengan tempo
-Gerakan lompat tali
-Gerakan naik turun tangga
-Gerakan memanjat tali atau tiang
|
· Melakukan gerakan:
Lari cepat
Lari bolak-balik
|
Test perorangan
|
Test ketrampilan
Test praktik
Test demonstrasi
|
Lakukanlah kekuatan bahu
Lakukanlah kekuatan otot dada
Lakukanlah daya tahan
|
8 x 35 menit
(4 x pertemuan)
|
· Buku teks,
· Buku referensi
· Tim Abdi Guru
· Kebugaran (Jasmani)
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikan
berbagai bentuk senam ketangksan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mempraktikan latihan peregangan dan
pelemasan yang benar sebelum aktivitas senam, serta nilai percaya diri dan
disiplin.
|
Senam
|
· Melakukan peregangan sebelum senam
· Melakukan peregangan statis
-Latihan leher
-Latihan tungkai dan punggung
-Latihan tungkai dan punggung
dengan kaki melebar
· Melakukan latihan peregangan dinamis
|
· Melakukan gerakan:
- Pola
gerak peregangan
|
Test perorangan
|
Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi
|
Praktikkan peregangan
Lakukanlah senam dasar
|
8 x 35 menit
(4 x pertemuan)
|
· Buku teks,
· Buku referensi
· Tim Abdi Guru
· Kebugaran (Jasmani)
|
3.2 Mempraktikan bentu senam ketangkasan
dalam meningkatkan koordinasi dan nilai-nilai percaya diri dan disiplin
|
a. Senam Ketangkasan
|
· Melakukan split di udara
· Melakukan gerakan berputar 180˚ di udara
· Melakukan gerakan berputar 180˚ dan
dilanjutkan rol ke depan
· Melakukan lari,loncat,dan berputar di
udara lalu mendarat dan dilanjutkan rol ke depan dan rol ke belakang
· Melakukan rol depan, loncat, dan berputar
rol ke belakang
· Melakukan handspring dertumpu pada peti
lompat
· Melakukan loncat kangkang di atas peti
|
· Pola gerak bertumpu dengan dua tanga
· Pola gerak bertumpu kepala dan kedua
tangan
|
Test perorangan
|
Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi
|
Lakukanlah split di udara
Lakukanlah berputar 180˚
Lakukanlah rol depan dan rol belakang
Lakukanlah handspring dan locat kangkang
|
8 x 35 menit
(4 x pertemuan)
|
· Buku teks,
· Buku referensi
· Tim Abdi Guru
· Kebugaran (Jasmani)
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
· Standar
Kompetensi : 4. Mempraktikan berbagai gerak dasar
dalam gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Mempraktikan pola jalan, lari, dan
lompat dalam gerak ritmik serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
- Langkah kaki
- Ayunan tangan
- Jalan langkah
|
4.1 Mengerti gerak ritmik
4.2 Melakukan gerakan ditempat
berpasangan
-Duduk berdiri berpasangan
-Kaki berkait
4.3 Melakukan rangkaian aktivitas ritmik
gerak senam irama
4.4 Melakukan gerak ritmik dengan
menggunakan musik
-Kombinasi gerak melangkah kedepan
kesamping kebelakang disesuaikan
dengan musik diikuti ayunan tangan
-Fariasi jalan langkah empat
4.5 Melakukan gerak ritmik tangan dan
langkah kaki
-Fariasi ayunan tangan dan langkah kaki
-Berjalan belok-belok dengan tangan di
atas pundak sambil bernyanyi
|
· Senam irama
|
Test pengamatan
|
Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi
|
Praktikkan gerak ritmik
Lakukanlah senam ritmik
|
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
|
· Buku Teks
· Buku referensi
· Tim Abdi Guru
· Senam irama
|
4.2 Mempraktikan kombinasi pola gerak
jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik serta nilai kerjasama, percaya diri
dan disiplin
|
Ritmik Kombinasi
|
4.1 Mengenal pengertian aktivitas ritmik
4.2 Melakukan gerakan berjalan, lari dan
lompat
4.3 Melakukan latihan jalan, lari dan
lompat
-Latihan kombinasi jalan, lari dan lompat
-Latihan jungkit berantai
|
· Jalan
· Ayunan
· Langkah
|
Test pengamatan
|
Test praktik
Test ketrampilan
Test demonstrasi
|
Praktikanlah berjalan, lari, dan lompat
|
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
|
· Buku Teks
· Buku referensi
· Tim Abdi Guru
· Senam irama
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
Standar Kompetensi : 5. Menerapkan
budaya hidup sehat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat
reproduksi
5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan
seksual
|
Hidup Sehat
Reproduksi
|
· Mengerti fungsi reproduksi
· Menjaga alat dan fungsi reproduksi pada
pria
· Menjaga alat dan fungsi reproduksi pada
wanita
· Mengetahui perubahan-perubahan alat
reproduksi
· Mengetahui dan mengenal alat reproduksi
· Mengetahui alat reproduksi tubuh
laki-laki
· Mengetahui alat reproduksi tubuh
perempuan
· Mengenal berbagai bentuk pelecehan
seksual
· Mengerti berbagai bentuk pelecehan
seksual
· Memahami berbagai bentuk pelecehan
seksual
|
· Alat reproduksi
· Cara menjaga kebersihan alat reproduksi
· Pelecehan Seksual
· Menjaga diri dari pelecehan seksual
|
Test tertulis
Test pengamatan
Test tertulis
Test pengamatan
|
Test lesan
Test pemberian tugas
Test praktik
Test lesan
Test pemberian tugas
Test praktik
|
Dengarkanlah reproduksi
Dengarkanlah
|
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
4 x 35 menit (2 x pertemuan)
|
· Buku Teks
· Buku referensi kesehatan
· Tim Abdi Guru
· Buku Teks
· Buku referensi kesehatan
· Tim Abdi Guru
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment