Thursday 18 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 4 SEMESTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 4 SEMESTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  IV
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  1. Mempraktikan gerak asar permainan sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
belajar
Teknik
Bentuk
instrumen
Contoh
instrumen
1.1Mempraktikan       gerak dasar       dan permain-an  bola  kecil         sederhana       dengan peratu-      ran yang dimo-      difikasi serta      nilai kerjasa-ma sportivitas dan  kejujuran
b. Permainan Bola 
    kecil Tonnis
- pengertian permainan tonnis
- fasilitas dan saranan bermain tonnis
-tehnik dasar bermain tonnis
- cara bermain tonnis
·   Menjeskan pengertian permainan tonnis
·   Menjelaskan fasilitas dan sarana bermain toonis
·   Melakukan tehnik dasar bermain tonnis
·   Melakukan cara bermain permainan tonnis
·   Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan
·   Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Menangkap bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·   Memukul objek yang dilambungkan /dilemparkan dari berbagai arah dan jarak.
·   Menjelaskan peraturan permainan kasti .
·   Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi.
·   Bekerjasama dengan tim, bermain sportifitas
Tes
Tulis dan
praktik
Tes
Soal &
ketram
Pilan
Tes tulis
·   *Menjelas-kan pengertia permainan tonnis
·   Melakukan pukulan porehand  dengan baik
·   Melakukan pukulan backhand  dengan baik
·   melakukan  servis ke   sasaran
10 X 35
menit
( 5 X pert )
·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Matras
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

1.2  Mempraktik-kan gerak dasar atletik  sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin
c. Atletik
- lari angkat paha
-lari tumik ke belakang
-lari tungkai disepakan ke belakang
-lari santai ( joging )
-lari cepat ( sprint )
- Lomba  memindahkan batu
·   Melakukan gerakan  lari mengangkat paha
·   Melakukan lari tumit            kebelakang
·   Melakukakan lari    tungkai  disepakan ke  depan
·    Melakukan lari santai  ( Joging )
·   Melakukan lari cepat  ( Sprint )
·    Lomba memindahan             batu

·   Melakukan gerak an lari ditempat
·   Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan kecepatan
·   Melakukan gerakan lari dengan berbagai jarak
·    Mengatur irama langkah dan pernapasan saat lari

Tes
Praktik
Tes
-ketram
pilan
-Penga-
matan
Tes :
·    Melaku-kan  lari mengangkat paha
·   Melakukan lari tumit ke belakang
·   Melakukan lari tungkai disepakan ke depan
·   Melakukan jalan santai ( joging )
·   Melakukan lari cepat
·   Melakukan lomba me-mindahkan batu
4 X 35
menit
( 2 X pert )
·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Matras
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

1.3 Memprakti-kan  gerak Dasar     permainan      bola besar      dengan       peraturan yang      dimodifikasi,      serta nilai      kerjasama,      sportifitas, dan      kejujuran
d. Sepak bola
* Jumlah pemain dan lama permainan
*Tehnik dasar menendang bola :
-Tendangan dengan kura-kura kaki
- Tendangan kaki bagian dalam
-Tendangan kaki bagian luar
-Menggiring bola
- Mengirim bola
* Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Menjelaskan jumlah           pemain dan lama          permainan
·   Melakukan  gerakan          menendang bola        dengan :
 - Tendangan dengan kurakura kaki
- Tendangan dengan kaki bagian dalam
- Tendangan dengan kaki   bagian luar
-Menggiring bola
-Mengirim bola
·   Melakukan bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi

·   Menendang bola dengan berbagai bagian kaki
·   Menggiring bola dengan control yang baik
·   Melakukan mengoper bola berpasangan/ berkelompok
·   Melakukan  variasi gerakan dasar  : menggiring, mengoper, menendang berpasangan dengan control yang baik.
·   Menjelaskan peraturan permainan sepak bola
·   Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Bermain dengan kerjasama tim ,menjungjung sportifitas
Tes
Praktik
- Tes
Ketram
pilan
- Penga- matan
·   Lakukan menendang bola dengan kura-kura kaki
·   lakukan  menendang bola dengan kaki bagian dalam
·   Lakukan menendang bola dengan kaki bagian luar
·   Lakukan menggiring dang mengirim bola ber pasangan
10 X 35 menit
(4X pert )
·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Matras
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                     :  IV
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   2. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
Komptensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Memprak
     tikan aktivitas 
     permainan 
     sederhana 
     Untuk melatih 
     daya tahan 
     dan kekuatan 
     otot, serta nilai 
     kerja keras 
     dan disiplin
a. Latihan daya
    tahan dan 
     keku atan
- Lari jelajah    
   sekolah
- sit up
- Menirukan
   gerakan anjing
   laut
- Mengangkat
   tubuh
- Kepiting berjalan
- Jongkok berdiri
-Permainan berangkai 4 pos
·   Melakukan lari jelajah           sekolah
·   Melakukan gerakan           sit up
·   Melakukan gerakan           anjing laut
·   Menggantung atau         mengangkat tubuh
·   Melakukan gerakan         kepiting berjalan
·   Melakukan  permai   nan jongkok berdiri
·   Melakukan permainan           berangkai 4 pos
·   Melakukan gerakan
·    berangkai / sirkuit training.
·   Melakukan gerakan lompat tali/skiping.
·   Melakukan gerakan menggendong teman yang seimbang
- Tes praktek
- Penga-
matan
* Tes ketrampilan
* Tugas
·   Lakukanlah lari jelajah sekolahan
·   Lakukanlah sit up 10 x berpasangan
·   Tirukanlah gerakan  anjing laut
·   Lakukan mengangkat tubuh semam-pummu
·   Lakukanlah permainan jongkok berdiri
·   Lakukan permainan  berangkai 4 pos
2 X 35
menit

(1X pert)













·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Matras
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

2.2  Mempraktikan  aktivitaspermainan   untuk melatih  dan koordinasi  serta nilai   kerja keras
b. Latihan
    kelenturan
- Duduk selunjur
- permainan
   timbangan
- Senam jongkok,

·   Melakukan gerakan           duduk terselunjur           berpasangan
·   Melakukan permainan          timbangan
·   Melakukan senam           jongkok 
       
·   Melakukan gerakan latihan kelenturan. Otot-otot besar
·   Melakukan gerakan koordinasi anggota badan bagian atas dengan bawah yang terkontrol
*Tes
praktek dan
Pengamatan
* Tes ketrampilan
* Tugas
·   Lakukan duduk terselunjur berpasangan
·   Lakukan permainan timbangan
·   Lakukan senam jongkok
2 X 35
menit

·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Matras
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                                                                                                                                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.






SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                     :  IV
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   3 Mempraktikan berbagai bentuk senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mempraktik-      an gerak        kombinasi        senam       lantai tanpa alat dengan     memeperhatik-an  faktor       keselamatan,      dan   nilai dissiplin dan       nilai keberanian



a. Senam lantai
     tanpa alat
* Berdiri satu
   kaki
* Meloncat dan
   merubah arah
* Kayang
* Meroda
* Gerobak dorong






·   Melakukan gerakan          berdiri dengan satu kaki
·   Melakukan gerakan            melompat dengan            merubah arah
·   melakukan sikap             kayang
·    melakukan gerakan          meroda
·   melakukan gerobak  dorong

·   Melakukan gerakan berguling ke samping
·   Melakukan gerakan berguling kedepan
·   Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan dan dengan awalan
·   Melakukan kombinasi gerakan  : berjalan , berguling ke depan,dan  meloncat keatas
Tes praktik  dan penga-matan
-Tes ketrampilan
- Tugas














·   Lakukan  gerakan berdiri satu kaki
·   Lakukan  gerakan melompat dengan mengu-   bah arah
·   Lakukanlah gerakan kayang
·   Lakukanlah gerakan meroDa
·   Lakukanlah permainan gerobak dorong berpasangan
6 X 35
menit

( 2x pert)













·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Matras
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

3.2. Mempraktikan
       kombinasi         gerak senam         lantai dengan 
       alat dengan      memperhatian  faktor keselama       tan, dan nilai-      nilai disiplin serta       keberanian
b. Senam lantai      dengan alat
- Lompat kangkang
- Lompat kangkang
- Lompat jongkok
- guling ke depan
- guling ke belakang

·   Melakukan latihan          lompat kangkang          melewati rintangan           teman
·   Melakukan latihan           lompat jongkok           melewati  peti lompat
·   Melakukan  gerakan           guling  ke depan
·   Melakukan  gerakan          guling belakang

·   Melakukan gerakan keseimbangan di atas meja swedia/peti lompat
·   Melakukan gerakan loncat harimau/tiger sprong
Tes praktik  dan penga-matan
-Tes
Ketrampian
- Tugas
·   Lakukan lompat kangngkang melewati rintangan bergantian dengan temanmu !
·   Lakukan lompat jongkok sesuai dengan nomor urut !
·   Lakukan guling depan dan belakang  sesuai nomor urut !
4 X 35
menit

(2X pert)
·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Matras
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

                                                                                                                                                                                                                                                               
                                                               
                                                                                                               
                               



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                     :  IV
Semester/ tahun                  :   I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  4 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilai yang
                                              terkandung di   dalamnya

Kompetensi dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
instrumen
4.1 Mempra-ktikan gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara beregu menggunakan musik serta nilai estetika

a. Gerak ritmik I
- Langkah tunggal
- Empat langkah ke depan da ke belakang
- Empat langkah ke samping
-Gerakan langkah kuda I
- Gerakan langkah kuda II

·   Melakukan gerakan          langkah tunggal
·   Melakukan gerakan          empat langkah ke            depan dan           kebelakang       
·   Melakukan gerakan           langkah empat ke          samping
·   Melakukan gerakan           langkah kuda I
·   Melakukan gerakan           langkah kuda II

·   Melakukan rangkaian senam kesegaran jasmani
·   Melakukan pola gerak senam dengan benar

-Tes
Praktek
- Penga-
  matan
-Tes
Ketrampilan
- Tugas
·   Lakukan langkah tunggal secara bergantian
·   Lakukan langkah kuda I  !
·   Lakukan langkah kuda II  !


6 X 35
menit
(( 3X pert)
·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Diktat
·   Radio
·   Casete
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

4.2 Memprak-tikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai estetika

b. Gerak ritmik II
   secara   beregu
   tanpa menggunakan
  alat
- Mengayun ke dua lengan ke samping
·   Melakukan latihan          gerakan :
       - Latihan 1
       - Latihan 2
      - Latihan 3

·   Melakukan gerakan bebas berirama berkelompok
·   Melakukan gerakan melangkah dan mengayun lengan beregu

- Tes
Pratek
- Penga-
 matan
- Tes
Ktrapilan
- Tugas
·   Lakukan gerakan  :
·   Latihan 1
·   Latihan 2
·   Latihan  4
3X 35
menit
 (1X
pert )
·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Diktat
·   Radio
·   Casete
·   Lapangan
·   Pluit
·   Stop watch

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.






SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas                                     :  IV
Semester/ tahun                  :  I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  5 Menerapkan budaya hidup sehat

Kompentensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menjaga kebersihan rumah dan sekolah











a.  Kebersihan 
      lingkungan
  1. Lingkungan dan 
    kesehatan
2. Kebersihan rumah
3. Kebersihan sekolah







·   Menjelaskan tentang         lingkungan   dan         Kesehatan
·    Menyebutkan syarat- syarat rumah sehat
·   Menjelaskan apa saja         yang perlu dibersihkan           dalam menjaga          kebersihan sekolah
   
·   Merapikan kamar tidur
·   Akibat lingkungan yang tidak sehat, cirri cirinya
·    usaha kesehatan sekolah
·   Melaksnakan menjaga kebersihan di rumah dan di sekolah dalam kehidupan sehari hari
*Tes
Tulis
* Tanya
jawab
*Tugas









- soal / Pengamatan












·   Jelaskan pengertian lingkungan dan kesehatan !
·   Sebutkan syarat-syarat rumah sehat
·   Sebutkan kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab..

2 X 35
menit

(1X pert)











·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Diktat
·   Buku kesehatan

5.2Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
b.  Penanganan
       sampah
1.  Pengertian sampah-sampah
2.  Permasalahan
     sampah
c. Tata cara pemus
    nahan sampah :
- penumpukan
- pengkoposan
- pembakaran
-sanitary landfill

·   mengetahui bahaya          sampah
·   Mengetahui tempat            pembuangan sampah
·   Menjelaskan cara            membuang sampah
·   Menyebutkan nama  alat kebersihan
·   Menyebutkan klasifikasi jenis sampah
·   Menyebutkan akibat membuang sampah sembarangan
·   Manfaat menjaga kebersihan rumah dan sekolah

- Tes
Tulis
- Tes lesan/ tanya jawab
- Tugas
- soal / Pengamatan
·   - Sebukan bahaya sampah yang anda ketahui !
·   - Jelaskan bagaimana membuang sampah yang baik !
·   -Sebutkan tata cara pemusnahan sampah
2 X 35
 menit

(1Xpert )

·   Buku Penjaskes/cd kls. 4
·   Diktat
·   Buku kesehat-an

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                                                                                                                                                               

Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
       NIP/NIK.


No comments :

Post a Comment