SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 1. Mempraktikan gerak asar permainan
sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
instrumen
|
||||||
1.1Mempraktikan
gerak dasar dan
permain-an bola kecil sederhana dengan peratu- ran yang dimo- difikasi serta nilai kerjasa-ma sportivitas dan kejujuran
|
b. Permainan Bola
kecil Tonnis
- pengertian permainan tonnis
- fasilitas dan saranan bermain tonnis
-tehnik dasar bermain tonnis
- cara bermain tonnis
|
· Menjeskan pengertian permainan tonnis
· Menjelaskan fasilitas dan sarana bermain
toonis
· Melakukan tehnik dasar bermain tonnis
· Melakukan cara bermain permainan tonnis
|
· Melambungkan bola dengan berbagai arah
dan kecepatan
· Melemparkan bola dengan berbagai variasi
arah dan kecepatan
· Menangkap bola dengan berbagai variasi
arah dan kecepatan
· Memukul objek yang dilambungkan
/dilemparkan dari berbagai arah dan jarak.
· Menjelaskan peraturan permainan kasti .
· Bermain kasti dengan peraturan yang
dimodifikasi.
· Bekerjasama dengan tim, bermain
sportifitas
|
Tes
Tulis dan
praktik
|
Tes
Soal &
ketram
Pilan
|
Tes tulis
· *Menjelas-kan pengertia permainan tonnis
· Melakukan pukulan porehand dengan baik
· Melakukan pukulan backhand dengan baik
· melakukan
servis ke sasaran
|
10 X 35
menit
( 5 X pert )
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Matras
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
1.2 Mempraktik-kan gerak
dasar atletik sederhana, serta nilai
semangat, percaya diri dan disiplin
|
c. Atletik
- lari angkat paha
-lari tumik ke belakang
-lari tungkai disepakan ke belakang
-lari santai ( joging )
-lari cepat ( sprint )
- Lomba
memindahkan batu
|
· Melakukan gerakan lari mengangkat paha
· Melakukan lari tumit kebelakang
· Melakukakan lari tungkai
disepakan ke depan
· Melakukan lari santai ( Joging )
· Melakukan lari cepat ( Sprint )
· Lomba memindahan batu
|
· Melakukan gerak an lari ditempat
· Melakukan gerakan lari dengan berbagai
arah dan kecepatan
· Melakukan gerakan lari dengan berbagai
jarak
· Mengatur irama langkah dan pernapasan saat
lari
|
Tes
Praktik
|
Tes
-ketram
pilan
-Penga-
matan
|
Tes :
· Melaku-kan
lari mengangkat paha
· Melakukan lari tumit ke belakang
· Melakukan lari tungkai disepakan ke depan
· Melakukan jalan santai ( joging )
· Melakukan lari cepat
· Melakukan lomba me-mindahkan batu
|
4 X 35
menit
( 2 X pert )
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Matras
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
1.3 Memprakti-kan
gerak Dasar permainan bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportifitas, dan kejujuran
|
d. Sepak bola
* Jumlah pemain dan lama permainan
*Tehnik dasar menendang bola :
-Tendangan dengan kura-kura kaki
- Tendangan kaki bagian dalam
-Tendangan kaki bagian luar
-Menggiring bola
- Mengirim bola
* Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
|
· Menjelaskan jumlah pemain dan lama permainan
· Melakukan
gerakan menendang
bola dengan :
- Tendangan
dengan kurakura kaki
- Tendangan dengan kaki bagian dalam
- Tendangan dengan kaki bagian luar
-Menggiring bola
-Mengirim bola
· Melakukan bermain bola dengan peraturan
yang dimodifikasi
|
· Menendang bola dengan berbagai bagian
kaki
· Menggiring bola dengan control yang baik
· Melakukan mengoper bola berpasangan/
berkelompok
· Melakukan
variasi gerakan dasar :
menggiring, mengoper, menendang berpasangan dengan control yang baik.
· Menjelaskan peraturan permainan sepak
bola
· Bermain sepak bola dengan peraturan yang
dimodifikasi
· Bermain dengan kerjasama tim ,menjungjung
sportifitas
|
Tes
Praktik
|
- Tes
Ketram
pilan
- Penga-
matan
|
· Lakukan menendang bola dengan kura-kura
kaki
· lakukan
menendang bola dengan kaki bagian dalam
· Lakukan menendang bola dengan kaki bagian
luar
· Lakukan menggiring dang mengirim bola ber
pasangan
|
10 X 35
menit
(4X pert )
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Matras
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan
kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya
Komptensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Memprak
tikan
aktivitas
permainan
sederhana
Untuk
melatih
daya
tahan
dan
kekuatan
otot,
serta nilai
kerja
keras
dan
disiplin
|
a. Latihan daya
tahan dan
keku atan
- Lari
jelajah
sekolah
- sit up
- Menirukan
gerakan anjing
laut
- Mengangkat
tubuh
- Kepiting
berjalan
- Jongkok
berdiri
-Permainan
berangkai 4 pos
|
· Melakukan lari jelajah sekolah
· Melakukan gerakan sit up
· Melakukan gerakan anjing laut
· Menggantung atau mengangkat tubuh
· Melakukan gerakan kepiting berjalan
· Melakukan
permai nan jongkok berdiri
· Melakukan permainan berangkai 4 pos
|
· Melakukan gerakan
· berangkai / sirkuit training.
· Melakukan gerakan lompat tali/skiping.
· Melakukan gerakan menggendong teman yang
seimbang
|
- Tes
praktek
- Penga-
matan
|
* Tes
ketrampilan
* Tugas
|
· Lakukanlah lari jelajah sekolahan
· Lakukanlah sit up 10 x berpasangan
· Tirukanlah gerakan anjing laut
· Lakukan mengangkat tubuh semam-pummu
· Lakukanlah permainan jongkok berdiri
· Lakukan permainan berangkai 4 pos
|
2 X 35
menit
(1X pert)
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Matras
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
2.2
Mempraktikan
aktivitaspermainan untuk melatih dan koordinasi serta nilai kerja keras
|
b. Latihan
kelenturan
- Duduk
selunjur
- permainan
timbangan
- Senam
jongkok,
|
· Melakukan gerakan duduk terselunjur berpasangan
· Melakukan permainan timbangan
· Melakukan senam jongkok
|
· Melakukan gerakan latihan kelenturan.
Otot-otot besar
· Melakukan gerakan koordinasi anggota
badan bagian atas dengan bawah yang terkontrol
|
*Tes
praktek dan
Pengamatan
|
* Tes
ketrampilan
* Tugas
|
· Lakukan duduk terselunjur berpasangan
· Lakukan permainan timbangan
· Lakukan senam jongkok
|
2 X 35
menit
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Matras
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 3 Mempraktikan berbagai bentuk senam lantai
yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mempraktik-
an gerak kombinasi senam lantai tanpa alat dengan memeperhatik-an faktor
keselamatan, dan nilai dissiplin dan nilai keberanian
|
a. Senam lantai
tanpa alat
* Berdiri
satu
kaki
* Meloncat
dan
merubah arah
* Kayang
* Meroda
* Gerobak
dorong
|
· Melakukan gerakan berdiri dengan satu kaki
· Melakukan gerakan melompat dengan merubah arah
· melakukan sikap kayang
· melakukan gerakan meroda
· melakukan gerobak dorong
|
· Melakukan gerakan berguling ke samping
· Melakukan gerakan berguling kedepan
· Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa
awalan dan dengan awalan
· Melakukan kombinasi gerakan : berjalan , berguling ke depan,dan meloncat keatas
|
Tes
praktik dan penga-matan
|
-Tes
ketrampilan
- Tugas
|
· Lakukan
gerakan berdiri satu kaki
· Lakukan
gerakan melompat dengan mengu- bah arah
· Lakukanlah gerakan kayang
· Lakukanlah gerakan meroDa
· Lakukanlah permainan gerobak dorong
berpasangan
|
6 X 35
menit
( 2x pert)
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Matras
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
3.2. Mempraktikan
kombinasi gerak
senam lantai dengan
alat
dengan memperhatian faktor keselama tan, dan nilai- nilai disiplin serta keberanian
|
b. Senam lantai dengan alat
- Lompat
kangkang
- Lompat
kangkang
- Lompat
jongkok
- guling ke
depan
- guling ke
belakang
|
· Melakukan latihan lompat kangkang melewati rintangan teman
· Melakukan latihan lompat jongkok melewati peti lompat
· Melakukan
gerakan guling ke depan
· Melakukan
gerakan guling belakang
|
· Melakukan gerakan keseimbangan di atas
meja swedia/peti lompat
· Melakukan gerakan loncat harimau/tiger
sprong
|
Tes
praktik dan penga-matan
|
-Tes
Ketrampian
- Tugas
|
· Lakukan lompat kangngkang melewati
rintangan bergantian dengan temanmu !
· Lakukan lompat jongkok sesuai dengan
nomor urut !
· Lakukan guling depan dan belakang sesuai nomor urut !
|
4 X 35
menit
(2X pert)
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Matras
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 4 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik
tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
instrumen
|
||||||
4.1 Mempra-ktikan gerak ritmik diorientasikan pada
arah, ruang, dan waktu secara beregu menggunakan musik serta nilai estetika
|
a. Gerak ritmik I
- Langkah
tunggal
- Empat
langkah ke depan da ke belakang
- Empat
langkah ke samping
-Gerakan
langkah kuda I
- Gerakan
langkah kuda II
|
· Melakukan gerakan langkah tunggal
· Melakukan gerakan empat langkah ke depan dan kebelakang
· Melakukan gerakan langkah empat ke samping
· Melakukan gerakan langkah kuda I
· Melakukan gerakan langkah kuda II
|
· Melakukan rangkaian senam kesegaran
jasmani
· Melakukan pola gerak senam dengan benar
|
-Tes
Praktek
- Penga-
matan
|
-Tes
Ketrampilan
- Tugas
|
· Lakukan langkah tunggal secara
bergantian
· Lakukan langkah kuda I !
· Lakukan langkah kuda II !
|
6 X 35
menit
(( 3X pert)
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Diktat
· Radio
· Casete
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
4.2 Memprak-tikan ketrampilan gerak ritmik
tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai estetika
|
b. Gerak ritmik II
secara
beregu
tanpa menggunakan
alat
- Mengayun
ke dua lengan ke samping
|
· Melakukan latihan gerakan :
- Latihan 1
- Latihan 2
- Latihan 3
|
· Melakukan gerakan bebas berirama
berkelompok
· Melakukan gerakan melangkah dan mengayun
lengan beregu
|
- Tes
Pratek
- Penga-
matan
|
- Tes
Ktrapilan
- Tugas
|
· Lakukan gerakan :
· Latihan 1
· Latihan 2
· Latihan
4
|
3X 35
menit
(1X
pert )
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Diktat
· Radio
· Casete
· Lapangan
· Pluit
· Stop watch
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas : IV
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 5 Menerapkan budaya hidup sehat
Kompentensi
Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Menjaga kebersihan rumah dan sekolah
|
a.
Kebersihan
lingkungan
1. Lingkungan dan
kesehatan
2. Kebersihan rumah
3. Kebersihan sekolah
|
· Menjelaskan tentang lingkungan dan
Kesehatan
· Menyebutkan syarat- syarat rumah sehat
· Menjelaskan apa saja yang perlu dibersihkan dalam menjaga kebersihan sekolah
|
· Merapikan kamar tidur
· Akibat lingkungan yang tidak sehat, cirri
cirinya
· usaha kesehatan sekolah
· Melaksnakan menjaga kebersihan di rumah
dan di sekolah dalam kehidupan sehari hari
|
*Tes
Tulis
* Tanya
jawab
*Tugas
|
- soal / Pengamatan
|
· Jelaskan pengertian lingkungan dan
kesehatan !
· Sebutkan syarat-syarat rumah sehat
· Sebutkan kebersihan lingkungan sekolah
menjadi tanggung jawab..
|
2 X 35
menit
(1X pert)
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Diktat
· Buku kesehatan
|
5.2Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
|
b.
Penanganan
sampah
1. Pengertian
sampah-sampah
2. Permasalahan
sampah
c. Tata cara
pemus
nahan sampah :
- penumpukan
-
pengkoposan
- pembakaran
-sanitary
landfill
|
· mengetahui bahaya sampah
· Mengetahui tempat pembuangan sampah
· Menjelaskan cara membuang sampah
|
· Menyebutkan nama alat kebersihan
· Menyebutkan klasifikasi jenis sampah
· Menyebutkan akibat membuang sampah
sembarangan
· Manfaat menjaga kebersihan rumah dan
sekolah
|
- Tes
Tulis
- Tes lesan/ tanya jawab
- Tugas
|
- soal / Pengamatan
|
· - Sebukan bahaya sampah yang anda ketahui
!
· - Jelaskan bagaimana membuang sampah yang
baik !
· -Sebutkan tata cara pemusnahan sampah
|
2 X 35
menit
(1Xpert )
|
· Buku Penjaskes/cd kls. 4
· Diktat
· Buku kesehat-an
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment