SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 2 SEMESTER 1
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : II
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 1. Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mempraktikkan gerak dasar
jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan
nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan
menghargai diri sendiri
|
Pola gerak lokomotor dalam bentuk permainan
|
· Melakukan gerakan jalan
di tempat, jalan cepat, melompat ke depan, melompat sambil berputar dan
melompat di tempat
· Berjalan atau berlari
merubah arah maju, mundur, samping dengan isyarat dalam bentuk lomba
· Mengkombinasikan
gerakan jalan, lari dan melompat dengan isyarat
· Melakukan lari sambung
berkelompok
·
|
·
Melakukan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai
arah.
·
Berjalan dan
berlari merubah arah dengan isyarat
·
Mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·
Berlari dengan alat tongkat berkelompok
·
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Praktekkan variasi gerak jalan, lari, lompat ke
berbagai arah.
·
Jelaskanlah berjalan
dan berlari merubah arah dengan isyarat
·
Jelaskanlah mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan
lompat
·
Jelaskanlah berlari dengan alat tongkat berkelompok
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Tongkat kecil
|
1.2. Mempraktikkan gerak
dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan
sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan memahami diri sendiri
|
Pola gerak non lokomotor dalam bentuk permainan
|
· Melakukan gerakan
jmemutar tangan dengan satu tangan atau dua tangan
· Melakukan gerakan
mengayun tangan satuatau dua tangan
· Melakukan gerakan
menekuk lutut ke depan atau ke
belakang
· Melakukan gerakan
melompat ke depan sambil jongkok dalam bentuk lomba
· Melakukan permainan
jongkok-berdiri dengan isyarat
·
|
· Melakukan variasi gerak
memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau pasangan
· Gerakan mengayun satu
dan dua lengan
· Melakukan gerakan
menekuk lutut / gerakan kombinasi
· Melakukan gerakan
melompat ke depan sambil jongkok
· Melakukan gerakan
melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
·
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkan variasi
gerak memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau
pasangan
· Praktekkan gerakan
mengayun satu dan dua lengan
· Praktekkan gerakan
menekuk lutut / gerakan kombinasi
· Praktekkan gerakan
melompat ke depan sambil jongkok
· Praktekkan gerakan
melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Tongkat kecil
|
1.3 Mempraktikkan gerak
dasar melempar, menangkap, menendang
dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami
diri sendiri
|
Permainan sepak bola
|
· Melakukan melempar bola
sejauh-jauhnya
· Melakukan menangkap
bola dari beberapa arah
· Melakukan lempar
tangkap bola berpasangan
· Menggiring bola
perorangan atau berpasangan
· Bermain sepak bola
dengan peraturan yang dimodifikasi
· Melakukan kerjasama
antar tim
·
|
· Melakukan gerakan
melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
· Melakukan gerakan
menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
· Melakukan gerakan
lempar tangkap bola berpasangan.
· Melakukan gerakan
menggiring bola
· Bermain sepak bola
dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
· Melakukan kerjasama
dengan tim dan menghargai lawan dan kawan
·
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Praktekkan gerakan
melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
· Praktekkan gerakan
menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
· Praktekkan gerakan lempar
tangkap bola berpasangan.
· Praktekkan gerakan
menggiring bola
· Bagaimana cara bermain
sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
· Praktekkan kerjasama
dengan tim dan menghargai lawan dan kawan
|
4 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Bola sepak
Stop watch
Gawang
Pluit
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : II
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan
untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan
|
Latihan kekuatan
|
· Melakukan gerakan push
up
· Melakukan adu panco
· Melakukan mengangkat
badan berpasangan atau menggendong
· Meloncat rintangan atau
melompati simpai
|
·
Melakukan latihan dasar kekuatan lengan
·
Melakukan
latihan dasar kekuatan tungkai
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Peragakan latihan dasar kekuatan lengan
·
Peragakan latihan dasar kekuatan tungkai
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Simpai / rintangan
|
2.2 Memprak-tikkan berbagai aktivitas untuk
melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai disiplin dan estetika
|
Latihan keseimbangan
|
· Melakukan gerakan
keseimbangan dengan posisi badan dalam berbaring depan dan belakang
· Melakukan gerakan keseimbangan duduk membentuk huruf
V , duduk dalam posisi jongkok
· Melakukan gerakan
keseimbangan berdiri dengan berbagai variasi, membuat sikap kapal terbang,
menekkuk lutut ke depan atau belakang
· Melakukan gerakan
keseimbangan dengan berjalan, berjalan meniti balok titian, berjalan dengan
ujung kaki, tumit, dan berjalan di atas garis
|
· Membiasakan bergerak
dengan benar
· Melakukan gerakan
berjalan tegak
· Melakukan gerakan duduk
yang benar
· Melakukan gerakan
berdiri tegak
· Melakukan gerakan
berdiri dalam keadaan istirahat
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Peragakan kebiasakan
bergerak dengan benar
· Peragakan gerakan
berjalan tegak
· Peragakan gerakan duduk
yang benar
· Peragakan gerakan
berdiri tegak
· Peragakan gerakan
berdiri dalam keadaan istirahat
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Simpai / rintangan
|
2.3 Membias-akan bergerak dengan benar
|
Anatomi gerak
|
· Melakukan gerakan
berjalan dengan badan tegap
· Melakukan gerakan sikap duduk dengan tegak
· Melakukan gerakan
berdiri tegak ke berbagai arah
· Melakukan gerakan
berdiri dalam keadaan istirahat badan dalam posisi tegak
|
· Membiasakan bergerak
dengan benar
· Melakukan gerakan
berjalan tegak
· Melakukan gerakan duduk
yang benar
· Melakukan gerakan
berdiri tegak
· Melakukan gerakan
berdiri dalam keadaan istirahat
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Peragakan kebiasakan
bergerak dengan benar
· Peragakan gerakan
berjalan tegak
· Peragakan gerakan duduk
yang benar
· Peragakan gerakan
berdiri tegak
· Peragakan gerakan
berdiri dalam keadaan istirahat
|
2 x 35 Menit
|
A.
Buku Penjaskes kls. 2
B.
Pluit
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : II
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 3. Mempraktikkan
senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Mempraktikkan senam
ketangkasan sederhana tanpa
menggunakan alat: melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
|
Gerakan ketangkasan tanpa alat
|
· Melakukan gerakan
meloncat keatas dengan aba-aba
hitungan
· Amelakukan gerakan
meloncat dengan rintangan
· Melakukan gerakan lompat jauh dengan awalan atau
tanpa awalan
· Melakukan gerakan
berjalan, berlari kecil, melompat dan
mendarat dengan satu kaki
|
·
Melakukan keterampilan gerak meloncat dan melompat
dengan koordinasi yang baik
·
Melakukan keterampilan gerak keseimbangan dengan
bervariasi
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Peragakan keterampilan gerak meloncat dan melompat
dengan koordinasi yang baik
·
Peragakan keterampilan gerak keseimbangan dengan
bervariasi
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
kayu
|
3.2 Mempraktik-kan senam ketangkasan dengan
menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
|
Gerakan senam ketangkasan sederhana
|
· Melakukan gerakan
berguling ke samping perorangan
· Melakukan gerakan berguling ke depan
· Melakukan gerakan
membentuk sikap lilin dengan tumpuan punggungi
|
· Melakukan keterampilan
gerak berguling
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Peragakan keterampilan
gerak berguling
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Matras
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : II
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 4. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan
ruang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Mempraktik-kan gerak ritmik ke depan,
belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai
kerja sama
|
Gerakan senam ritmik sederhana /
gerak lokomotor
|
· Siswa dapat melakukan
gerakan ritmik dengan berbagai arah
· Melatih keberanian dan
percaya diri
|
·
Bergerak mengikuti irama menggunakan pola gerak
lokomotor dan non lokomotor
·
Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan
lengan sesuai dimensi ruang
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
·
Peragakan gerakan mengikuti irama menggunakan pola
gerak lokomotor dan non lokomotor
·
Jelaskanlah gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan
sesuai dimensi ruang
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Radio
Casete
|
4.2 Mempraktik-kan
gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu
tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerja sama
|
Gerakan senam ritmik sederhana
|
· Melakukan gerakan variasi langkah dan ayunan lengan dengan
irama hitungan
· Melakukan variasi langkah
maju mundur dan berputar dengan ayunan lengan dengan irama hitungan atau
tepukan
|
· Melakukan variasi gerak
langkah dan ayunan lengan
· Melakukan variasi gerak
langkah maju-mundur depan-belakang dan berputar dengan ayunan lengan
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
|
· Peragakan variasi gerak
langkah dan ayunan lengan
· Peragakan variasi gerak
langkah maju-mundur depan-belakang dan berputar dengan ayunan lengan
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Radio
Casete
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................
Bidang studi : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kesehatan
Kelas : II
Semester/ tahun : I / 20..-20..
Standart Kompetensi : 5. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan
telinga
|
Menjaga kebersihan rambut, telinga dan daun telinga
|
· Siswa dapat Menjelaskan
cara mencuci rambut dan cara merapikannya yang benar
· Menjelaskan cara
membersihkan hidung yang benar
· Menjelaskan cara
membersihklan daun telinga
|
·
Cara mencuci rambut yang benar dan merapikannya
·
Mengetahui manfaat mencuci rambut
·
Mengenal bahan pencuci rambut
·
Cara membersihkan hidung yang benar
·
Fungsi rambut, hidung dan telinga
·
Cara membersihkan daun telinga yang benar
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal tulisan
|
·
Jelaskan cara –cara mencuci rambut !
·
Rambut berfungsi untuk ...
·
Tuliskan dua bahan untuk mencuci rambut !
·
Daun telinga berfungsi untuk .....
·
Alat untuk membersihkan hidung dan telinga adalah ...
·
Tuliskan Ciri-ciri rambut yang sehat !
·
Penyakit yang mengganggu pernapasan adalah ...
·
Tuliskan dua ciri rambut yang tidak sehat !
·
Bagaimanakah cara merapikan rambut dengan benar ?
·
Tuliskan cara-cara mencuci rambut menurut kalian !
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Buku Kesehatan
|
5.2 Memilih
makanan bergizi
|
Makanan bergizi
|
· Menjelaskan pengertian
makanan bergizi
|
· Menyebutkan pengertian
makanan bergizi
· Menyebutkan makanan
empat sehat lima sempurna
· Menyebutkan
unsure-unsur makanan empat sehat lima sempurna
|
Non Tes
|
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal tulisan
|
· Makanan bergizi adalah
....
· Tuliskan tiga macam
yang termasuk kedalam makanan pokok !
· Tuliskan Unsur-unsur
yang terdapat pada makanan empat sehat lima sempurna !
· Tuliskan makanan yang
termasuk kedalam makanan empat sehat lima sempurna
· Mengapa kita
membutuhkan makanan yang bergizi !
|
2 x 35 Menit
|
Buku Penjaskes kls. 2
Buku Kesehatan
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
|
............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK
(
.............................................. )
NIP/NIK.
|
No comments :
Post a Comment