Thursday 18 February 2016

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 2 SEMESTER 1

SILABUS PEMBELAJARAN PENJASKES KELAS 2 SEMESTER 1


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :   1.  Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
Pola gerak lokomotor dalam bentuk permainan
·   Melakukan gerakan jalan di tempat, jalan cepat, melompat ke depan, melompat sambil berputar dan melompat di tempat
·   Berjalan atau berlari merubah arah maju, mundur, samping dengan isyarat dalam bentuk lomba
·   Mengkombinasikan gerakan jalan, lari dan melompat dengan isyarat
·   Melakukan lari sambung berkelompok
·    
·   Melakukan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
·   Berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
·   Mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·   Berlari dengan alat tongkat berkelompok
·    
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
·   Jelaskanlah berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
·   Jelaskanlah mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·   Jelaskanlah berlari dengan alat tongkat berkelompok
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Tongkat kecil
1.2. Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri

Pola gerak non lokomotor dalam bentuk permainan
·   Melakukan gerakan jmemutar tangan dengan satu tangan atau dua tangan
·   Melakukan gerakan mengayun tangan satuatau dua tangan
·   Melakukan gerakan menekuk lutut  ke depan atau ke belakang
·   Melakukan gerakan melompat ke depan sambil jongkok dalam bentuk lomba
·   Melakukan permainan jongkok-berdiri dengan isyarat
·    
·   Melakukan variasi gerak memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau pasangan
·   Gerakan mengayun satu dan dua lengan
·   Melakukan gerakan menekuk lutut / gerakan kombinasi
·   Melakukan gerakan melompat ke depan sambil jongkok
·   Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
·    
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan variasi gerak memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau pasangan
·   Praktekkan gerakan mengayun satu dan dua lengan
·   Praktekkan gerakan menekuk lutut / gerakan kombinasi
·   Praktekkan gerakan melompat ke depan sambil jongkok
·   Praktekkan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Tongkat kecil
1.3 Mempraktikkan gerak dasar  melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
Permainan sepak bola
·   Melakukan melempar bola sejauh-jauhnya
·   Melakukan menangkap bola dari beberapa arah
·   Melakukan lempar tangkap bola berpasangan
·   Menggiring bola perorangan atau berpasangan
·   Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Melakukan kerjasama antar tim
·    
·   Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
·   Melakukan gerakan menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
·   Melakukan gerakan lempar tangkap bola berpasangan.
·   Melakukan gerakan menggiring bola
·   Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
·   Melakukan kerjasama dengan tim dan menghargai lawan dan kawan
·    
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·   Praktekkan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
·   Praktekkan gerakan menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
·   Praktekkan gerakan lempar tangkap bola berpasangan.
·   Praktekkan gerakan menggiring bola
·   Bagaimana cara bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
·   Praktekkan kerjasama dengan tim dan menghargai lawan dan kawan
4 x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Bola sepak
Stop watch
Gawang
Pluit

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  2.  Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
               
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1  Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti  aturan
Latihan kekuatan
·   Melakukan gerakan push up
·   Melakukan adu panco
·   Melakukan mengangkat badan berpasangan  atau menggendong
·   Meloncat rintangan atau melompati simpai
·   Melakukan latihan dasar kekuatan lengan
·   Melakukan  latihan dasar kekuatan tungkai
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Peragakan latihan dasar kekuatan lengan
·   Peragakan latihan dasar kekuatan tungkai
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Simpai / rintangan

2.2  Memprak-tikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai  disiplin dan estetika

Latihan keseimbangan
·   Melakukan gerakan keseimbangan dengan posisi badan dalam berbaring depan dan belakang
·   Melakukan  gerakan keseimbangan duduk membentuk huruf V , duduk dalam posisi jongkok
·   Melakukan gerakan keseimbangan berdiri dengan berbagai variasi, membuat sikap kapal terbang, menekkuk lutut ke depan atau belakang
·   Melakukan gerakan keseimbangan dengan berjalan, berjalan meniti balok titian, berjalan dengan ujung kaki, tumit, dan berjalan di atas garis
·   Membiasakan bergerak dengan benar
·   Melakukan gerakan berjalan tegak
·   Melakukan gerakan duduk yang benar
·   Melakukan gerakan berdiri tegak
·   Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan istirahat
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Peragakan kebiasakan bergerak dengan benar
·   Peragakan gerakan berjalan tegak
·   Peragakan gerakan duduk yang benar
·   Peragakan gerakan berdiri tegak
·   Peragakan gerakan berdiri dalam keadaan istirahat
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Simpai / rintangan

2.3  Membias-akan bergerak dengan benar

Anatomi gerak
·   Melakukan gerakan berjalan dengan badan tegap
·   Melakukan  gerakan sikap duduk dengan tegak
·   Melakukan gerakan berdiri tegak  ke berbagai arah
·   Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan istirahat badan dalam posisi tegak
·   Membiasakan bergerak dengan benar
·   Melakukan gerakan berjalan tegak
·   Melakukan gerakan duduk yang benar
·   Melakukan gerakan berdiri tegak
·   Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan istirahat
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Peragakan kebiasakan bergerak dengan benar
·   Peragakan gerakan berjalan tegak
·   Peragakan gerakan duduk yang benar
·   Peragakan gerakan berdiri tegak
·   Peragakan gerakan berdiri dalam keadaan istirahat
2  x 35 Menit
A. Buku Penjaskes kls. 2
B. Pluit
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  3. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
               
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana    tanpa menggunakan alat: melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
Gerakan ketangkasan tanpa alat
·   Melakukan gerakan meloncat keatas  dengan aba-aba hitungan
·   Amelakukan gerakan meloncat dengan rintangan
·   Melakukan  gerakan lompat jauh dengan awalan atau tanpa awalan
·   Melakukan gerakan berjalan, berlari  kecil, melompat dan mendarat dengan satu kaki
·   Melakukan keterampilan gerak meloncat dan melompat dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan keterampilan gerak keseimbangan dengan bervariasi
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Peragakan keterampilan gerak meloncat dan melompat dengan koordinasi yang baik
·   Peragakan keterampilan gerak keseimbangan dengan bervariasi
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
kayu

3.2  Mempraktik-kan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
Gerakan senam  ketangkasan sederhana
·   Melakukan gerakan berguling ke samping perorangan
·   Melakukan gerakan  berguling ke depan
·   Melakukan gerakan membentuk sikap lilin dengan tumpuan punggungi
·   Melakukan keterampilan gerak berguling
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Peragakan keterampilan gerak berguling
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Matras

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  4. Mempraktikkan keterampilan    dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
               
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1  Mempraktik-kan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai kerja sama  

Gerakan senam  ritmik sederhana / gerak lokomotor
·   Siswa dapat melakukan gerakan ritmik dengan berbagai arah
·   Melatih keberanian dan percaya diri
·   Bergerak mengikuti irama menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor
·   Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai dimensi ruang
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Peragakan gerakan mengikuti irama menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor
·   Jelaskanlah gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai dimensi ruang
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Radio
Casete

4.2  Mempraktik-kan gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerja sama
Gerakan senam  ritmik sederhana
·   Melakukan gerakan  variasi langkah dan ayunan lengan dengan irama hitungan
·   Melakukan variasi langkah maju mundur dan berputar dengan ayunan lengan dengan irama hitungan atau tepukan
·   Melakukan variasi gerak langkah dan ayunan lengan
·   Melakukan variasi gerak langkah maju-mundur depan-belakang dan berputar dengan ayunan lengan
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek
·   Peragakan variasi gerak langkah dan ayunan lengan
·   Peragakan variasi gerak langkah maju-mundur depan-belakang dan berputar dengan ayunan lengan
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Pluit
Radio
Casete

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                     :  ...........................
Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan
Kelas                                     :  II
Semester/ tahun                  :  I / 20..-20..
Standart Kompetensi        :  5. Menerapkan budaya hidup sehat
               
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1  Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan telinga
Menjaga kebersihan rambut, telinga dan daun telinga
·   Siswa dapat Menjelaskan cara mencuci rambut dan cara merapikannya yang benar
·   Menjelaskan cara membersihkan hidung yang benar
·   Menjelaskan cara membersihklan daun telinga
·   Cara mencuci rambut yang benar dan merapikannya
·   Mengetahui manfaat mencuci rambut
·   Mengenal bahan pencuci rambut
·   Cara membersihkan hidung yang benar
·   Fungsi rambut, hidung dan telinga
·   Cara membersihkan daun telinga yang benar
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal tulisan
·   Jelaskan cara –cara mencuci rambut !
·   Rambut berfungsi untuk ...
·   Tuliskan dua bahan untuk mencuci rambut !
·   Daun telinga berfungsi untuk .....
·   Alat untuk membersihkan hidung dan telinga adalah ...
·   Tuliskan Ciri-ciri rambut yang sehat !
·   Penyakit yang mengganggu pernapasan adalah ...
·   Tuliskan dua ciri rambut yang tidak sehat !
·   Bagaimanakah cara merapikan rambut dengan benar ?
·   Tuliskan cara-cara mencuci rambut menurut kalian !
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Buku Kesehatan
5.2  Memilih makanan bergizi
Makanan bergizi
·   Menjelaskan pengertian makanan bergizi
·   Menyebutkan pengertian makanan bergizi
·   Menyebutkan makanan empat sehat lima sempurna
·   Menyebutkan unsure-unsur makanan empat sehat lima sempurna
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal tulisan
·   Makanan bergizi adalah ....
·   Tuliskan tiga macam yang termasuk kedalam makanan pokok !
·   Tuliskan Unsur-unsur yang terdapat pada makanan empat sehat lima sempurna !
·   Tuliskan makanan yang termasuk kedalam makanan empat sehat lima sempurna
·   Mengapa kita membutuhkan makanan yang bergizi !
2  x 35 Menit
Buku Penjaskes kls. 2
Buku Kesehatan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK.

............., ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( .............................................. )
        NIP/NIK.

No comments :

Post a Comment